in ,

Pecel Ponorogo Boeyatin di Surabaya, Kenikmatan yang Melegenda Bikin Lidah Bergoyang Rasakan Kenikmatan

Kenikmatan Pecel Ponorogo Boeyatin yang Melegenda dan Terkemuka di Surabaya

Pecel yang begitu rekomended, via Instagram/imanhakiki13
Pecel yang begitu rekomended, via Instagram/imanhakiki13

Kuliner khas Surabaya beragam jenisnya. Ada rujak cingur, lontong balap, tahu tek, rawon, dan lain-lain. Tidak hanya kuliner asli Surabaya, wilayah Indonesia yang mendapatkan julukan sebagai Kota Pahlawan ini juga dengan ramah menerima kuliner pendatang. Contohnya saja pecel. Banyak bertebaran tempat makan yang berjualan pecel, salah satu yang populer dan telah memiliki nama adalah Pecel Ponorogo Boeyatin.

Baca juga : Kuliner di Sekitar Kampus BINUS Jakarta, Makan dan Jalan-jalan Lanjut Terus

Pecel yang Telah Ada Sejak Tahun 1950

Pecel Ponorogo Boeyatin, via Instagram/e_ndro
Pecel Ponorogo Boeyatin, via Instagram/e_ndro

Boeyatin atau Bu Yatin merupakan nama yang digunakan untuk menyebut tempat usaha ini. Ternyata, Bu Yatin meneruskan usaha dari Ibunya yang bernama alm. Nyonya Mistirah yang sudah berjualan pecel sejak tahun 1950. Saat awal berjualan, berada di depan Garden Hotel, sekitar tahun 1982 kemudian pindah di Gedung DPRD.

Dahulu, langganannya hanya seputar tukang becak dan berjualan masih menggunakan tampah, nampan yang terbuat dari anyaman bambu. Seiring berjalannya waktu sampai akhir 1990, Bu Yatin akhirnya memiliki tempat warung yang menetap. Perlahan mulai dikenal sebagai tempat pecel yang enak.

Bukan Hal yang Mudah Menjaga Resep Warisan

Pilihan lauk banyak, via Instagram/nina_epicure
Pilihan lauk banyak, via Instagram/nina_epicure

Ternyata, usaha yang dilakukan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Meskipun resep telah dikuasai, namun Bu Yatin percaya jika rasa pecel tergantung orang yang membuatnya. Kalau dalam istilah Jawa-nya, tangan-tanganan. Bu Yatin harus berjuang menjaga kualitas dan konsistensi rasanya supaya para pelanggan tetap setia.

Kuliner legendaris, via Instagram/agwan_mblitar
Kuliner legendaris, via Instagram/agwan_mblitar

Biasanya, dalam seporsi Pecel Ponorogo Boeyatin akan diberi banyak sayuran seperti halnya sawi, kacang panjang, bayam, taoge, kembang turi dan juga krai. Makin enak dengan adanya tambahan lalapan kemangi, biji petai cina, dan juga irisan mentimun. Untuk cita rasanya di sini ada perpaduan antara asin, manis dan pedas yang disesuaikan. Bumbunya ada dua macam, pedas dan tidak pedas. Lauknya beragam, mulai dari tempe, tahu, sampai dengan beragam daging.

Alamat Pecel Ponorogo Bu Yatin

Citarasa tak perlu ditanya, via Instagram/eatwhatid
Citarasa tak perlu ditanya, via Instagram/eatwhatid

Pecel Ponorogo Boeyatin ini juga disebut dengan Pecel Ketabang lantaran berlokasi di Jl. Ketabang Kali. Tempat makan di Surabaya ini hampir selalu selalu ramai dengan pembeli yang berdatangan. Lokasinya memang menuntungkan, kawasan pusat kota dan dekat dengan beberapa kantor, mulai dari Kantor Walikota, DPRD, Hotel, dan di sekitaran Pusat Perbelanjaan.

Pecel yang begitu rekomended, via Instagram/imanhakiki13
Pecel yang begitu rekomended, via Instagram/imanhakiki13

Waktu operasionalnya setiap hari, mulai pukul 05:00 hingga 20:00 WIB. Sementara itu harganya, satu porsi nasi pecel di bawah Rp20.000. Itu sudah lengkap dengan beberapa jenis lauk. Harganya tergantung dengan pilihan lauk yang diambil.

Jika penasaran dengan tempat makan di Surabaya ini, mampirlah jika sedang jalan-jalan. Beda lho rasa pecel Madiun dan Ponorogo. Untuk tau bedanya, kamu perlu untuk mencicipinya. Maka dari itu, coba saja jika berada di Kota Pahlawan. Next

ramadan

5 Pasangan Seleb Liburan di Jepang, Inspirasi Traveling ke Negeri Sakura

Toko Oleh-oleh Semarang

Kamu Mau Berburu Oleh-Oleh Khas Semarang, Langsung saja Melipir ke Sekian Toko Dekat Lawang Sewu Ini