in ,

Rumah Makan Khas Rarang di Lombok, Berusia Setengah Abad Lamanya

Rumah Makan Khas Rarang Sajikan Menu Ikonik Lombok

via Instagram/makangiler
via Instagram/makangiler

Ayam taliwang dikenal sebagai salah satu kuliner khas Lombok yang wajib coba. Ternyata, Lombok juga memiliki menu lainnya yang bernama Ayam Rarang. Merupakan olahan ayam kampung yang diberi lumpuran cabai rawit dan cabai keriting, sehingga rasanya dominan pedas. Sekilas terlihat seperti olahan ayam balado, namun beda. Salah satu tempat untuk mencari kuliner ini adalah Rumah Makan Khas Rarang. Tempat makan ini ternyata sudah begitu melegenda di Lombok.

Baca juga : Sendang Asmoro, Wisata di Tuban yang Indahnya Kebangetan

Telah Ada Sejak 50 Tahun yang Lalu

Ayam rarang yang nikmat, via Instagram/weelovefood
Ayam rarang yang nikmat, via Instagram/weelovefood

Rarang merupakan nama salah satu desa di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Di sinilah awal munculnya ayam rarang yang sangat melegenda dan menjadi salah satu kuliner ikon di Lombok. Rumah Makan Rarang adalah salah satu yang setia menyuguhkan menu satu ini. Bahkan, keberadaaanya sudah 50 tahun lamanya. Sudah turun temurun sampai empat generasi berbeda, dengan resep yang tetap terjaga. Sehingga citarasa tidak berubah sama sekali.

Rahasia Kelezatan Ayam Rarang

Ayam rarang dan suguhan kuliner lainnya, via Instagram/sukalombok
Ayam rarang dan suguhan kuliner lainnya, via Instagram/sukalombok

Dibandingkan dengan ayam taliwang, ayam rarang terlihat lebih berkuah. Ayam rarang memang terlihat pedas, namun tidak sepedas kelihatannya. Ternyata, salah satu rahasia utamanya adalah penggunaan cabai kering atau yang di Lombo dinamakan dengan sebiye gero. Selain itu, cabai kering ini juga menjadi bahan pengawet alami.

Menu khas wajib dicoba, via Instagram/makangiler
Menu khas wajib dicoba, via Instagram/makangiler

Bahan-bahan pembuatnya adalah trasi, cabai rawit, cabe merah kering, plus bumbu dan bahan rempah lainnya. Haluskan semua bahan-bahan dengan diuleg sampai halus. Lalu tumis sampai harum. Di tempat ini, orang yang mengolah adalah penerus langsung sehingga rasanya tetap terjaga. Selain itu, kelezatannya juga bersumber pada saat mulai masak. Ayam kampung dibakar dengan menggunakan kayu bakar dimasak di atas tungku.

Lokasi Rumah Makan Ayam Rarang

Rumah Makan Khas Rarang, via Instagram/jajelombok
Rumah Makan Khas Rarang, via Instagram/jajelombok

Tempat makan satu ini berlokasi di Desa Rarang, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. tepatnya beradad di amping SPBU Rarang. Di sini para tamu bisa makan sambil lesehan, parkirnya juga luas. Kamu akan betah lama-lama di sini karena sajiannya begitu istimwa. Sementara itu buat kamu yang ingin mencicipi kuliner yang legendaris di Lombok ini, harganya cukup terkangkau. Satu porsi ayam rarang dipatok Rp35.000.

Bikin air liur mengucur, via Instagram/dickykuliner
Bikin air liur mengucur, via Instagram/dickykuliner

Jika selama ini yang kamu ketahui kuliner Lombok hanya ayam taliwang saja, tempat makan ini juga perlu untuk dicoba ya. Menu ayam rarang yang memiliki sensasi pedas bikin nafsu makan jadi beringas. Gimana, apakah kamu mau coba? Next

ramadan

Taman Bunga Celosia di Sekitar Jogja, Pilihan Tepat Liburan Tahun Baru yang Manis

Festival Bakar Ikan Gratis di Pantai Ngliyep, Sebanyak 700 Kg Disiapkan untuk Pesta Tahun Baru 2019