in , ,

5 Pasar di Jogja yang Wajib Didatangi Pecinta Street Photography

Menemukan pesona Jogja dengan kearifan lokal

Dunia fotografi memiliki hubungan yang sangat erat dengan dunia traveling, salah satunya yang sedang ngetren sekarang adalah street photography. Ada banyak kota dengan desain tata kota yang bagus, seperti Yogyakarta. Kalau misal kalian mau menambah referensi spot yang bagus, saya berikan 5 pasar di Jogja yang artistik untuk dipotret.

Baca juga : Nasi Pecel Pudakit Kediri, Kuliner Malam yang Bikin Gagal Diet!

1. Pasar Beringharjo

_mg_5508_ujm.jpg
Suasana Pasar Beringharjo dengan pengunjung pasar yang multikultural (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Setiap Traveler tentu familiar dengan pasar ini. Lokasinya terletak di sekitar jalan Malioboro yang terkenal itu. Pasar yang terdiri dari tiga lantai ini sebenarnya sangat lengkap. Kebanyakan turis lokal dan mancanegara ‘terjebak’ di bagian tekstil, saking terkenalnya kain khas Jogja.

Di sini pun pasar didesain klasik dan artistik, cocok bagi kalian yang ingin berburu spot foto kece di tengah padatnya aktivitas jual-beli.

2. Pasar Kotagede

_mg_5426_K2y.jpg
Sepeda dan bangunan tua di sekitar Pasar Kotagede (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Tahukah kalian bahwa pasar ini adalah yang tertua di Jogja? Dibangun pada masa kerajaan Mataram pada abad ke-16, kawasan ini ditetapkan sebagai cagar budaya. Bangunannya yang bercorak Belanda seperti menambah kesan estetik pada pasar ini.

Pasar yang buka selama hampir 24 jam ini berdekatan dengan Masjid Agung Kotagede. Kita dapat dengan mudah menemukan segala macam jajanan tradisional, mulai dari barang pokok sampai aneka jamu dan klithikan.

_mg_5437_QDi.jpg
Matahari memberi kehangatan pada seorang bapak dan bapak ini meneruskan kehangatan kepada pembeli (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Selain membeli barang dagangan, kalian dapat merasakan keakraban dan kehangatan para penjual yang menjadi ciri khas masyarakat Jogja. Apalagi ketika sore menjelang, suasana antara penjual dan pembeli semakin cair.

3. Pasar Ngasem

_mg_5478_Z4V.jpg
Seorang penjahit pria di salah satu lapak Pasar Ngasem (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Tahu situs Taman Sari? Nah, pasar ini terletak di sebelah utaranya. Dulunya, kawasan ini dikenal dengan menjual aneka hewan peliharaan, namun pada tahun 2010, pasar ini direlokasi. Sekarang, di sini dijual aneka macam bahan pokok dan barang lainnya layak sebuah pasar pada umumnya.

_mg_5462_qHE.jpg
Panggung Pasar Ngasem yang digunakan untuk pementasan dengan latar belakang bekas bangunan istana yang menjulang (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Nah, uniknya di sini adalah terdapat panggung megah yang sering digunakan untuk acara kesenian dan kebudayaan, mulai dari pagelaran wayang hingga aksi teatrikal. Bisa kalian bayangkan, ketika memasuki kawasan ini, Teman Traveler akan langsung disuguhkan aneka kesenian tradisional khas Jogja dengan latar belakang sisa bangunan istana.

4. Pasar Kranggan

_mg_5528_CYL.jpg
Pengunjung Pasar Kranggan, masih dalam suasana kemerdekaan (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Kawasan yang terletak di sebelah barat Tugu Jogja ini terkenal dengan banyaknya penjual bunga, baik untuk hiasan atau dijadikan bunga tabur makam.

Berdiri sejak Agustus 1975, seperti pasar tradisonal yang lain, aktivitas tawar menawar barang adalah adegan yang sangat menyenangkan di sini. Tata letak barang dan kios yang artistik dan penuh warna-warni serasa mempercantik pasar dan membuatnya estetik untuk difoto.

Sesekali juga, pencahayaan matahari yang masuk menghidupkan suasana pasar menjadi lebih keren.

5. Pasar Prawirotaman

_mg_5523_oc4.jpg
Setiap sudut pasar adalah menarik (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Kawasan legendaris ini terletak di Jalan Parangtritis, dekat dengan perkampungan bule. Banyaknya bar dan resto di sekitar pasar membuat lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung.

Apabila pagi tiba, Teman Traveler bisa melihat pemandangan yang unik, di mana warga lokal dan wisatawan akan berbaur bersama guna mendapatkan barang terbaik di pasar. Hanya saja, untuk sementara waktu, kawasan ini direnovasi dan diperbesar untuk kenyamanan pengunjung.

Demikian 5 pasar di Jogja yang artistik untuk dipotret. Tertarik? Next

ramadan
Loenpia Mbak Lien Semarang

Loenpia Mbak Lien, Nikmatnya Bikin Kangen ke Semarang

Taman Mozaik Surabaya, Bekas Rawa Jadi Instagenic