in , ,

Pendopo Agung Trowulan, Wisata Sejarah yang Instagenic di Mojokerto

Ada banyak hal menarik di dalamnya

Kalau sedang berwisata ke Mojokerto tidak ada salahnya untuk mengunjungi sebuah tempat yang ada di dalam kawasan purbakala Trowulan. Namanya adalah Pendopo Agung Trowulan. Tempat ini cukup menarik perhatian, karena berlokasi di area yang dianggap sakral oleh warga setempat. Kalau kalian ingin tahu lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Cita Rasa Es Pinggir Jalan di Semarang Ini Benar-benar Juara

Lokasi Pendopo Agung Trowulan

pendopo agung trowulan
Bagian depan tempat wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pendopo Agung Trowulan dibangun pada tahun 1964 sampai 1973 oleh Kodam-V Brawijaya di Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowula, Kabupaten Mojokerto. Bangunan itu konon berada di lokasi bekas Pendopo Agung Kerajaaan Majapahit pada masa lalu yang merupakan tempat Mahapatih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa.

2. Ada Banyak Hal Menarik di Halaman Pendopo Agung

pendopo agung trowulan
Patung Mahapatih Gajah Mada (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sesaat setelah masuk melalui gerbang, di sebelah kiri terlihat ada cungkup kecil. Di dalamnya terdapat tugu prasasti dan di atasnya ada sebuah patung Mahapatih Gajah Mada yang hanya sebentuk dada sampai kepala. Patung tokoh Patih Gajahmada yang sangat terkenal itu diresmikan oleh Komando Pusat Polisi Militer pada tanggal 22 Juni 1986.

pendopo agung trowulan
Monumen Komitmen Putra Putri Bangsa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di hadapan patung Mahapatih Gajahmada kalian akan menemukan sebuah monumen yang bertuliskan komitmen para tokoh bangsa untuk tetap menjaga keutuhan negara. Pada monumen ini juga terlihat ditandatangani pada 21 Februari 2008 oleh tokoh-tokoh terkenal. Seperti Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada saat itu, Gubernur Jawa Timur, dan beberapa pejabat teras lainnya yang berkuasa pada tahun 2008.

pendopo agung trowulan
Patung Raja Brawijaya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kemudian, tak jauh dari monumen dan prasasti, ada patung yang menggambarkan sosok Raja Brawijaya, penguasa Majapahit. Dengan posisi berdiri tegak yang di atasnya ada sebuah payung kerajaan berwarna keemasan.

3. Desain Bangunan Pendopo yang Indah

lrm_export_20190804_231835_Elm.jpg
Bagian dalam pendopo (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bagian dalam Pendopo Agung Trowulan hampir keseluruhannya terbuat dari kayu, kecuali dasar pilar yang menggunakan umpak batu. Lalu bangunan di belakang pendopo, terdapat deretan relief yang menceritakan sejarah Kerajaan Majapahit. Selain itu, kalian juga akan menemukan nama-nama Panglima Kodam Brawijaya yang dipahat di salah satu bagian dinding.

Lebih ke belakang lagi ada Petilasan Panggung, yang bangunannya berupa joglo kecil dan terpisah dari area Pendopo Agung Trowulan. Petilasan itu merupakan lokasi yang dipercaya sebagai tempat Raden Wijaya melakukan semedi sebelum ia membuka pemukiman di hutan Tarik di tepian Sungai Brantas yang menjadi cikal bakal Kerajaan Majapahit.

4. Terpajang Foto Lawas Situs Trowulan dan Pendopo Agung

lrm_export_20190804_231909_VGF.jpg
Foto situs pada zaman dulu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di dalam bangunan indah ini, kalian bisa melihat beberapa foto lawas terpajang di pojokan-pojokan pendopo. Foto-foto ini terdiri dari beberapa candi yang ditemukan di daerah Trowulan dan ada juga gambaran Pendopo Agung Trowulan ini saat awal pembangunannya dulu.

5. Menjadi Tempat Ngadem Para Pengunjung

lrm_export_20190804_231943_ZcV.jpg
Pengunjung sedang beristirahat di pendopo (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pendopo yang berlantai marmer serta atapnya dari kayu, membuat tempat ini memberikan kesejukan tersendiri bagi para pengunjungnya. Oleh karenanya, pendopo ini kerap kali digunakan para pengunjung untuk bersantai. Biasanya pengunjung yang duduk-duduk di pendopo lebih banyak terlihat pada siang hari.

Jadi, itulah Pendopo Agung Trowulan yang wajib kalian kunjungi di Mojokerto. Selain menyediakan beragam sejarah, tempat ini juga memberikan keteduhan bagi para pengunjungnya. Next

ramadan

5 Hotel Artsy Bergaya Etnik di Solo, Staycation Sepuasnya ala Sultan

Pantai Tamban

Pantai Tamban, Sudut Keindahan Istimewa di Selatan Malang