in ,

“Aku Melihat Indonesia”, Puisi Bung Karno yang Berisi Destinasi Wisata di Indonesia

Melalui Puisi Berjudul Aku Melihat Indonesia, Bung Karno Mengagumi Keindahan Nusantara

Jauh sebelum destinasi liburan Indonesia melejit seperti saat ini, Presiden Soekarno telah melihat potensi pariwisata Indonesia. Meskipun saat itu aksesnya masih belum semudah sekarang, Presiden pertama Indonesia ini telah mengagumi beberapa tempat-tempat indah di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat melalui puisi Aku Melihat Indonesia yang dibuat oleh Soekarno. Terdapat lima lokasi yang disebutkan beliau dalam puisinya. Apa saja, ya?

Baca juga : Taman Soekasada Ujung, Bangunan Megah Bergaya Eropa–Bali di Karangasem

1. Pantai Ngliyep

Wisatawan sedang berfoto dengan latar belakang laut lepas via instagram/jelajahmalang_tour

Pantai Ngliyep berada di Kabupaten Malang, tepatnya berada di pesisir selatan Pulau Jawa. Lokasinya menghadap ke Samudra Hindia, tepat seperti apa yang dituliskan dalam puisi Aku Melihat Indonesia. Pasirnya cukup bersih, namun pantai ini memiliki ombak yang sangat besar.

2. Gunung Semeru

Ranu Kumbolo yang luar biasa indah via instagram/anjar__________

Gunung Semeru juga turut disebut dalam puisi Aku Melihat Indonesia. Sebagai puncak tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru seringkali menjadi destinasi para pecinta alam untuk melakukan pendakian. Tak hanya puncak Mahameru yang menjadi tujuan pendaki, namun juga keindahan Ranu Kumbolo.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu, kawah terbesar yang ada di Gunung Tangkuban Perahu via instagram/ria_siahaan

Hingga sekarang, Gunung Tangkuban Perahu masih memiliki status aktif. Gunung ini juga pernah beberapa kali meletus, karenanya terdapat tiga kawah. Di antaranya adalah Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu. Kawah Ratu sendiri merupakan yang terbesar dari ketiganya.

4. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl via instagram/dagelan

Gunung Merbabu terbagi dalam tiga kabupaten yaitu, Magelang, Boyolali, dan Semarang. Dataran tinggi bertipe Strato ini memiliki ketinggian mencapai 3.145 mdpl. Untuk mencapai puncaknya terdapat lima jalur pendakian yaitu Jalur Selo, Jalur Suwanting, Jalur Kopeng Cunthel, Jalur Wekas, dan Jalur Kopeng Thekelan.

5. Gunung Merapi

Wisatawan berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi via instagram/merapi_news

Gunung Merapi pernah meletus dahsyat pada tahun 2006 dan 2010. Karena kejadian tersebut, kawasan disekitarnya luluh lantak. Saat ini sisa-sisa erupsi dan bencana ini dikemas menjadi beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Di dalamnya juga terdapat perjalanan Merapi dari tahun ke tahun.

Jauh sebelum Indonesia semaju saat ini, Presiden Soekarno telah melihat potensi wisata Indonesia. Terbukti dari adanya beberapa lokasi yang telah disebutkan di dalam puisi “Aku Melihat Indonesia” yang dibuatnya. Next

ramadan

Es Krim Tradisional di Dunia dengan Rasa Spesial, Sudah Coba yang Mana?

Jangan Takut Snorkeling Meski Tak Bisa Berenang, Ini Tipsnya