in ,

Tempat Sate di Lombok, Jangan Lupa Cicipi Jika Sedang Berkunjung

Sate di Lombok dan Juga Tempatnya yang BIsa Jadi Rekomendasi

Sate di lombok
Sate di lombok

Lombok memang memiliki alam yang begitu cantik, tidak ada orang yang menampiknya. Kulinernya juga mampu menggoyang lidah para pengunjung, misalnya saja sate. Di Lombok, ada beberapa lokasi sate yang bisa banget dijadikan jujukan ketika lapar mendera. Jenis-jenis sate ini mungkin juga belum kamu ketahui sebelumnya. Yuk kita kenali jenis-jenis sate di lombok dan lokasi menyantapnya.

Baca juga : Menelusuri Keping-Keping Sejarah di Kota Lama Semarang

Sate Bulayak di Sate Bulayak Suranadi

Sate bulayak, via Instagram/vanchan_diaries
Sate bulayak, via Instagram/vanchan_diaries

Sate di Lombok yang bisa dicoba pertama adalah sate bulayak yang terbuat dari daging ayam atau sapi. Tidak jarang, kuliner ini dicampur dengan jeroan. Daging dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan memanfaatkan lidi pohon aren. Bumbunya adalah perpaduan antara kacang tanah, santan dan yang lainnya. Nah, sebelum dibakar, daging ini diberi bumbu terlebih dahulu.

Bisanya sate bulayak ini disajikan degan lontong yang dibalut dengan daun aren. Menu ini banyak didapati di Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Sate Bulayak Suranadi. Tempatnya berada di Suranadi, Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Sate Tanjung di Sate Ikan Tanjur di Pasar Tanjung

Sate ikan tanjung, via Instagram/williammasura
Sate ikan tanjung, via Instagram/williammasura

Sate di Lombok lainnya ada sate tanjung yang terbuat dari ikan cakalang ataupun langoan. Kuliner ini merupakan khas dari Lombok Utara yang merupakan kawasan pesisir, maka dari itulah banyak dihasilkan olahan ikan. Daging ikan dihaluskan kemudian diberi bumbu berupa rempah-rempah kemudian dibakar. Citarasanya pedas gurih meskipun tidak ditambah apa-apa. Buat kamu yang ingin mencicipinya, banyak bertebaran di Pasar Tanjung ataupun juga Terminal Tanjung.

Sate Rembiga-Warung Sate Rembiga Utama Ririn

Sate rembiga, via Instagram/dapur_bu_mami
Sate rembiga, via Instagram/dapur_bu_mami

Dinamakan sate rembiga lantaran berasal dari daerah Rembiga. Ini merupakan sate khas Lombok yang memiliki bahan utama daing sapi. Proses pembuatan sate ini cukup unik dan memakan waktu. Daging sapi dimarinasi terlebih dahulu beberapa waktu kemudian ditusuk dan dibakar. Citarasanya pedas ada manis-manisnya.

Biasanya, sate rembiga ini dipadu dengan lontong dan juga plecing kangkung yang tak kalah pedasnya. Untuk menyantap sate rembiga, kamu bisa berkunjung ke Warung Sate Rembiga Utama Bu Ririn. Alamatnya berada di Jl. Dr. Wahidin No. 5, Rembiga, Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Sate Pusut di Rumah Makan Suranadi

Sate pusut, via Instagram/sajiansedap
Sate pusut, via Instagram/sajiansedap

Kemudian ada kuliner ikan pusut yang terbuat dari bahan dasar daging sapi ataupun ikan laut. Jenis-jenis daging ini diberi bumbu parutan bubu dan ragam rempah yang beragam. Sekilas, sate pusut ini mirip dengan sate lilit. Biasanya juga disajikan dengan ayam taliwang, plecing dan urap. Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi adalah Rumah Makan Suranadi yang ada di Jl. Taman Wisata No. 7, Kecamatan Narmada.

Banyak kuliner khas Lombok untuk dicicipi. Jangan lupa untuk memasukkan empat daftar di atas sebagai menu yang wajib untuk dicoba ya. Jangan sampai menyesal! Next

ramadan
Agenda Liburan di Sekian Club&Resto Bali

Rencanakan Agenda Malam Tahun Baru di Bali, Mulai dari Makan Malam sampai Nonton Khalid

Tempat menginap di dekat Pantai Kuta Lombok

Tempat Menginap Dekat Pantai Kuta Mandalika, Kisaran 200 Ribu Sudah Bisa Nikmati Indahnya Lombok