in , ,

Taman Mozaik Surabaya, Bekas Rawa Jadi Instagenic

Puaskan Berwisata di Taman Mozaik Surabaya

Taman Mozaik Surabaya (c) Rieagustina/Travelingyuk

Langkah Surabaya dalam menyediakan Ruang Terbuka Hijau di seluruh kawasan menjadikan kota ini sebagai salah satu yang ramah lingkungan. Di tahun 2019 banyak taman baru yang dibangun dan diresmikan. Pertengahan Oktober lalu, Surabaya meresmikan Taman Mozaik.

Baca juga : Menikmati Sejuknya Jogja, A Cup of Tugu Lor Java Bikin Jatuh Cinta

Rieagustina-Taman-Mozaik-Surabaya-2
Baru Diresmikan Bulan Oktober 2019 (c) Rieagustina/Travelingyuk

Taman Mozaik terletak di Jalan Wiyung Praja, Kecamatan Wiyung, wilayah Surabaya Barat. Lokasi taman ini tidak berada di tepi jalan besar, melainkan harus masuk ke dalam gang sejauh 500 meter.  Seperti apa sih Taman Mozaik ini? Yuk, simak ulasan berikut.

Dibangun di Atas Lahan Bekas Rawa

Rieagustina-Taman-Mozaik-Surabaya-1
Taman Mozaik Surabaya (c) Rieagustina/Travelingyuk

Taman Mozaik dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 5100 hektar, namun saat ini pembangunannya masih selesai separuh. Sebelum dibangun menjadi taman, lahan tersebut merupakan bekas rawa-rawa yang sudah lama terbengkalai.

Akibat dari kondisi yang cukup memprihatinkan, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebersihan dan Ruang Tata Hijau (DKRTH) berinisiatif memanfaatkan lahan yang tak terurus ini. Maka jadilah salah satu ruang publik menarik yang bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Spot Foto Instagenic ala Taman Mozaik Surabaya

Taman Mozaik Surabaya
Bangunan dengan warna mozaik yang instagenik (c) Rieagustina/Travelingyuk

Salah satu daya tarik taman di Surabaya ini adalah adanya gedung yang menyerupai rumah di bagian tengah kawasan. Bangunan ini memanfaatkan material kaca akrilik warna-warni pada semua sisi dinding dan atap sehingga menyerupai mozaik. Berkat adanya adanya rumah unik nan instagenic inilah, menjadikan area ini dijuluki sebagai Taman Mozaik.

Rieagustina-Taman-Mozaik-Surabaya-4
Detail ruang mozaik yang cantik (c) Rieagustina/Travelingyuk

Tampilan rumah kaca ini sangat instagenic, bukan? Warna-warni mozaiknya cukup memanjakan mata serta pas untuk berfoto demi mempercantik laman media sosial. Tak heran, baru beberapa saat setelah diresmikan keberadaan taman ini langsung menjadi buah bibir dan perbincangan di masyarakat yang gemar berburu foto keren.

Taman Mozaik Surabaya
Foto di berbagai sudut ruang mozaik (c) Rieagustina/Travelingyuk

Tujuan utama pengunjung tentunya adalah bangunan utama yang  ikonik. Berhubung masih baru, pengunjung sangat antusias untuk berfoto. Jadi harus sabar mengantre yah kalau sedang ramai. Teman-teman bisa mengeksplorasi setiap sudut rumah warna-warni ini.

Selain bangunan dengan konsep warna-warni tersebut, di sekeliling taman juga terdapat benda berbentuk prisma yang juga terbuat dari akrilik warna-warni sebagai pelengkap.

Taman Mozaik Surabaya
Benda berbentuk prisma di sekeliling taman (c) Rieagustina/Travelingyuk

Bukan hanya spot instagenic untuk berfoto, Taman Mozaik juga dilengkapi dengan tanaman demi meneduhkan suasana. Namun, belum banyak yang ditanam. Hanya terdapat pohon palm, pohon bamboo yang masih pendek, dan beberapa bunga sebagai pelengkap.

Rieagustina-Taman-Mozaik-Surabaya-6
Dilengkapi Bunga-bunga yang cantik (c) Rieagustina/Travelingyuk

Masih Minim Fasilitas

Rieagustina-Taman-Mozaik-Surabaya-7

Meski dikabarkan dana pembangunan yang digelontorkan mencapai Rp1 Miliar, Taman Mozaik masih minim fasilitas. Belum tersedia sarana penunjang seperti toilet, musala, tempat bermain anak, maupun dan lampu taman. Efek dari belum ada penerangan, taman ini belum bisa dikunjungi saat malam hari.

Terdapat Pohon Bambu yang menghias taman (c) Rieagustina/Travelingyuk

Namun jangan khawatir, akan ada pembangunan tahap kedua demi melengkapi fasilitas yang lebih memadai untuk menunjang kenyamaan masyarakat saat berkunjung ke Taman Mozaik.

Tips Berkunjung ke Taman Mozaik Surabaya

Berpose di Taman (c) Rieagustina/Travelingyuk

Kalau teman-teman ingin berkunjung ke Taman Mozaik, ada baiknya datang pada pagi atau sore hari. Berhubung tergolong taman baru, tanaman yang ada belum cukup melindungi tubuh dari sengatan matahari Kota Surabaya yang akhir-akhir ini sangat panas.

Selain itu, jika ingin berlama-lama, jangan lupa membawa bekal minuman atau makanan ringan. Sebab belum ada penjual makanan di sekitar lokasi.

Bagaimana Teman Traveler? Tertarik singgah ke rumah kaca warna-warni ala Taman Mozaik? Bila berwisata di Surabaya, sempatkan untuk mampir, ya. Next

ramadan

5 Pasar di Jogja yang Wajib Didatangi Pecinta Street Photography

Pilihan rasa gelato di Bvgil Malang

4 Kafe Gelato Malang, Cocok Buat Ngadem di Kota Bunga