in , ,

Gelombang Tinggi, 3 Pantai di Gunungkidul Ini Terkena Dampak yang Parah

3 Pantai di Gunungkidul yang Terdampak Gelombang Tinggi dan Viral di Media Sosial

Screenshot Via Instagram viewjogja
Screenshot Via Instagram viewjogja

Kamis (19/7/2018) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyebutkan akan ada peningkatan gelombang yang terjadi pada 17-22 Juli 2018 dengan ketinggian gelombang 3-6 meter di Pesisir Pantai Selatan. Pihaknya menghimbau para nelayan dan masyarakat untuk waspada jika ingin beraktivitas di sekitaran pantai di Gunungkidul.

Baca juga : Bandara Anambas Dibangun, Bersiaplah Jelajahi Pulau Terluar Indonesia

“Waspadai peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut terutama bagi masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai, nelayan di laut dan wisatawan di pantai selatan Yogyakarta,” imbauan BMKG Yogyakarta dalam Laporan Situasi Gelombang Pasang pada Kamis (19/7/2018) seperti yang dilansir dari Tirto.id.

Sampai sekarang ini sudah ada setidaknya empat pantai yang terpantau mendapat dampak yang cukup signifikan dan viral di media sosial. Berikut ini paparan lebih lanjutnya.

1. Pantai Timang, Gunungkidul

Pantai Timang merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Selama ini, Pantai Timang terkenal dengan jembatan ekstream-nya. Namun buat kamu yang ingin berkunjung ke sini dalam waktu dekat, sebaiknya perlu untuk mengurungkan niat terlebih dahulu. Pasalnya pantai di Gunungkidul ini juga terkena dampak gelombang tinggi, Kamis (19/7/2018) ombak besar tampak menyapu pulau kecil tersebut. Dan hal itu terjadi di sepanjang pesisir pantai selatan DIY.

2. Pantai Sedahan, Gunungkidul

Destinasi wisata lainnya yang terkena dampak di Gunungkidul dan viral di media sosial adalah Pantai Sedahan. Pantai ini berlokasi di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Ombak besar menyapu tenda-tenda di sekitar bibir pantai yang dibangun oleh para pengunjung. Bahkan, benda-benda seperti halnya dompet, ponsel, kunci motor serta kunci mobil turut terseret ombak dan tak bisa diselamatkan. Untung saja, tidak ada korban jiwa.

3. Pantai Wedi Ombo, Gunungkidul

Tidak jauh dari Pantai Sedahan ada juga Pantai Wedi Ombo yang turut terkena gelombang besar. Viral di media sosial mengenai ombak besar, terlihat menyapu pengunjung yang sedang bermain air di Laguna Pantai Wedi Ombo, Gunungkidul. Jadi, buat kamu yang ingin pergi ke pantai dalam waktu dekat ini, diharapkan untuk menundanya terlebih dahulu sipaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Karena cuaca sedang tidak mendukung, buat kamu yang telah merencanakan pergi pantai di Gunungkidul diharapkan untuk berhati-hati dan waspada. Lebih baik menunda dan menunggu semuanya aman terlebih dahulu. Jalan-jalan sangat disarankan, tapi perlu untuk memperhatikan medan yang bakal dituju ya. Next

ramadan

Kuat Nilai Sejarah, Empat Museum Tertua di Indonesia

Ngedate di Kota Kembang, Ini Rekomendasi Restoran Romantis di Bandung