in , ,

Pantai Sarangan, Spot Menikmati Sunset di Jogja

Menikmati Hari di Pantai Sarangan Jogja

Pantai Sarangan Jogja
Pantai Sarangan Jogja (c) Dionesia Ika/Travelingyuk

Jogja memiliki deretan pantai indah yang entah ada berapa jumlahnya. Letaknya berdekatan atau hanya dibatasi dengan perbukitan karst kecil, namun pantai-pantai di Gunungkidul diberi julukan berbeda. Sebut saja adalah Pantai Sarangan yang berada di Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Di sinilah spot yang tepat untuk menyaksikan sunset. Mau tahu keindahannya?

Baca juga : 7 Pesona Wisata Kabupaten Gresik, Dijamin Pengen Segera ke Sana!

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

2_Smp.jpg
Seorang warga sedang mencari kerang(c) Dionesia Ika/Travelingyuk

Jika ingin berkunjung ke Pantai Sarangan datanglah sore hari ketika air laut surut. Di waktu tersebut kita bisa berjumpa dengan warga sekitar yang berpencar di tepian pantai mencari kerang ataupun hewan laut kecil lainnya untuk dijual.

Stuktur bebatuan karang yang dimiliki pantai ini akan terlihat ketika air surut, sehingga kita harus berhati-hati jika sedang bermain di pantai. Suara deburan ombak yang menggelegar khas pantai Selatan, disertai hempasan angin laut yang sejuk juga akan menjadi suguhan istimewa saat kita berada di kawasan pantai.

Pantai Sarangan Jogja
Bebatuan karang yang tampak saat air laut surut (c) Dionesia Ika/Travelingyuk

Panorama Sunset di Puncak Giri

3_VC8.jpg
Suasana sunset di Puncak Giri (c) Dionesia Ika/Travelingyuk

Menjelang terbenamnya matahari, kita beranjak menyusuri jalur con-block, Bukit Sarangan, yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Sarangan. Kita harus berjalan menanjak menuju puncak Bukit Sarangan yang diberi nama Puncak Giri. Dari atas puncak bukit, mata seketika terhipnotis oleh panorama jingga, serta pertunjukkan tebenamnya sang surya. 

Barisan pantai, mulai dari Pantai Krakal hingga Pantai Sundak yang terlihat seperti gugusan tebing-tebing seolah menjadi satu  frame yang ‘apik’. Tidak heran suasana di Puncak Giri sangat ramai, terutama ketika waktu sunrise dan sunset. Seluruh pengunjung seolah berlomba-lomba ingin mengabadikan moment terbaiknya di sini.

4_7ki.jpg
Gugusan tebing-tebing pantai (c) Dionesia Ika/Travelingyuk

Fasilitas Memadai

Jika lelah atau merasa lapar setelah bermain di pantai, kita bisa singgah di warung-warung yang berjajar di pinggir-pinggir pantai. Aneka hidangan laut atau beragam menu makanan lainnyabisa kita nikmati disini. Fasilitas lainnya seperti WC umum, tempat beribadah, tempat parkir, sampai tempat menginap juga disudah dikelola dengan baik di Pantai Sarangan.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati malam di kawasan pantai bersama teman-teman, di kawasan pantai juga disediakan area camping. Namun
yang perlu diingat, kita tidak boleh merusak alam sekitar atau membuang sampah sembarangan, karena akan mengurangi keindahan pantai.

Akses Menuju Pantai

Pantai Sarangan Jogja
Seorang pengunjung yang sedang menikmati momen sunset (c) Dionesia Ika/Travelingyuk

Untuk menuju Pantai Sarangan, pengunjung harus menempuh sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Jogja. Jalan yang dilewati pun mudah karena sudah mulus beraspal. Memasuki
kawasan pantai, kita akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5.000an per orang serta biaya parkir.

Bila Teman Traveler berencana keliling destinasi di Jogja, Pantai Sarangan harus masuk ke dalam agenda, ya. Jadi, kapan berencana liburan lagi? Next

ramadan
Salah satu sudut Sinio Malang

Sinio Malang, Angkringan Kekinian Gaya Instagenic

Kuliner Tradisional Jawa Pilihan Menu Natal, Rayakan Suka Cita Berbagi Berkat