in ,

5 Pantai Wajib Singgah di 2020, Pilihan Tepat untuk Isi Liburanmu

Menjelajahi Pantai Menawan di Indonesia

Pantai Terbaik 2020
Pantai Terbaik 2020 via shutterstock

Rasanya waktu berlalu begitu cepat, kini sudah mendekati penghujung tahun 2019. Inilah saatnya Teman Traveler untuk merencanakan destinasi wisata untuk 2020. Teman Traveler pemburu konten dan pecinta vitaminsea, harus banget berkunjung ke pantai-pantai menawan saat liburan sepanjang tahun 2020. Berikut Travelingyuk rangkum 5 pantai terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi sepanjang 2020.

Baca juga : Traditional Snacks from Bengkulu, the Taste of Melayu

1. Pantai Wediombo, Jogja

Pantai Wediombo (c) Travelingyuk/ Bagas Yudhiswa

Jogja memang surganya destinasi wisata bahari, ada banyak banget pantai yang dapat Teman Traveler jelajahi. Namun Pantai Wediombo harus masuk dalam daftar liburan tahun 2020. Dikelilingi gugusan karang, membuat sebuah laguna terbentuk di sini. Kolam alami inilah yang menjadi spot berenang santai sembari menunggu matahari terbenam. Tak hanya itu, Teman Traveler juga bisa menyaksikan pemandangan bawah laut di sini.

Tidak usah khawatir mengenai fasilitas, tersedia kamar mandi sampai warung yang siap menyambut di kala Teman Traveler lapar. Bukan saja populer di kalangan pelancong, Pantai Wediombo juga merupakan lokasi untuk memancing. Tempat wisata ini dianugerahi beragam ikan laut, di antaranya tenggiri, kerapuk, maupun kakap batu.

Untuk mencapai Pantai Wediombo yang berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisebo, Gunungkidul ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusa Kota Jogja.

2. Pantai Tanjung Kelayang, Belitung

Pantai Terbaik 2020
Pantai Tanjung Kelayang via shutterstock

Pantai terbaik di Indonesia yang harus Teman Traveler singgahi saat liburan tahun 2020 adalah Tanjung Kelayang. Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Dapat dicapai dengan berkendara dari Tanjung Pandan, ibu Kota Belitung, selama sekitar 40 menit.

Keistimewaan Tanjung Kelayang yang membuatnya begitu diminati adalah tumpukan batu granit raksasa di pinggir pantainya. Di sini, Teman Traveler juga bisa sekalian menyaksikan magisnya terpaan sunrise. Ditemani burung kelayang yang beterbangan. Atraksi menarik lain yang patut dicoba adalah berkunjung ke Pulau Lengkuas naik perahu nelayan.

Nama “tanjung kelayang” yang diberikan ke pantai ini dikarenakan di sekitar pantai banyak terdapat burung kelayang. Pemandangan burung-burung kelayang yang menghiasi langit pantai dapat dinikmati pada pagi hari, membuat pemandangan matahari terbit menjadi semakin indah.

3. Pantai Suluban, Bali

Pantai Terbaik 2020
Pantai Suluban via shutterstock

Pulau Dewata memang selalu berhasil menunjukkan daya tariknya pada pelancong dengan hobi beragam. Mulai dari yang suka staycation, menjelajah alam, sampai berselancar. Salah satu laut yang dapat dijadikan jujugan para surfer ada di kawasan Pantai Suluban. Destinasi wisata di Bali ini dikelilingi tebing terjal dengan ombak luar biasa besar.

Demi mencapai area pantai, Teman Traveler harus berjalan kaki menuruni anak tangga yang cukup sempit dan terjal sepanjang sekitar 200 meter. Usai menuruni anak tangga, Teman Traveler akan melewati gua karang sebelum sampai pada pantai.

Tak hanya berselancar, pelancong juga bisa menjelajahi habitat monyet maupun kulineran di sekitar pantai. Tempat yang disebut juga Pantai Blue Point ini berlokasi di Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan. Dapat dicapai selama sekitar 1 jam dari Kuta maupun Denpasar.

4. Pantai Batu Bengkung, Malang

Pantai Terbaik 2020
Pantai Batu Bengkung via shutterstock

Pantai Batu Bengkung di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang juga patut masuk daftar destinasi liburan pada tahun 2020. Tempat wisata ini dapat dicapai dengan berkendara selama sekitar 2 jam dari pusat Kota Malang. Waktu tempuh yang cukup lama, namun semua lelah perjalanan akan terbayar dengan lanskap elok dan laguna alami di Pantai Batu Bengkung.

Benar sekali. Tak hanya Angel’s Billabong Nusa Penida, pantai di Malang ini juga punya laguna alami yang dibatasi oleh batu karang setinggi sekitar 2 meter yang cukup panjang. Di sebelahnya langsung lautan lepas. Waktu yang tepat untuk berenang di sini adalah sore hari sebelum matahari terbenam, saat air tak terlalu dalam maupun pendek. Selain berenang, Teman Traveler juga bisa melipir ke bukit karang demi menyaksikan sunset nan eksotis.

5. Pantai Seger, Lombok

Pantai Seger via shutterstock

Selanjutnya ada Pantai Seger di kawasan Kuta Mandalika, Lombok yang terkenal berkat suatu legenda. Lautan di sini dipercaya sebagai lokasi Putri Mandalika menceburkan diri demi menghindarkan peperangan di kalangan raja dan pangeran yang hendak melamarnya. Sampai kini warga Lombok melestarikan kisah ini dengan Festival Bau Nyale.

Saat hari pelaksanaan, masyarakat sekitar berbondong-bondong menangkap nyale alias cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Teman Traveler bisa datang menyaksikan festival ini pada hari ke-20 bulan ke-10 penanggalan tradisional Sasak. Atau kurang lebih antara Bulan Februari dan Maret.

Pantai Seger ini berlokasi di Desa Sukadane, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Masih satu garis dengan Pantai Kuta Lombok, hanya berjarak kira-kira 2 kilometer.

Sebelum tahun 2019 berakhir, segera buatlah rencana liburan untuk tahun 2020. Masukkan juga 5 pantai terbaik di Indonesia di atas ke dalam list destinasi wisata Teman Traveler, ya. Next

ramadan
Kuliner Jepang (c) amadea novie Travelingyuk

7 Kuliner Jepang, Nikmati Cita Rasa Negeri Sakura yang Istimewa

Pemandangan di Hotel Union

Hotel Union Geiranger, Mimpi Indah Ditemani Fjord