in ,

Mencicipi Ragusa Es Italia Jakarta, Seakan Masuk Lorong Waktu 1930-an

Ragusa Es Italia yang Melegenda di Ibu Kota

Ragusa Es Italia
Ragusa Es Italia

Es krim merupakan salah satu kudapan lezat, terutama saat cuaca sedang terik. Olahan berbahan dasar susu ini ternyata sudah ada di Indonesia sejak berpuluh-puluh, hingga mungkin ratusan tahun lalu. Terbukti dengan kehadiran sederet kedai ek krim klasik di beberapa wilayah Nusantara.

Baca juga : 10 Tips Wisata Bareng Hewan Peliharaan, Pet Lovers Wajib Masuk

Jika sedang berada di Jakarta, ada sebuah lokasi yang sudah menyuguhkan es krim enak nan nikmat sejak sebelum Indonesia merdeka. Masih mempertahankan nuansa klasik hingga kini, tempat yang dimaksud adalah Ragusa Es Italia.

Sejarah Keberadaan Ragusa Es Italia

Ragusa Es Italia yang memesona, via Instagram/imaghinasi
Ragusa Es Italia yang memesona, via Instagram/imaghinasi

Ragusa Es Italia didirikan dua orang berkebangsaan Italia, Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Mereka datang ke Batavia sekitar 1930-an untuk belajar menjahit.

Dalam satu kesempatan, keduanya berjalan-jalan ke Bandung dan bertemu seorang wanita Eropa pemilik peternakan sapi. Luigie dan Vincenzo lantas mendapat hadiah susu sapi dari wanita tersebut. Pemberian ini lantas menginsipirasi keduanya untuk membuat es krim.

Nongkrong di tempat klasik via Instagram/heytheresia
Nongkrong di tempat klasik via Instagram/heytheresia

Tak dinyana, es krim bikinan duo Ragusa banyak digemari. Dibantu tiga saudara laki-laki lainnya, mereka membangun toko es krim Ragusa pertama di Jl Pos. Pada 1932, keduanya mulai menjual es krim di Pasar Gambir dengan bantuan beberapa sanak famili.

Singkat cerita, usaha es krim ini lantas diserahkan pada adik dari istri Francesco Ragusa bernama Butoro Kurniawan. Bersama istrinya, Sias Mawarni, Butoro mulai mengambilalih Ragusa Es Krim Italia sejak 1970-an.

Rahasia Kenikmatan Menu Ragusa Es Italia

Begitu menggiurkan, via Instagram/sukajajan.co.id
Begitu menggiurkan, via Instagram/sukajajan.co.id

Untuk mendapatkan rasa es krim yang nikmat, Ragusa menggunakan susu sapi Australia. Bahan baku lainnya dipilih yang benar-benar berkualitas, sehingga citarasanya tetap terjaga meski resepnya tak berubah sejak puluhan tahun lalu.

Toko es krim ini juga menawarkan suasana klasik. Masuk di dalamnya, kita bagaikan berada di era 70an. Pengelola Ragusa pun menyadari hal tersebut. Ia tak ingin mengubah desain kedainya dan kekeuh mempertahankan nuansa tradisional ala Italia.

Pilihan Menu Beragam

Lokasi yang begitu klasik, via Instagram/adon_gordon
Lokasi yang begitu klasik, via Instagram/adon_gordon

Buat Teman Traveler yang ingin mencicipi es krim di Jakarta ini, secara garis besar ada empat jenis yang ditawarkan. Kalian bisa memilih antara Regular Flavored, Premium Flavored, Mixed Flavored, atau Fancy Flavored.

Dari empat jenis tersebut, masing-masing memiliki varian rasa es krim berbeda. Dijamin akan bingung memilih karena semuanya bakalan terlihat menggiurkan. Jika sulit memutuskan, kalian bisa meminta rekomendasi dari pegawai Ragusa.

Ragusa Es Italia yang Melegenda

Jadi jujukan kala ke Jakarta, via Instagram/kenyangyogya
Jadi jujukan kala ke Jakarta, via Instagram/kenyangyogya

Es Krim Ragusa dulunya memiliki sekitar 20 outlet. Namun seiring berjalannya waktu, hanya ada satu yang bertahan hingga kini. Lokasinya berada di Jl. Veteran I No.10, RT.4/RW.2, Gambir, Jakarta Pusat. Mereka buka mulai pukul 10:00 hingga 22:00 WIB. Harganya berkisar antara Rp15.000 hingga Rp35.000.

Jalan-jalan ke ibu kota tentu ada banyak tempat yang wajib disambangi. Tapi jangan lupa memasukkan Ragusa Es Italia dalam daftar kunjungan Teman Traveler. Dirintis sejak 1930-an, kalian akan seakan dibawa ke lorong waktu zaman dahulu saat berkunjung ke sini. Next

ramadan
Siomay dengan ukuran jumbo

Sanggup Habisin? Kedai Jogja Ini Suguhkan Siomay Seberat Satu Kilo!

Desa Adat Takpala

Melihat Kehidupan Suku Abui di Desa Adat Takpala