in ,

5 Kuliner Pentol Tanpa Kuah yang Kenikmatannya Susah Ditolak

Pentol Sambal Senayan.
Pentol Sambal Senayan.

Selama ini kuliner bakso identik dengan kuah kaldu yang gurih. Namun, kini ada juga yang disantap tanpa itu, tapi tetap menjanjikan kenikmatan. Dalam satu porsi terdapat beberapa potong pentol lengkap dengan bumbu kecap hingga sambal.  Di mana saja kamu dapat menemukannya? Simak ulasan lebih lengkap di bawah ini.

Baca juga : Icip-icip Kuliner di Pandeglang, Sedapnya Bikin Terngiang

1. Pentol Sambal Senayan

Pentol Sambal Senayan.
Pentol Sambal Senayan. [image source]
Bagi yang suka pedas, pentol ini cocok buat kamu. Ada tiga pilihan sambal berdasarkan rasa dan tingkat kepedasannya. Seperti sambal uleg dengan paduan rawit segar dan manisnya kecap membuat hidangan ini enak. Yang kedua bernama sambal zumba terdiri dari racikan sambal bawang yang menyatu dengan pentol daging, sedap dan lumer di lidah. Dan yang paling pedas adalah sambal joging, asam limaonya semakin menambah kesegaran sambal.

Pentol Sambal Senayan.
Pentol Sambal Senayan. [image source]

2. Pentol Corah

Pentol Corah.
Pentol Corah. [image source]
Ini adalah salah satu kuliner khas Madiun, Jawa Timur dan dikenal dengan kepedasannya. Sudah banyak warung di pinggir jalan yang menjualnya, salah satu yang terkenal adalah Warung Bu Siti di Rejomulyo, Kertoharjo. Di sini pentol disajikan dengan racikan sambal pedas seperti tomat, cabai, bawang, dan merica. Sudah menjadi pemandangan biasa di warung ini ketika menemui banyak gelas minuman bertebaran dan orang-orang yang keringatan karena kepedasan.

Pentol Corah.
Pentol Corah. [image source]

3. Pentol Gila

Pentol Gila.
Pentol Gila. [image source]
Belakangan jajanan ini salah satu yang hits di Surabaya, Jawa Timur. Hampir setiap hari outletnya di lantai 3 Royal Plaza, ramai pengunjung sampai antri berbaris untuk memesannya. Alasan banyak yang suka adalah karena rasanya yang super pedas. Berbahan dasar daging sapi ada beberapa pilihan paket dan level kepedasan di antaranya suro dengan bumbu sate pedas dan pentol isi ranjau, ada pula paket boyo dengan bumbu rujak pedas. Topingnya juga beragam, mulai dari bubuk cabe, katsu, keju, saos sambal, dan sambal gila.

Pentol Gila.
Pentol Gila. [image source]

4. Pentol Setan

Pentol Setan.
Pentol Setan. [image source]
Ada pengalaman mistis di balik nama ini. Si penjual, Yulianto berjualan jajanan ini di seberang are ruko Jalan Alianyang, Kota Pontianak. Tepat di depan pekuburan yang konon tempat itu banyak setannya. Yang dijual adalah pentol bakar berbahan daging ayam dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, saha, serta sedikit jahe serta olesan minyak ketumbar. Meskipun tempatnya angker banyak yang rela antre untuk membeli karena kelezatan rasanya.

Pentol Setan.
Pentol Setan. [image source]

5. Pentol Geprek

Pentol Gepek.
Pentol Geprek. [image source]
Beda dengan pentol lain yang berbentuk bulat, pentol berbahan ikan tongkol ini bentuknya pipih. Bakso yang awalnya bulat dipenyet bersama tahu bakso dengan alat yang dipanaskan sampai menjadi lembaran tipis. Paling nikmat disajikan dengan sambal kental karena terbuat dari kanji dengan bumbu cabe, bawang merah, bawang putih, daun bawang merah, dan petis ikan. Rasanya gurih ikan berpadu dengan rasa tahu. Penjualnya banyak di pesisir Kecamatan Ambuten sekitar 30 menit dari Kota Sumenep, Madura.

Itulah beberapa menu pentol yang terkenal dan jadi buruan pecinta kuliner. Kalau ada di dekat penjualnya, jangan sampai lupa beli ya. Biar penasarannya segera terobati. Next

ramadan

Pria Ini Tak Mampu Bayar Tagihan Hotel, Caranya Kabur Bikin Ngelus Dada

Salah Satu Makanan Ini Pasti Pernah Kamu Bawa Saat Traveling