in , ,

Rumah Makan Pawon Cikunir, Manjakan Lidah dengan Gurihnya Sajian Sunda

Asyiknya Bersantap Bersama Keluarga di Rumah Makan Pawon Cikunir

Rumah Makan Pawor Cikunir
Rumah Makan Pawor Cikunir (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Berada di sisi timur Jawa Barat, Tasikmalaya tak hanya dikenal dengan wisata alamnya yang eksotis, namun juga surga kulinernya yang menggoda. Diselimuti udara dingin, Kota Santri memiliki banyak rumah makan maupun saung khas Sunda dengan menu andalan sajian pedesaan bercita rasa lezat dan gurih. Salah satunya bisa mampir ke Rumah Makan Pawon Cikunir.

Baca juga : 8 Kuliner Nasi Goreng Enak di Medan

Rumah makan Pawon Cikunir (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang datang ke Tasikmalaya, jangan lewatkan kesempatan mencicipi kelezatan masakan khas Sunda yang disajikan segar. Sembari bersantap, nikmati juga asrinya suasana sekitar dengan beristirahat nyaman di sini. Yuk, lihat lebih dekat.

Tawarkan Suasana Pedesaan yang Tenang

Saung yang berada di pinggir kolam (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Berlokasi di Jalan Raya Singaparna KM 9, Tasikmalaya, rumah makan ini menjadi salah satu tujuan kuliner favorit di Kota Santri. Tempatnya yang cukup strategis, berada di lintasan utama jalan provinsi, membuat pengunjung bisa dengan mudah menemukan resto bernuansa bambu ini.

Kesan pertama yang saya rasakan saat memasuki Pawon Cikunir adalah suasana pedesaan yang tenang. Deretan gazebo terlihat bersih dan nyaman, didirikan di atas kolam ikan. Bagi Teman Traveler yang ingin melepas penat sejenak sembari mengisi perut, tempat ini sangat cocok disinggahi.

Lezatnya Menu Khas Sunda

Menu masakan khas Sunda (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Rumah Makan Pawon Cikunir menyediakan beragam menu masakan Sunda, yang terkenal bercita rasa gurih. Teman Traveler bisa memesan aneka sajian lezat seperti Gurame Gombyang, Ikan Bakar, Gurame Cobek, Bakar Ayam, Pepes Ikan/Ayam, oseng kakung, pencok kacang, hingga berbagai lalapan, lengkap dengan sambalnya.

Sementara untuk urusan harga, Teman Traveler cukup mengeluarkan biaya mulai dari Rp100.000 hingga Rp 400.000 untuk sekali makan. Budget segitu sudah lebih dari cukup untuk makan bersama empat hingga delapan orang anggota keluarga.

Terapi Ikan di Kolam

Terapi kolam ikan (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Selain suasana tenang ala pedesaan dan lezatnya sajian khas Sunda, Teman Traveler juga bisa menikmati terapi kolam ikan di Pawon Cikunir. Sembari menunggu pesanan atau duduk sejenak usai mengisi perut, kalian bisa memasukan kedua kaki ke dalam kolam. Dalam sekejap, ikan-ikan akan segera berkumpul, melakukan gigitan kecil dan memberikan efek fisioterapi pada tubuh.

Tempat Kumpul Keluarga

Berkumpul bersama keluarga (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Pada hari-hari biasa, Pawon Cikunir cukup tenang karena tidak terlalu dipadati pengunjung. Lain cerita jika sudah memasuki Ramadan. Resto ini sering dipilih untuk menggelar buka bersama maupun reuni pasca Idul Fitri. Momen ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai ajang kumpul keluarga dan mempererat hubungan emosional.

Ramah Anak

Pengunjung cilik menikmati terapi ikan (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang datang bersama anak-anak, Pawon Cikunir sangat bersahabat bagi si kecil. Kolam ikan yang berada tepat dibawah gazebo, selain bisa digunakan untuk terapi juga bisa jadi sarana hiburan mengasyikkan untuk buah hati. Sembari mengenalkan ikan, orang tua bisa mengajarkan anak memberi makan ikan secara mandiri. 

Pintu masuk rumah makan (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Mengusung konsep pedesaan dan menyajikan masakan khas Sunda yang tak perlu diragukan kelezatannya, Rumah Makan Pawon Cikunir sangat recommended untuk disinggahi di Tasikmalaya. Sembari melemaskan otot kaki dan memulihkan energi usai terkuras sepanjang perjalanan, Teman Traveler bisa mendapatkan pengalaman mengesankan selama berada di sini. Next

ramadan

Menu Kopi Rasa Unik, Coba Cicipi Sensasi Pisang Sampai Asinnya Garam

4 Villa Instagenic di Lembang yang Murah dan Cocok Untuk Rombongan