in , ,

Pesona Pantai Papuma, Eksotisnya Alam Jember yang Bikin Terpesona

Mengagumi Panorama Indah Pantai Papuma

Bernarsis ria di Pantai Papuma
Bernarsis ria di Pantai Papuma (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Hai Teman Traveler, sepakat kan jika Indonesia menyimpan banyak keindahan alam luar biasa? Nah, kali ini saya ingin menceritakan pengalaman liburan tahun lalu, tepatnya Oktober 2018 silam. Saya menghabiskan waktu selama tiga hari di Jember, salah satunya adalah Pantai Papuma.

Baca juga : Pantiau, Kuliner Kembaran Kwetiau tapi Asli Tanah Bangka

Banyak tempat wisata indah yang saya kunjungi, Pantai Papuma jelas termasuk di dalamnya. Destinasi ini cukup terkenal karena keeksotisannya. Seperti apa pesonanya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Perjalanan Menuju Papuma

Keindahan Papuma (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Saya sempat bertanya pada warga lokal, mengapa pantai ini dinamakan Papuma. Ternyata sebutan tersebut merupakan akronim dari ‘Pasir Putih Malikan’ dan cukup akrab di telingan wisatawan.

Papuma sendiri berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Untuk menuju sini, Teman Traveler bisa menumpang mobil maupun motor. Jaraknya kurang lebih 45 kilometer dari Jember atau sekitar satu jam perjalanan.

Aksesnya cukup mudah karena jalan menuju pantai sudah diaspal halus. Hanya saja sebelum sampai di bibir pantai, Teman Traveler akan melewati jalur lumayan panjang dengan beberapa tanjakan dan turunan

Panorama Indah dan Unik

Keindahan Papuma dari ketinggian (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Saya sendiri dibuat sangat kagum ketika pertama kali mengunjungi pantai ini. Keelokannya terlihat jelas dari atas bukit. Terdapat karang menjulang tinggi di tengah lautan, hamparan pasir begitu luas, dan deretan kapal nelayan. Semuanya berpadu menghasilkan panorama yang begitu unik.

Udara di Papuma terasa sangat sejuk. Hamparan pasirnya terasa sangat lembut begitu menyentuh kaki, membuat saya ingin berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Deburan ombaknya membuat jiwa dan raga serasa tenang. Arusnya juga tak terlalu ganas, aman untuk bermain air dan berenang. Seru bukan?

Nelayan sedang menarik kapal (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa melihat deretan kapal nelayan parkir di pinggir pantai. Kapal-kapal tersebut memiliki bentuk unik dan lambungnya berhiaskan lukisan menarik. Ketika hendak berlayar, nelayan biasanya akan menarik kapal ke tengah laut. Mereka akan memanfaatkan tali yang sebelumnya sudah diikat di pohon.

Jika sedang punya banyak waktu, Teman Traveler juga bisa menikmati panorama indah matahari terbenam di sini. Sayangnya, saat saya berkunjung cuaca sedang mendung. Tapi tidak masalah, keindahan yang tersaji kala itu sudah cukup untuk membuat saya terpukau.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Papuma

Bernarsis ria di Papuma (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Biaya masuk wisata Jember satu ini sangat terjangkau. Di hari biasa Teman Traveler cukup membayar Rp7.000 per orang. Khusus untuk hari libur, tarifnya naik jadi Rp15.000 per orang. Dengan segala keindahan alam dan keunikan yang disajikan harga tersebut sudah sangat murah bukan?

Sekian pengalaman saya kala berkunjung ke Pantai Papuma. Ingat, dimanapun Teman Traveler berada, tetap jaga kebersihan alam agar keindahannya tetap terjaga. Selamat berlibur. Next

ramadan

Sekonyer River Cruise, a Safari at the Heart of Kalimantan

10 Wanita Kuat Melestarikan Kuliner Khas Indonesia, Mari Contoh Semangat Kartini dari Mbah-mbah Ini!