in , ,

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu, Ada Air Sumur yang Bisa Bikin Awet Muda

Ada banyak barang peninggalan Bung Karno yang masih utuh nih

Bengkulu memang mempunyai banyak tempat wisata di dalamnya. Tapi, banyak yang belum tahu kalau di sini juga ada tempat wisata penuh sejarah. Adalah Rumah Pengasingan Bung Karno yang ternyata punya banyak hal menakjubkan. Untuk lebih lengkapnya, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : Menikmati Mie dan Nasi Goreng Teratai di Lembah Tumpang Malang, Enaknya Mantap!

Rumah dengan Pemandangan Asri

rumah pengasingan bung karno
Bagian depan rumah pengasingan (c) Taufiq Fadhilah/Travelingyuk

Rumah yang ditempati Bung Karno pada tahun 1938-1942 ini berdiri di atas lahan seluas 40.434 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 9 x 18,5 meter. Oleh karenanya, rumah ini memiliki halaman yang luas dengan taman hijau serta dipenuhi bunga-bunga. Teman Traveler akan betah berlama-lama di sini, karena selain belajar banyak, juga disuguhkan pemandangan yang asri.

Lokasi dan Harga Tiket

rumah pengasingan bung karno
Papan pengumuman harga (c) Taufiq Fadhilah/Travelingyuk

Rumah bersejarah satu ini berada di pusat Kota Bengkulu tepatnya berada di Jalan Soekarno Hatta No. 2, RT. 05 / RW 02, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu.

Adapun harga tiket untuk Teman Traveler yang hendak berwisata ke tempat ini sangat terjangkau, yaitu Rp3.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp2.000 untuk pengunjung anak-anak.

Selain sebagai tempat wisata, lokasi ini juga sering dijadikan tempat pengambilan gambar pre-wedding. Nah, untuk kegiatan ini, Teman Traveler bisa membayar Rp150.000.

Ada Banyak Barang-barang Peninggalan

3_taufiq_fadhilah_G2J.jpg
Barang-barang peninggalan (c) Taufiq Fadhilah/Travelingyuk

Di rumah bersejarah ini, Teman Traveler akan banyak menemukan barang-barang kuno. Seperti kursi yang digunakan Bung Karno untuk menerima tamu, sepeda ontel, kamar yang dilengkapi meja rias dan tempat tidur, Seragam grup tonil Monte Carlo yang diasuh oleh Bung Karno hingga buku-buku dengan bahasa Belanda yang berada di ruang kerja.

Ada Sumur Awet Muda

4_taufiq_fadhilah_mVa.jpg
Sumur dengan mitos awet muda (c) Taufiq Fadhilah/Travelingyuk

Hal lain yang menarik dari rumah pengasingan Bung Karno ini adalah adanya sumur yang berada persis di belakang rumahnya. Nah, sumur tua ini memiliki mitos tersendiri berupa siapa saja yang berwudhu menggunakan air dari sumur ini akan awet muda.

Selain itu, mitos lainnya adalah jika ada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan kemudian minum dari air sumur ini akan segera
mempunyai anak. Namun, itu semua tergantung kepercayaan masing-masing orang.

Itulah sekilas info mengenai rumah pengasingan Bung Karno yang ada di Bengkulu. Bagi kalian yang berkunjung ke kota ini, silakan mampir ke rumah bersejarah ini. Pasalnya, banyak hal menarik yang bisa Teman Traveler temukan di sini. Next

ramadan

Tn. Crab Raja Kremes, Sediakan Seafood Hingga Penyetan dengan Harga Ramah Kantong

Suasana Thailand di Tengah Dilema Virus Corona