in , ,

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Mengenal Indahnya Adat Jakarta

Ada salah satu pemeran film Si Doel yang jadi bintang tamunya

Betawi memang tak pernah jauh dari budayanya yang masih diterapkan hingga saat ini. Seperti rumah adat Betawi yang kini masih bisa kita temukan di sudut Jakarta. Nah, sebenarnya Teman Traveler tak hanya bisa melihat kebudayaan Betawi hanya sebatas itu. Kalian bisa mengunjungi yang namanya Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan. Untuk lebih jelasnya, bisa simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Nikmati Indahnya Rammang-rammang, Wisata Maros yang Bikin Terpana

Ada Museum Kebudayaan Betawi

perkampungan budaya betawi
Gerbang Utama UPK PBB Setu Babakan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Salah satu area yang paling menarik di area UPK PBB adalah Museum Kebudayaan Betawi. Di museum ini Teman Traveler akan menjumpai artefak kebudayaan asli Betawi, di antaranya adalah Batik Betawi beserta perlengkapannya, Busana Pengantin Betawi, Instalasi kue dan jajanan tradisional Betawi dan beberapa jejak budaya lainnya.

busana_pengantin_sepeda_ontel_otP.jpg
Baju adat pengantin ala Betawi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Terdapat Golok Raksasa

perkampungan budaya betawi
Golok Sirajut (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Di museum ini terdapat sebuah golok raksasa bernama Golok Sirajut. Golok dengan panjang 450 cm, berat 200 kg ini dibuat sebagai lambang pemersatu dan perajut silaturahmi yang bersamaan dengan berakhirnya Pesta Demokrasi 2019. Golok ini merupakan hasil karya H. Edy Mulyadi & H. Mustafa.

Ada Pergelaran Lenong dan Gambang Kromong Modern

perkampungan budaya betawi
Pencak silat Betawi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tak hanya museum, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini juga menyodorkan berbagai macam pergelaran. Dilaksanakan di area amphiteather, pergelaran yang disajikan berupa tarian Ondel-ondel, Pencak Silat dan juga musik Gambang Kromong. Dari sini para pengunjung diperlihatkan, bahwa Betawi kaya akan kebudayaan.

perkampungan budaya betawi
Gambang Kromong (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Diramaikan oleh Munaroh

emak_munaroh_mengajak_anak_anak_bermain_kuis_RtO.jpg
Munaroh memeriahkan acara (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Teman Traveler tentu masih ingat dengan film asal Betawi berjudul Si Doel Anak Sekolahan bukan? Nah, salah satu pemerannya yaitu Munaroh juga terkadang turut meramaikan pergelaran yang diselenggarakan di sini. Ia hadir sebagai bintang tamu untuk menyanyikan beberapa lagu daerah Betawi. Selain itu, ia juga memberikan pertanyaan kuis kepada para pengunjung yang datang.

Terdapat Rumah Adat Betawi

pelataran_rumah_kabaya_w2N.jpg
Rumah Kebaya (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Di Perkampungan Budaya Betawi, kalian juga bisa menemukan berbagai rumah adat Betawi. Bagi yang belum tahu, Betawi punya tiga jenis rumah adat. Pertama adalah Rumah Joglo yang bentuknya dipengaruhi oleh Suku Jawa.

rumah_panggung_Ifi.jpg
Rumah Panggung (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kemudian ada Rumah Panggung yang biasanya dibangun masyarakat Betawi di daerah pesisir pantai. Lalu ada Rumah Kebaya yang menjadi identitas asli dari Betawi.

Jajanan Tradisional yang Jangan Sampai Terlewat

es_selendang_mayang_PMW.jpg
Es Selendang Mayang (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Perkampungan Budaya Betawi juga menyediakan kuliner khas dari tanah kelahiran Si Pitung ini. Salah satunya adalah Es Selendang Mayang yang kini sangat sulit untuk ditemukan. Es ini sangat cocok sebagai penutup perjalanan kalian selama di area wisata budaya tersebut.

Ketika berkunjung ke sini, akan ada banyak hal yang bisa Teman Traveler temukan. Terutama tentang budaya Betawi yang sangat banyak sekali jenisnya. Mulai dari baju adat hingga kuliner khasnya.

Kalau kalian ingin berkunjung ke sini, datang saja ke Jl. Setu Babakan No.18, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tempat ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun. Next

ramadan

Staffed Craftsmen Motekar, Tempat Hasilkan Ribuan Boneka Setiap Harinya

Nasgor 212, Warung Nasi Goreng dengan Mural Serba Superhero Lokal