in , ,

Senja di Pantai Tambakrejo Blitar, Keindahannya Menyimpan Cerita

Menikmati kecantikan senja di Pantai Tambakrejo Blitar

Blitar terkenal akan wisata 1000 pantainya. Karena letaknya di selatan Pulau Jawa menjadikannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Salah satu pantai yang terkenal memiliki ombak tinggi dan juga pantai pasir putih luas yaitu Pantai Tambakrejo. Apalagi saat senja tiba sangat cantik, keindahannya menyimpan cerita. Yuk, simak perjalanan berikut ini.

Baca juga : Wedangan Cendhono Wangi, Nongkrong Ditemani Nuansa Klasik Pasar Gede

Sekilas Tentang Pantai Tambakrejo

dsc01699_01_LjY.jpeg
Suasana pantai ketika surut (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Seperti pantai lain di perairan laut selatan, sejarah pantai ini tidak bisa terlepas dari keterkaitannya dengan cerita laut selatan. Pantai Tambakrejo ini erat hubungannya dengan Gunung Kelud dan penguasa alam gaib yang konon menempati perairan Samudera Hindia. Misteri Pantai Tambakrejo di Blitar Jawa Timur sudah tidak terdengar asing di telinga warga sekitar.

Konon, ketika gunung kelud meletus, pasir putih yang ada di Pantai ini berkurang secara misterius. Dari hasil penerawangan paranormal di sekitar Gunung Kelud, pasir pantai berkurang karena ada lubang khusus atau semacam jalur yang tidak kasat mata untuk menghantarkan pasir-pasir pantai ke Gunung Kelud.

Ada yang secara nyata membuktikan, bahwa material-material luapan gunung berapi tersebut tidak hanya pasir biasa, melainkan juga pasir putih seperti pasir pantai dan tumbuh-tumbuhan atau terumbu karang dari laut. Karena sebab tersebut, warga meyakini lokasi Pantai Tambakrejo Blitar ada hubungannya dengan hal-hal mistis di sekitar Gunung Kelud yang memiliki garis penghubung dengan laut selatan dan Candi Penataran.

Lokasi dan Rute Pantai Tambakrejo

dsc01671_01_YDz.jpeg
Pesona senja Pantai Tambakrejo (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Lokasi pantai ini ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pantai ini bisa dicapai dengan melewati jalan perbukitan dan pegunungan yang naik turun serta meliuk-liuk. Jarak tempuh pantai dari pusat Blitar kurang lebih satu jam. Anda hanya perlu mencari lokasi Kecamatan Kademangan. Dari sini, anda akan langsung diantar menuju lokasi pantai karena sudah terdapat petunjuk jalan.

Daya Tarik Pantai Tambakrejo Blitar

dsc01658_01_vQr.jpeg
Senja di Pantai Tambakrejo (c) tikkadessy/Travelingyuk

Pantai ini memiliki pasir putih yang luas, pengunjung memang dilarang untuk berenang, namun dapat menikmati keindahan Pantai dari pasir putihnya dan juga dapat melakukan berbagai aktifitas seperti naik ATV dan perahu nelayan. Di sini menyediakan persewaan ATV yang bisa digunakan untuk menyusuri garis pantai. Selain itu perahu nelayan juga ada yang dapat dinaiki.

Kemudian mencoba kuliner seafood lokal yang banyak terdapat warung di pantai ini, ada berbagai menu olahan ikan dan seafood. Pengunjung bisa berkeliling di pasar ikan dekat pantai. Banyak jenis ikan dan seafood yang dijual di sini, ikannya masih segar dan juga ada yang sudah dibakar atau ikan asap seharga Rp5000 saja. Ada tempat pelelangan ikan di dekat pantai ini. Pengunjung dapat mampir jika sedang buka.

Bisa juga memancing, jangan sampai lupa membawa peralatan pancingmu, namun harus tetap waspada. Paling seru pengunjung dapat melakukan aktifitas camping atau berkemah di pantai ini. Harus tetap waspada dan menjaga jarak aman dengan air laut ketika pasang.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

dsc01698_01_6u7.jpeg
Pantai yang sedang surut (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pantai ini mempunyai fasilitas lengkap mulai dari area parkir yang sangat luas, terdapat banyak warung makanan dan pasar ikan. Fasilitas pendukung lainnya yaitu terdapat banyak toilet, musala, penginapan-penginapan, dan tersedia juga tenda wisata untuk berteduh. Harga tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang dan untuk retribusi parkir mobil sebesar Rp 10.000.

Demikian perjalanan di Pantai Tambakrejo, Blitar. Bisa dijadikan tujuan liburan akhir pekan. Jadi, di mana pantai dengan senja terindah di daerahmu? Next

ramadan

Wagos, Destinasi Wisata dengan Spot Asyik di Pelosok Gresik

Tips Menghindari Kejahatan Siber Traveling

Tips Menghindari Kejahatan Siber Saat Traveling