in ,

Nasi Bakar Sumsum Mang Puri, Hadirkan Kenikmatan Kuliner Khas Banten Sejak 1941

Nasi Bakar Sumsum Mang Puri dengan Kenikmatan Tak Terganti

via Instagram/deena_hp
via Instagram/deena_hp

Banten memiliki banyak kuliner khas yang pantas dicicipi ketika berkunjung. Ada nasi sumsum, ageuna lada, pecak bandeng, sate bandeng, rabeg banten, dan lain sebagainya. Salah satu dari kuliner khas Banten yang populer dan memiliki banyak penikmat adalah nasi sumsum. Cita rasa dari masakan ini sangat gurih, membuat nafsu makan meningkat hebat. Rekomendasi lokasi untuk cicipi nasi sumsum yang enak salah satunya adalah Nasi Bakar Sumsum Mang Puri. Yuk, baca lebih lanjut.

Baca juga : Teak Tree Eatery & Living, Nongkrong Romantis ala Eropa di Salatiga

Telah Ada Sejak Tahun 1941

Nasi Bakar Sumsum Mang Puri, via Instagram/dewikemalahayati
Nasi Bakar Sumsum Mang Puri, via Instagram/dewikemalahayati

Nasi sumsum bakar Mang Puri ini merupakan salah satu yang cukup kondang di Banten. Bagaimana tidak, keberadaannya sejak tahun 1941. Saat ini, bisnis nasi bakar sumsum ini dikelola oleh seorang pria yang bernama Dedi yang dahulu merupakan pekerja di tempat kuliner Banten ini. Ia merupakan generasi ketiga, setelah keluarga Mang Puri memutuskan berhenti berjualan.

Bukan Sumsum Sapi ataupun Kambing

Citarasa gurih yang bikin ketagihan, via Instagram/dewikemalahayati
Citarasa gurih yang bikin ketagihan, via Instagram/dewikemalahayati

Sementara yang digunakan untuk bahan bakunya bukanlah sumsum sapi ataupun kambing, melainkan kerbau. Pemilihan sumsum kerbau ada alasannya tersendiri. Tekstur dari sumsum kerbau ini lebih padat, dan jika dimasak tidak akan menyusut seperti halnya sumsung tulang sapi atau kambing. Alasan lain mengapa tidak menggunakan sumsum tulang sapi adalah lantaran lama-kelamaan mencair dan keluar dari campuran nasi sehingga rasanya jadi menguap dan hambar.

Pernah Tercata Rekor MURI

Nasi bakar sumsum, via Instagram/deena_hp
Nasi bakar sumsum, via Instagram/deena_hp

Kelezatan dari Nasi Sumsum Puri sudah tidak perlu untuk dipertanyakan lagi. Bahkan di tahun 2008 lalu, Puri Sumsum tercatat sebagai pemecah rekor MURI atau Museum Rekor-Dunia Indonesia. Pernah juga tercatat memecahkan rekor Muri lantaran membuat nasi sumsum sepanjang tujuh meter di ulang tahun Kota Serang pada tahun 2008. Kelezatannya tidak diragukan, terbukti karena banyak tokoh yang mencoba nasi sumsum di sini.

Informasi Alamat dan Harga

Kuliner khas Banten, via Instagram/srielin
Kuliner khas Banten, via Instagram/srielin

Jika Teman Traveler ingin mencicipi kuliner yang begitu nikmat ini, bisa langsung datang ke Jl. Brigjen KH Syam’un, Kota Serang. Ada di sebelah barat Alun-alun Kota dan tidak jauh dari gerbang Museum Nasional Banten. Dalam satu porsi akan ada nasi sumsum dengan irisan mentimun, tomat dan dilengkapi dengan sambal kacang nikmat. Jam bukanya, mulai pukul 04:30-22:00 WIB. Untuk harganya begitu terjangkau, di bawah Rp10.000 saja untuk satu porsi nasi bakar sumsum.

Nasi sumsum khas Banten ini memiliki cita rasa gurih yang bikin kamu ketagihan, satu bungkus tidak akan cukup. Saat jalan-jalan ke Banten, pastikan nasi bakar sumsum Mang Puri masuk dalam daftar kuliner yang wajib dicicipi. Setuju, kan? Next

ramadan
Hutan Mangrove Pulau Bama

Spot Foto di Wisata Alam di Banyuwangi, Pepohonannya Bikin Suasana Seperti Negeri Dongeng

Bumi Pelangi Jalaksana Kuningan, Wisata Alam Baru di Kaki Gunung Ciremai yang Instagenic