in ,

Museum Wayang di Indonesia, Nggak Cuma Liat-liat Kamu juga Bisa Belajar Budaya

Berwisata Sekalian Belajar Budaya Nusantara, Bisa Banget di Museum Wayang di Indonesia Ini

Museum Wayang di Indonesia
Museum Wayang di Indonesia

Berwisata tentunya tidak melulu menjelajahi alam ataupun menikmati kuliner khas suatu daerah. Jalan-jalan sekaligus belajar budaya khususnya nusantara, seperti berkunjung ke museum, salah satunya museum wayang di Indonesia juga bisa menjadi kegiatan menarik. Tidak hanya sekedar lihat-lihat, Teman Traveler bisa mengetahui sejarahnya langsung dari pemandu atau keterangan yang disediakan di dalam museum. Di mana sajakah museum wayang di Indonesia? Yuk dibaca ulasan berikut.

Baca juga : Jalan-jalan murah di Banjarmasin 3 Hari 2 Malam

Museum Kota Tua Jakarta

Museum Wayang Kota Tua Jakarta via Instagram @iikmoejieb
Museum Wayang Kota Tua Jakarta via Instagram @iikmoejieb

Di Kota Tua Jakarta terdapat sebuat museum wayang, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara nomor 27. Museum wayang ini memiliki cerita sebelum diresmikan. Dahulu merupakan sebuah gereja tua disebut De Oude Hollandsche Kerk berarti Gereja Lama Belanda, kemudian diperbaiki sehingga namanya berubah menjadi De Nieuw Hollandsche Kerk alias Gereja Baru Belanda.

Diresmikan pada tahun 1975, museum wayang Kota Tua ini memiliki lebih dari 5 ribu koleksi wayang, terbuat dari kayu sampai kulit. Berupa wayang golek, wayang rumput, wayang beber, dan jenis lainnya. Baik dari penjuru nusantara, dan beberapa dari luar Indonesia seperti Tiongkok, India, Kamboja, Prancis, dan lainnya. Teman Traveler cukup membayar tiket sebesar Rp 5 ribuan untuk mengakses museum dengan bangunan bergaya Eropa ini.

Koleksi di Museum Wayang Kota Tua Jakarta via Instagram @warsihkp
Koleksi di Museum Wayang Kota Tua Jakarta via Instagram @warsihkp

Museum Gubug Wayang Mojokerto

Museum Gubug Wayang Mojokerto via Instagram @tigawarnaphotographie
Museum Gubug Wayang Mojokerto via Instagram @tigawarnaphotographie

Museum wayang di Indonesia berikutnya berada di Mojokerto, tepatnya di Jalan Kartini nomor 23. Tujuan utama didirikannya museum Gubug Wayang adalah untuk edukasi seni dan budaya, agar warga Indonesia lebih mengenal dan merasa memiliki seni dan budaya yang telah diwariskan secara turun temurun. Museum Gubug Wayang tidak hanya memiliki beragam koleksi wayang, namun juga pusaka asli Indonesia, alat musik tradisional, mainan anak-anak, topeng, dan koleksi lainnya. Jenis wayang terdiri dari wayang kulit, golek, rumput, sampai potehi.

Koleksi di Museum Gubug Wayang Mojokerto via Instagram @ecc_englishcourse
Koleksi di Museum Gubug Wayang Mojokerto via Instagram @ecc_englishcourse

Tidak hanya wayang tradisional, terdapat juga koleksi wayang karakter tokoh di Indonesia dan internasional. Teman Traveler perlu membayar tiket museum yang diresmikan pada tahun 2015 ini sebesar Rp30 ribuan. Tiket tersebut sudah termasuk jasa tour guide, fasilitas pembuatan wayang karton/ kertas plus pagelaran wayang potehi.

Museum Kekayon Jogja

Museum Wayang Kekayon via Instagram @museumwayangkekayon
Salah Satu Sudut di Museum Wayang Kekayon via Instagram @museumwayangkekayon

Museum wayang di Indonesia ini berlokasi di Jalan Raya Jogja-Wonosari, Bantul, DIY, didirikan pada tahun 1990 oleh seorang dokter spesialis kesehatan jiwa. Tidak hanya koleksi wayang, Teman Traveler akan disuguhi oleh rekaman sejarah Indonesia, kompleks bangunan manusia purba, dan banyak lainnya.

Museum wayang Kekayon terbagi menjadi 4 bagian, berisi beragam jenis koleksi salah satunya wayang purwa yang telah dipentaskan sejak zaman kerajaan Kediri. Ruangan lain berisi banyak jenis wayang seperti wayang madya, wayang gedhog, wayang klithik, wayang dupara, wayang suluh. Masing-masing menceritakan beragam sejarah yang dimiliki nusantara sejak zaman kerajaan-kerajaan.

Wayang Wong di Museum Wayang Kekayon via Instagram @museumwayangkekayon
Wayang Wong di Museum Wayang Kekayon via Instagram @museumwayangkekayon

Ada juga wayang orang dengan tinggi seperti manusia dewasa yang cukup menjadi atraksi menarik bagi pengunjung yang datang. Cukup siapkan biaya untuk tiket sebesar Rp5 ribuan untuk memasuki museum ini, sudah mendapat buku panduan plus tour guide yang menyambut Teman Traveler untuk menjelaskan sejarah dan bagian-bagian museum.

Museum Wayang Indonesia Wonogiri

Museum Wayang Indonesia Wonogiri via Instagram @yektiprasetyani
Museum Wayang Indonesia Wonogiri via Instagram @yektiprasetyani

Museum Wayang Indonesia ini berada di Wonogiri tepatnya Jalan Raya Wonogiri-Pracimantoro Kecamatan Wuryantoro. Museum wayang di Indonesia satu ini menyajikan beragam koleksi wayang tidak hanya dari Jawa Tengah saja namun dari beberapa daerah lain di Indonesia sebut saja Jawa Barat dan Bali. Tersimpan juga ratusan koleksi wayang yang telah dibuat sejak abad ke-17. Kurang lebih 500 buah wayang ditata rapi di dalam Museum Wayang Indonesia, yang sebagian berasal dari dalang maupun kolektor wayang.

Koleksi Museum Wayang Indonesia Wonogiri via Instagram @foezyanwar7
Koleksi Museum Wayang Indonesia Wonogiri via Instagram @foezyanwar7

Itulah sekian museum wayang di Indonesia yang bisa dijadikan referensi untuk berwisata sekaligus edukasi seni dan budaya. Museum pun dikemas semenarik mungkin agar pengunjung merasa lebih nyaman. Liburan sambil jelajah wisata sejarah jadi tak membosankan. Adakah museum serupa di daerah Teman Traveler berada? Next

ramadan

Napak Tilas Masa Kecil Presiden RI Pertama di Situs Ndalem Pojok Kediri, Dari Sini Nama Soekarno Dikenal Seantero Negeri

Via Instagram/warungsusu

Bosan Ngopi? Kamu Bisa Nongkrong di Kafe Susu Malang Ini