in ,

Rendang Tak Cuma Sapi, Ini Pilihannya yang Enak Sekali

Rendang.
Rendang.

Kuliner khas Minangkabau ini telah banyak dikenal masyarakat karena rasanya. Beberapa waktu lalu rendang bahkan dinobatkan sebagai kuliner terlezat di dunia versi CNN. Selama ini banyak yang mengenal rendang berbahan daging sapi. Namun tahukah kamu kalau sebenarnya masih ada beberapa olahan rendang lain. Simak ulasannya.

Baca juga : Menanti Fajar di Romangtangayya, Liburan Anti Mainstream di Kota Daeng.

1. Rendang Ayam

Rendang Ayam.
Rendang Ayam. [image source]
Dibuat dengan bahan rendang seperti pada umumnya. Rasa gurih didapat dari santan, serai, hingga kelapa parut sangrai. Daging ayam lalu dimasak dengan bumbu tersebut dengan api kecil agar rasanya lebih meresap dan agak kering. Menu ini mudah ditemukan di rumah-rumah makan Minangkabau.

Rendang Ayam.
Rendang Ayam. [image source]

2. Rendang Bebek

Rendang bebek.
Rendang bebek. [image source]
Sama saja dengan rendang ayam. Daging bebek direbus terlebih dahulu sebelum dicampurkan dan dimasak kembali dengan bumbu. Kalau ingin merasakan daging bebek yang nikmat kamu bisa datang di rumah makan legendaris Haji Munir di Jalan Jenderal Sudirman, Tambaksari, Jambi. Di sana disuguhkan rendang yang dimasak menggunakan resep asli sejak 1950an menggunakan 27 jenis bumbu rahasia.

Rendang bebek.
Rendang bebek. [image source]

3. Rendang Maco

Rendang Maco.
Rendang Maco. [image source]
Konon makan rendang bisa menyebabkan kolestrol atau tingginya lemak dalam darah. Namun kamu tidak perlu khawatir karena masih bisa mencoba rendang maco. Bahan utamanya adalah sejenis ikan asin sebagai pengganti daging. Ikan ini dimasak dengan dimasukkan dalam racikan bumbu ketika santan pekat mulai berubah menjadi kental dan menghitam. Harganya pun lebih murah. Kamu bisa menikmatinya di rumah-rumah makan Minangkabau di daerah Sumatera.

rendang maco.
rendang maco. [image source]

4. Rendang Lokan

Rendang Lokan.
Rendang Lokan. [image source]
Rendang ini menyehatkan karena tidak mengandung banyak lemak seperti daging sapi. Lokan adalah sejenis kerang yang banyak ditemui di sungai wilayah Padang, Sumatera Barat. Hewan ini juga mengandung banyak protein yang mudah diserap mudah. Cara memasaknya sama dengan rendang Maco dengan cara dimasukkan ke dalam bumbu yang sudah matang. Menu ini mudah ditemui di rumah-rumah makan Padang.

Rendang Lokan.
Rendang Lokan. [image source]

5. Rendang Pakis

Rendang Pakis.
Rendang Pakis. [image source]
Pakis adalah sayur-sayuran yang banyak tumbuh di Kota Padang. Sayur ini enak dibuat rendang dan menyehatkan karena mengandung anti oksidan tinggi yang dapat menetralisir racun bahaya radikal bebas. Cara memasaknya pakis dimasukkan setelah semua bumbu dan semua bahan matang.

Rendang Pakis.
Rendang Pakis. [image source]
Itulah beberapa pilihan rendang selain yang dibuat dari daging sapi. Karena dibuat dengan resep warisan turun-temurun, maka rasanya pun tidak akan mudah dilupakan. Kamu sudah pernah coba yang mana? Next

ramadan

Pantai Bwanna, Lukisan ‘Surga’ di Tanah Sumba

Operasi Plastik

3 Wanita ini Ditolak Bandara, Alasannya Bikin Kamu Ngakak