in ,

Kuliner Tradisional Jawa Pilihan Menu Natal, Rayakan Suka Cita Berbagi Berkat

Hidangan untuk Natal khas Indonesia

Natal akan segera tiba merayakan suka cita berbagi berkat bersama keluarga dan tersayang. Berkumpul akan semakin lengkap dengan hidangan natal yang menggugah selera. Kuliner tradisional Jawa bisa dijadikan menu pilihan yang khas. Penasaran? Yuk, simak menu natal berikut ini.

Baca juga : The Heritage Palace di Sukoharjo, Bekas Pabrik Gula Jadi Wisata Segala Usia

1. Gerem Asem, Banten

Gerem Asem khas Banten via Instagram tomoyo.rin

Gerem Asem makanan khas Banten ini adalah sajian dengan bahan utama bebek atau ayam. Bumbunya terdiri dari cabai, asam campulak, bawang merah dan gula merah, rasanya unik paduan pedas, asam dan gurih. Sebelum disajikan bebek atau ayam ini akan dibakar. Sangat cocok untuk sajian natal yang menggugah selera bersama keluarga

2. Soto Kuning, Jawa Barat

Soto Kuning khas Jawa Barat via Shutterstock

Sekilas mirip dengan soto betawi tetapi soto kuning berbeda dalam memasak isiannya, lebih dulu direbus lalu dibumbui sehingga akan sangat empuk saat dimakan dan gurih rasanya. Isian terdiri dari daging, empal, limpa, kikil, lidah, babat, otak hingga paru. Warna kuning didapat dari kunyit. Kelezatan dan kehangatannya  menemani kebersamaan bersama keluarga..

3. Selat Solo, Jawa Tengah

Selat Solo khas Jawa Tengah via Shutterstock

Selat Solo merupakan percampuran budaya kuliner Eropa dan Jawa. Selat merupakan kudapan terdiri dari empal khas Jawa, sayuran rebus seperti wortel, buncis, kentang. Kemudian dilengkapi dengan daun selada dan tomat lalu disiram bumbu terbuat dari kecap asin, bawang putih, cuka, asem, pala, merica dan rempah-rempah. Makanan mewah pada jaman dahulu ini cocok sebagai jamuan para tamu saat natal.

4. Lodho Ayam

Lodho ayam khas Jawa Timur via Instagram diyahmaya_

Lodho ayam adalah makanan bersantan ini khas daerah Tulungagung dan Trenggalek, Jawa Timur. Dengan ciri khas pedas dan aroma bakar yang menggugah selera. Biasanya disajikan bersama urap sayur dan nasi uduk. 

Bahan utamanya adalah ayam kampung atau ayam negeri yang sudah dibakar. Kemudian dicampurkan ke dalam tumisan bumbu-bumbu rempah seperti bawang, bawang merah, jahe, kunyit, kencur, serai, daun jeruk serta salam, lengkuas, kemiri, cabai rawit dan tak ketinggalan santannya. Sangat nikmat sebagai pelengkap hidangan saat Natal di rumah Teman Traveler.

Demikian Kuliner tradisional Jawa sebagai pilihan menu Natal, bisa menjadi rekomendasi Teman Traveler dalam menghidangkan sajian di tengah hangatnya keluarga dan orang terkasih.  Next

ramadan
Pantai Sarangan Jogja

Pantai Sarangan, Spot Menikmati Sunset di Jogja

Backyard Kitchen, Resto Nuansa Eropa di Tengah Paris Van Java