in ,

12 Tempat Wisata Indonesia yang Dilalui Pawai Obor Asian Games

12 Tempat Wisata Indonesia yang Dilalui Pawai Obor Asian Games
12 Tempat Wisata Indonesia yang Dilalui Pawai Obor Asian Games

Mulai tanggal 15 Juli 2018, Susy Susanti serta 30 atlet Indonesia lainnya telah memulai pawai obor Asian Games di India. Sedangkan di Indonesia hari ini, Rabu (18/7/2018), pengampilan api dari Api Abadi Mrapen berlangsung. Setelah itu api dari India dan Mrapen digabungkan menjadi satu sebelum diarak keliling Indonesia. Namun terdapat hal istimewa dalam pawai obor Asian Games ini. Dari 50 kota yang dilintasi, terdapat beberapa destinasi wisata yang dilalui pawai obor Asian Games.

Baca juga : Akomodasi di Bengkayang Kalimantan Barat, Murah dan Nyaman

Susy Susanti saat memegang obor di India via Asset.Indosport.com

1. Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan via Shutterstock.com

Candi Prambanan menjadi tempat penggabungan api dari India dan Api Abadi Mrapen. Pawai obor Asian Games sampai di Prambanan pada hari Rabu, (18/07/2018). Dari Prambanan menuju Gunung Bromo, Jawa Timur, obor Asian Games akan melewati Kota Solo dan dibawa oleh Dian Sastro.

2. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo via Shutterstock.com

Primadona wisata Jawa Timur ini juga dilewati oleh obor Asian Games pada tanggal 21 Juli 2018 dini hari pukul 01.00 WIB. Nabila Syakieb, artis sekaligus atlet berkuda, yang memimpin pawai ini.

3. Kawah Ijen, Banyuwangi

Kawah Ijen via Shutterstock.com

Dari Bromo, tanggal 23 Juli pawai obor sampai di Banyuwangi. Setelah itu api dibawa menuju ke Kawah Ijen.

4. Istana Tampak Siring, Bali

Istana Tampak Siring via Shutterstock.com

Dengan menggunakan kapal feri, api Asian Games di seberangkan ke Bali dan berlangsung mulai tanggal 23-24 Juli. Istana Tampak Siring adalah salah satu tempat yang berada dalam jalur pawai obor. Hamish Daud menjadi artis Indonesia yang dipercaya untuk membawa obor Asian Games saat berada di Pulau.

5. Pantai Kuta, Bali

Acara keagamaan di Pantai Kuta via Shutterstock.com

Pulau Bali memiliki dua lokasi yang berada dalam jalur pawai obor Asian Games. Jika sebelumnya telah disebutkan melewati Istana Tampak Siring, berikutnya adalah Pantai Kuta.

6. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat via Shutterstock.com

Setelah dari Pulau Dewata, obor diterbangkan menuju Papua melalui Sorong. Sesampainya di Raja Ampat, obor diarak dengan menggunakan kapal perang suku Papua di Pianemo.

7. Pulau Kemaro, Sumatera Selatan

Pulau Kemaro via Shutterstock.com

Pulau di Sulawesi Selatan dengan pagoda di tengahnya ini juga menjadi salah satu destinasi yang berada dalam rute pawai obor yang dibuat dari inspirasi paduan dua kota untuk Asian Games. Yaitu Golok khas Betawi dan Skin asli dari Palembang.

8. Danau Toba, Sumatera Utara

Panorama Danau Toba via Shutterstock.com

Sebagai salah satu dari rencana sepuluh Bali baru, Danau Toba juga berada dalam rute maraton obor Asian Games. Diperkirakan pada tanggal 31 Juli-1 Agustus 2018, api ini sampai di Danau Toba dan diarak menggunakan sepeda.

9. Istana Siak, Riau

Istana Siak via wisatasumatera.com

Istana yang berada di Pekanbaru ini dilewati oleh pawai obor pada tanggal 1-2 Agustus 2018. Tepat setelah melewati Danau Toba. Pawai ini diharapkan bisa turut mengenalkan keindahan salah satu warisan sejarah yang berupa istana bercorak Melayu, Arab dan Eropa tersebut.

10. Jembatan Ampera, Sumatera Selatan

Jembatan Ampera via Shutterstock.com

Jembatan unggulan Kota Palembang ini mendapat giliran pada tanggal 4-5 Agustus 2018, setelah melewati Jambi. Di kota pempek ini pawai dimulai dari Stadion Jakabaring. Catat tanggalnya agar tak ketinggalan ikut meramaikan di kotamu. Mikha Tambayong menjadi artis Indonesia yang dipercaya untuk membawa obor Asian Games di Palembang.

11. Museum Nasional, Jakarta

Monumen Nasional via Shutterstock.com

Museum Nasional Jakarta mendapat giliran pada tanggal 15 Agustus 2018. Setelah melalui Kota Bogor dimana Chicco Jericho yang berperan membawa obor tersebut mengelilingi kota hujan. Sebagai salah satu ikon di Ibukota, Monas tentu tak ketinggalan kembali dikenalkan pada kesempatan ini.

12. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu via Shutterstock.com

Setelah dari Ibukota Jakarta, obor Asian Games meluncur ke Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka adalah pulau di Kepulauan Seribu yang mendapat kesempatan untuk menyambut obor api Asian Games.

Setelah melewati beberapa tempat di atas, obor Asian Games kembali ke Jakarta dan menginap di Balai Kota. Baru tanggal 18 Agustus 2018, api dibawa menuju GBK dan dinyalakan oleh dua torch ambassador Asian Games 2018. Bagaimana, sudah siap ikut meramaikan pawai di kotamu? Next

ramadan

Berawal dari Hobi Teman, Ini Traveling ala Lola yang Nyaman

Kafe Klasik di Jakarta, Nongkrong Sekaligus Nostalgia