in , ,

Jelajahi Pasar Inis, Berburu Kuliner Tradisional di Purworejo

Kulineran Tradisional di Pasar Inis Purworejo

Pasar Inis Purworejo
Pasar Inis Purworejo (c) Sebastian Andhika Candra Travelingyuk

Purworejo punya destinasi wisata serba ada bernama Pasar Inis. Tempat ini menjual berbagai macam makanan tradisional khas Purworejo, terutama dari Desa Brondongrejo. Pasar Inis pun memiliki berbagai macam atraksi wisata, keunikan, dan fasilitas. Berkat letaknya yang berdampingan langsung dengan persawahan, membuat pelancong betah berkat udara segar dan nuansa pedesaan. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Baca juga : Kue Lumpur Rasa Kelapa Muda, Oleh-Oleh Lezat Khas Sidoarjo

Lokasi dan Akses Menuju Pasar Inis

inis41__1_of_1__xEY.jpg
Pasar Inis Purworejo di Sawah (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Pasar Inis terletak di Desa Brondongrejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Desa Brondongrejo berdampingan langsung dengan area persawahan. Udaranya yang sejuk dan lokasinya yang tidak dekat dengan jalan raya menjadikan tempat ini cocok menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner pedesaan untuk
dikunjungi.

Akses menuju Pasar Inis pun cukup mudah karena kondisi jalan yang sudah baik (bermaterial aspal dan beton) serta sudah bisa diakses melalui Google Maps. Para Teman Traveler yang hendak mengunjungi Pasar Inis bisa menggunakan transportasi, seperti motor dan mobil.

Kuliner dan Atraksi Wisata di Pasar Inis

Seperti yang sudah disebutkan, Pasar Inis merupakan suatu objek wisata kuliner bernuansa persawahan dan pedesaan. Atraksi wisata di tempat tersebut tidak hanya makanan tradisional tetapi juga permainan tradisional.

Geblek Bumbu

Pasar Inis Purworejo
Geblek Bumbu (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Geblek bumbu merupakan salah satu kuliner tradisional khas dari Kabupaten Purworejo. Makanan tersebut berbahan dasar tepung kanji dan memiliki tekstur yang kenyal. Geblek sangat cocok dinikmati dengan bumbu atau sambal kacang ketika kondisinya masih hangat.

Rasa yang lezat sangat serasi dengan suasana di Pasar Inis, Desa Brondongrejo. Harga makanan tersebut sangat terjangkau. Teman traveler bisa membelinya dengan berbagai porsi, seperti porsi Rp5.000an. Teman Traveler juga bisa membeli dengan porsi yang lebih banyak. Kalian harus coba!

Telang Coffee Latte

Pasar Inis Purworejo
Telang Coffee Latte (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat, bertambah pula berbagai jenis makanan dan minuman. Untuk menyesuaikan dengan selera para milenial, salah satu minuman yang menarik di Pasar Inis ialah Telang Coffee Latte. Minuman tersebut merupakan campuran dari sari bunga telang, kopi, dan susu. Harga minuman tersebut sangat terjangkau, yaitu senilai Rp5.000an saja.

Tempura dan Jajanan Aneka Singkong

Pasar Inis Purworejo
Jajanan di Pasar Inis (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Pasar Inis juga menjual tempura atau sosis bakar. Harganya juga sangat terjangkau, sekitar Rp1.000 – Rp2.000 per buah. Teman traveller juga bisa memesan makanan pendamping tempura yang terbuat dari singkong dan dibentuk seperti sate. Rasanya nikmat banget!

 Permainan Tradisional

inis44__1_of_1__wM9.jpg
Permainan Tradisional (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Pasar Inis tidak hanya menyediakan berbagai macam makanan tradisional tetapi juga permainan tradisional yang dapat digunakan oleh para pengunjung secara gratis. Permainan tradisional tersebut, seperti bakiak, jungkat-jungkit, egrang, dan lain-lain.

Spot Foto Menarik

inis10__1_of_1__LsM.jpg
Spot Foto Menarik (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Suatu objek wisata biasanya memiliki sebuah spot foto. Pasar Inis pun memiliki berbagai macam spot foto yang unik dan menarik. Spot foto di Pasar Inis berlatar belakang persawahan sekaligus orang-orangan sawah. Selain itu, tempt berfoto juga bisa dilakukan di sebuah motor buatan berbahan dasar kayu yang unik. 

Alat Tukar atau Transaksi yang Unik!

Pasar Inis Purworejo
Alat Transaksi Unik (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Pada umumnya, alat tukar atau transaksi di pasar ialah uang tunai. Berbeda dengan Pasar Inis! Alat tukar yang digunakan untuk bertransaksi ialah berbahan dasar kayu yang bertuliskan angka 1, 2, 5, dan 10. Angka tersebut menandakan nilai uang para Teman Traveler! Saat datang ke Pasar Inis, Teman Traveler terlebih dahulu menukarkan uang tunai dengan alat transaksi berbahan dasar kayu. Selanjutnya kalian bisa langsung membeli makanan dan minuman yang tersedia.

Fasilitasi di Pasar Inis

Sebuah objek wisata sudah pasti memiliki fasilitas. Fasilitas yang ada di Pasar Inis pun cukup untuk menunjang aktivitas pengunjung. Fasilitas di Pasar Inis, antara lain :

Tempat Parkir

inis1__1_of_1__HSC.jpg
Tempat Parkir (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Tempat parkir yang tersedia di Pasar Inis pun cukup luas. Tempat parkir antara mobil dan motor pun terpisah tetapi masih dalam satu area. Teman Traveler tidak perlu bingung untuk mencari tempat parkir, karena terdapat banyak petugas yang siap untuk memberikan petunjuk untuk memarkirkan kendaraan kalian.

Tempat Duduk

Di Pasar Inis pun tersedia banyak tempat duduk yag terbuat dari bamboo atau biasa disebut lincak. Teman Traveler tidak perlu bingung untuk mencari tempat duduk ketika hendak menikmati makanan dan minuman di Pasar Inis karena jumlahnya cukup banyak.

Papan Penunjuk Jalan

inis2__1_of_1__EdE.jpg
Papan Penunjuk Jalan (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Untuk menuju Pasar Inis, Teman Traveler tidak perlu khawatir tersesat karena sudah tersedia papan penunjuk arah menuju Pasar Inis yang tersebar di beberapa titik.

Pasar Inis begitu menarik untuk dikunjungi saat Teman Traveler berwisata di Purworejo. Puaskan kulineran sekaligus bermain di sini. Next

ramadan
Bukit Persil

Bukit Persil, Ada Piramida di Kota Lumpia!

Suasana di Cendhono Wangi

Wedangan Cendhono Wangi, Nongkrong Ditemani Nuansa Klasik Pasar Gede