in ,

Napak Tilas Masa Kecil Presiden RI Pertama di Situs Ndalem Pojok Kediri, Dari Sini Nama Soekarno Dikenal Seantero Negeri

Wisata Sejarah ke Situs Ndalem Pojok, Rumah Masa Kecil Ir. Soekarno

Situs Ndalem Pojok, namanya tidak setenar beberapa situs sejarah lain di Indonesia. Padahal di sini tersimpan cerita peninggalan dari salah satu sosok paling tenar di negeri ini, yaitu Ir. Soekarno; Presiden Republik Indonesia pertama, sekaligus Bapak Proklamator Bangsa. Berada di salah satu desa di Kota Kediri, masa kecil Soekarno, sempat dijalani di rumah sederhana ini. Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya!

Baca juga : Surabaya North Quay, Nikmati Matahari Terbenam dan Indahnya Pelabuhan

1. Kediaman Orangtua Angkat Soekarno, R.M Soemosewoyo

Merupakan Rumah Tinggal Ayah Angkat Soekarno via Instagram/ mnclukito

Situs Ndalem Pojok merupakan rumah dari R.M Soemosewoyo. Beliau adalah ayah angkat atau masih kerabat dari ayahanda Ir. Soekarno. Lokasinya berada di Dusun Krapyak, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kediri, Jawa Timur. Rumahnya berada cukup jauh dari jalan raya utama yang menghubungkan Wates dan Ngancar. Ia masih berada dalam kawasan lereng Gunung Kelud.

2. Tempat Tinggal Soekarno di Masa Kecil

Kamar yang Ditempati Soekarno di Ndalem Pojok Saat Masih Muda via Instagram/ situsbungkarno.kediri

Ndalem Pojok merupakan rumah yang sempat ditinggali Ir. Soekarno saat masih kecil. Beliau yang lahir pada 6 Juni 1901 menghabiskan masa kecilnya di kawasan ini. Nama Soekarno pun, diberikan ketika ia tinggal di Dusun Krapyak. Pergantian nama tersebut dilakukan oleh R.M Soemosewoyo selaku ayah angkatnya. Diceritakan, nama Soekarno kecil adalah Koesna Sosrodihardjo.

Ruangan di Situs Ndalem Pojok via Instagram/ ewindhasari

Namun, nama tersebut diganti menjadi Soekarno sebab Koesna sering sakit-sakitan. Penggantian nama tersebut diceritakan merupakan bagian dari syarat mengobati Koesna yang diajukan oleh R.M Soemosewoyo. Syarat lainnya adalah Koesna diambil menjadi anak angkat. Sejak itu, Soekarno kecil menghabiskan sebagian waktunya di desa tersebut.

3. Bangunan Joglo di Desa Pojok

Bangunan Joglo Sederhana yang Bersejarah via Instagram/ ryan_widyananto

Situs Ndalem Pojok merupakan bangunan yang sangat sederhana. Yaitu rumah khas Joglo yang material pembuatannya sebagian besar berupa bambu dan kayu. Rumah ini berdiri di atas lahan seluas hampir 1 hektar. Di bagian depan terdapat pohon Kantil atau Kenanga berukuran besar yang ditutupi kain motif kotak-kotak. Halamannya cukup luas dan asri. Benar-benar rumah dengan suasana desa yang menyenangkan.

4. Destinasi Wisata Sejarah

Menjadi Bagian dari Destinasi Wisata Sejarah yang Ada di Kediri via Instagram/ yudhakriswanto

Berkunjung ke Kediri, sempatkan untuk mampir ke Situs Ndalem Pojok ini. Ia akan membawa Teman Traveler napak tilas ke suasana saat Soekarno kecil dulu. Mulai dari kamar yang digunakan saat Bung Karno balita hingga remaja. Terdapat perabot asli seperti meja dan kursi di ruang tamu, lampu gantung dan kursi tamu yang ada di teras. Selain itu, pengunjung juga akan mendapati foto Bung Karno berukuran besar menempel di salah satu bagian dinding rumah. Terdapat juga foto Inggit Garnasih bersama ayah angkat Soekarno dan para kerabat.

Puti Guntur Soekarno Putri Saat Berada di Ndalem Pojok via Instagram/ situs.persadasoekarno

Situs Ndalem Pojok sebagai wisata sejarah, terutama sejarah Soekarno kecil tercantum juga dalam surat pernyataan dari Yayasan Bung Karno yang bertandatangan Rachmawati Soekarno Putri. Beberapa dari cucu Bung Karno juga sempat dan pernah mengunjungi Ndalem Pojok. Salah satunya adalah Puti Guntur Soekarno Putri. Bagaimana? Tertarik mengunjunginya? Napak tilas peninggalan bersejarah dari tokoh besar negeri ini? Agendakan segera kalau begitu ya! Next

ramadan
Via Instagram/iiiro_7.4

Pertama di Dunia, Jepang Hadirkan Kafe Official Harry Potter dan Fantastic Beast

Museum Wayang di Indonesia

Museum Wayang di Indonesia, Nggak Cuma Liat-liat Kamu juga Bisa Belajar Budaya