in ,

Empat Peninggalan Kerajaan di Indonesia yang Dapat Kamu Kunjungi

Wisata Sembari Mengenal Sejarah Indonesia Lewat Tempat Ini

Meskipun Indonesia adalah negara yang mengusung konsep kepemerintahan republik, beberapa daerah masih dipimpin oleh kerajaan. Hal tersebut merupakan peninggalan sejarah nusantara yang masih bertahan hingga saat ini. Karena itu masih terdapat beberapa istana atau keraton yang dapat ditemukan di negara kita. Seperti empat peninggalan kerajaan di Indonesia yang dapat menjadi destinasi wisatamu berikutnya.

Baca juga : Kerlap Kerlip Taman Lampion! Kota Lama Semarang dengan Segala Keindahannya

Keraton Sumenep

Keraton Sumenep via instagram/elysabeth.wijaya

Lokasinya berada di sebelah timur Taman Adipura. Museum sekaligus Keraton Sumenep ini memiliki bangunan tua di sisi kanan jalan untuk menyimpan kereta emas, sebuah hadiah dari Ratu Inggris ke Raja Sumenep. Tempat ini dibangun pada tahun 1762 di masa pemerintahan Tumenggung Arya Nata Kusumo I. Selain itu, tempat ini memiliki Al-Quran yang berukuran raksasa dengan berat 500 kg.

Keraton Kasepuhan

Pengunjung sedang berfoto di bangunan utama Keraton Kasepuhan via instagram/elleyamada

Tempat ini merupakan tempat tinggal para pendiri Cirebon yang berada pada lahan seluas 25 hektar. Keraton Kasepuhan yang masih kental dengan karakter Majapahit yang kuat ini dibangun pada tahun 1529. Di dalamnya kamu dapat menemukan banyak benda pusaka serta tradisi tahunan yang masih dilakukan.

Puri Saren Ubud

Bentuk bangunan yang massih terjaga hingga saat ini via instagram/yst.33

Puri Saren Ubud merupakan istana Kerajaan Ubud yang dibangun oleh Ida Tjokorda Putu Kandel yang memimpun di tahun 1800-1823 sebelum masehi. Lokasinya tak jauh dari wilayah wisata Ubud, Kabupaten Gianyar. Bentuk bangunan khas Pulau Dewata yang terdiri dari gapura dan pendopo-pendopo unik. Kamu juga dapat menemukan pagelaran seni tari di tempat ini.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Bagian muka Keraton Surakarta Hadiningrat via instagram/soloindonesia

Surakarta juga merupakan daerah yang masih memiliki budaya nusantara yang kuat. Di sini kamu dapat menemukan keraton yang menjadi tempat tinggal Raja mulai 17 Februari 1745. Keraton Surakarta Hadiningrat berlokasi tak jauh dari kota, sehingga dapat dengan mudah dijangkau.

Menjadi negara yang masih memegang kuat tradisinya, membuat Indonesia tidak pernah lupa dengan sejarahnya. Tak jarang istana dan keraton tersebut dibuka untuk umum. Dengan begitu kita dapat berwisata sembari mengenal sejarah negara kita kan? Next

ramadan

Empat Kuliner Argentina yang Salah Satunya Mirip Kuliner Indonesia

Es Khas Thailand

5 Es Khas Thailand yang Enak dan Hits Banget, Ada yang Laris di Indonesia