in ,

Tak Hanya Matah, Ini Sambal Khas Bali yang Bikin Lidah Bergoyang

Sambal Khas Bali

Sambal Khas Bali
Sambal Khas Bali

Pecinta kuliner pasti tak asing lagi dengan sambal matah. Salah satu makanan khas Bali yang kini tengah difavoritkan. Menariknya, banyak kuliner kekinian yang menggunakan sambal ini sebagai pendamping. Di balik kepopuleran matah, ternyata ada sambal khas Bali lainnya yang tak kalah menggoda. Apa saja?

Baca juga : Empat Es Lezat yang Wajib Dijadikan Menu Buka Puasa, Mana Favoritmu?

1. Sambal Embe

Sambal Embe di Bali
Sambal Embe di Bali via instagram/@uulalahsambal

Nama sambal ini tak sepopuler Matah. Namun, cita rasanya tak kalah bikin ketagihan. Sambal embe ini terbuat dari rajangan bawang merah dan bawang putih yang digoreng setengah matang. Cabai yang digunakan juga digoreng dan haluskan. Setelah halus, baru dicampur dengan bawang goreng. Rasanya pedas mantap. Biasanya, sambal embe disajikan dengan nasi putih hangat, ikan goreng, dan sayur cah kangkung. Menariknya, ada loh sambal embe yang dijual dalam kemasan botol kecil.

Sambal Embe
Sambal Embe via instagram/@uulalahsambal

2. Sambal Nyuh

Sambal Nyuh Bali
Sambal Nyuh Bali via instagram/@dewaputunova

Kawasan Bali bagian barat memang menakjubkan. Apalagi keeksotisan pantainya yang masih belum terjamah banyak wisatawan. Tak hanya keindahan alam, kamu juga bisa menemukan kuliner nendang yang bakalan menggoyang lidah. Salah satunya sambal nyuh yang terbuat dari kelapa bakar dan sereh. Nah, sambal ini paling mantap disajikan dengan aneka sayuran rebus. Seperti timun, wortel, daun semanggi, bayam dan labu siam.

Sambal Nyuh
Sambal Nyuh via instagram/@sadasiva14

3. Sambal Sere Tabia

Sambal Sere Tabia Bali
Sambal Sere Tabia Bali via instagram/@nanere_mrb

Nah, sambal khas Bali ini tidak terbuat dari bahan rumit. Pilihan bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan, bahkan di dapur sendiri. Yap, sambal sere tabia ini terbuat dari cabai merah, terasi dan garam. Penyajian sambal ini biasa dicampur dengan bawang goreng dan bumbu dasar urap. Cita rasanya makin mantab jika disantap dengan nasi hangat.

Sambal Sere Tabia
Sambal Sere Tabia via instagram/@nanere_mrb

4. Sambal Rajang

Sambal Rajang Bali
Sambal Rajang Bali via instagram/@blidanbluh

Bagi lidah orang Indonesia, menyantap makan terasa kurang jika tidak ditemani sambal. Selain matah, ada satu lagi sambal istimewa dari Pulau Dewata. Namanya sambal rajang yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, lombok besar, kencur, jahe dan laos. Nah, bahan-bahan ini lah yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit. Seperti sambal embe, ada juga sambal rajang yang dijual dalam kemasan botol kecil.

Sambal Rajang
Sambal Rajang via instagram/@jktfoodbang

Itulah empat sambal khas Bali selain matah yang bikin lidah tak berhenti bergoyang. Nah, mana nih yang ingin kamu coba? Next

ramadan

Tips Agar Foto Jalan-Jalan Buat Instagrammu Cool Abis

Via Instagram nadinelist

Pantai Sire, Nirwana Tersembunyi di Lombok yang Jadi Lokasi Resepsi Dimas-Nadine