in ,

Nasi Grombyang Pak H. Warso, Kuliner Enak di Alun-alun Pemalang

Nasi Grombyang Pak H. Warso

Nasi Grombyang Pak H. Warso
Nasi Grombyang Pak H. Warso

Jelajah kota di Jawa Tengah memang bikin ketagihan. Apalagi setelah mampir di Pemalang. Kota cantik ini tidak hanya terkenal dengan Bukit Kukusan yang hits itu. Namun, kuliner di sini juga tak kalah menggoda. Salah satunya adalah Nasi Grombyang Pak H Warso yang dapat ditemukan di sekitar alun-alun kota.

Baca juga : Lari Pagi dan Dapatkan Hadiah Miliaran, Yuk Ikut Borobudur Marathon 2016

1. Warung Kondang yang Difavoritkan Banyak Kalangan

Warung Nasi Grombyang Pak H Warso
Warung Nasi Grombyang Pak H Warso via instagram/@ric.azmi

Nasi Grombyang Pak H. Warso bukanlah nama asing di telinga pecinta kuliner, termasuk juga masyarakat Pemalang. Letaknya warung sederhana ini Jalan RE Martadinata Pelutan yang cukup legendaris di Pemalang. Meski sederhana, tapi tempatnya bersih. Mau makan di dalam maupun di luar warung sama-sama nyaman. Lahan untuk parkir sepeda motor juga lumayan luas. Sayangnya, untuk parkir mobil tak terlalu memadai.

2. Hidangan Kembaran Rawon

Seporsi nasi grombyang
Seporsi nasi grombyang via instagram/@venijulianti

Sekilas, makanan khas Pemalang ini mirip dengan rawon. Nasi grombyang menggunakan kluwek sebagai bahan dasar sehingga kuahnya berwarna hitam. Bedanya, tekstur kuahnya yang lebih encer. Sementara citarasanya khas banget dengan rasa bumbu rempah yang kuat. Menariknya lagi, ada tambahan kelapa sangrai yang membuat aromanya semakin khas. Mencium aromanya saja, sudah bikin ngiler.

3. Isian Istimewa yang Menggugah Selera

Nasi Grombyang yang mirip dengan rawon
Nasi Grombyang yang mirip dengan rawon via instagram/@dwiarifwicaksono

Tidak hanya kuahnya yang sedap, isian dari nasi grombyang ini juga menggugah selera. Seporsinya menu yang mirip soto dan rawon ini terdiri dari nasi, potongan daging sapi atau kerbau, serta taburan daun bawang. Ukuran potongan daging di menu ini cukup besar. Namun teksturnya empuk dan tak bikin sakit gigi. Untuk mendapatkan hasil sempurna, tambahan kecap juga berpengaruh besar.

4. Khas dengan Sate Kerbau

Sate khas Pak H Warso
Sate khas Pak H Warso via instagram/@pungkipw

Biasanya, semangkuknya disajikan dengan sate kerbau sebagai pelengkap. Nah, menu ini unik karena tidak dibakar seperti sate pada umumnya. Lauk ini hanya berupa daging berbumbu yang diungkep kemudian ditusuk menyerupai sate. Saat disajikan, sate ini dibalut dengan bumbu kelapa sangrai parut. Rasanya manis, sementara teksturnya lembut banget ketika digigit.

Hingga artikel ini ditulis, harga Nasi Grombyang Pak H. Warso ini dibanderol dengan harga Rp15.000. Sementara satenya hanya Rp3.000 per tusuk. Teman traveler sudah ngiler lihat ulasan dari warung makan ini? Yuk, atur jadwal untuk liburan ke Pemalang. Next

ramadan

4 Taman Kota Surabaya yang Memiliki Lapangan Futsal

Rooftop Maxone Hotel

Hotel Instagenic Low Budget Malang, Sosmed Cantik Biaya Irit