in ,

5 Sawah Terindah di Indonesia, Nomor 5 Seperti di Negeri Dongeng!

Menikmati pemandangan sawah-sawah terbaik Nusantara

Tanggal 16 Oktober diperingati sebagai hari pangan sedunia. Hal itu mengingatkan kita akan impian Indonesia untuk menjadi lumbung padi dunia di tahun 2045. Nah, tidak hanya menjadi lumbung padi, banyak sawah juga didesain menjadi objek wisata yang cantik, loh! Berikut 5 sawah terindah di Indonesia yang bikin Teman Traveler gatal untuk singgah.

Baca juga : Hippusuta Solo, Coffe Shop Unik Bergaya Bohemian

1. Desa Wisata Kemutul, Semarang

Image may contain: sky, grass, outdoor and nature
Pemandangan di Kemutul via Instagram/hs_nandika

Kawasan ini terletak di Semarang, Jawa Tengah. Meskipun baru dibangun, desa ini sudah menarik banyak wisatawan karena pemandangan sawahnya yang cantik dan indah.

Ditambah lagi jembatan berbentuk bintang yang dibangun di tengah sawah plus gazebo warna-warni di tepian ladang membuat kawasan ini menjadi sangat instagramable. Cocok untuk Teman Traveler yang hobi berfoto dengan latar belakang alam!

2. Sawah Lingko, NTT

No photo description available.
Pola sawah melingkar seperti jaring laba-laba via Instagram/funadventure_

Terletak di Manggarai, NTT, sawah di sini memiliki pola melingkar yang unik, mirip seperti jaring laba-laba. Kenapa demikian? Karena sejak zaman dulu, sistem pembagian lahan sudah dilakukan secara berpusat, di mana titik nolnya berada di tengah-tengah lahan, kemudian dibagi ke warga atau pewaris.

Nah, pola seperti ini hanya ada satu-satunya di dunia, loh! Pantas saja banyak ilmuan asing datang ke sini untuk mempelajari kearifan lokal yang unik ini. Polanya yang unik juga membuat banyak wisatawan datang dan berburu foto terbaik.

3. Wisata Sawah Sukorame

Image may contain: sky, grass, outdoor, nature and water
Pemandangan sawah Sukorame via Instagram/ephework

Tidak mau kalah dengan Kemutul, Sukorame pun juga punya yang tak kalah cantik, loh! Terletak di kecamatan Dlingo, Bantul, sawah ini menjadi daya tarik utama wisatawan karena pemandangannya yang indah dan hijau.

Jembatan yang dibangun di tengah-tengah sawah semakin menambah pesona instagenik kawasan ini. Buat Teman Traveler yang ingin berfoto dengan latar belakang sawah, tempat ini pas buat kalian!

4. Sawah Tegalalang, Bali

Image may contain: cloud, sky, grass, outdoor and nature
Sawah Tegalalang yang terkenal berpetak-petak via Instagram/bespontovyy_pirozhok

Belum ke Bali kalau belum menengok sawah Tegalalang, begitu kata orang Bali. Tidak hanya terkenal, sawah ini juga menghasilkan padi kualitas nomor 1 di dunia.

Hal ini terjadi karena sistem pengairannya yang tertata rapi, ditambah tanahnya yang berundak-undak dengan petak-petak yang bertingkat sistematis, membuat mutu padi terjaga sangat baik.

Desain yang artistik itupun juga membuat wisatawan berlomba untuk mengabadikan momen terbaik dengan latar belakang sawah Tegalalang.

5. Desa Pariangan, Sumbar

Image may contain: cloud, sky, mountain, grass, outdoor and nature
Sawah membentang sepanjang Desa Pariangan via Instagram/multihadi

Ternyata di Sumatera ada destinasi wisata sawah yang cantik, loh! Letaknya di desa adat Pariangan, Sumbar. Tidak hanya terkenal karena rumah Gadangnya yang khas atau peninggalan megalitikumnya yang ikonik, desa ini juga terkenal karena sawahnya yang tertata cantik dan rapi.

Suasananya benar-benar seperti di dunia dongeng! Teman Travelerpun pasti bakal langsung tergoda untuk berfoto ria di sini.

Demikian ulasan seputar sawah terindah di Indonesia. Yuk, berwisata dan mempromosikan kekayaan alam Indonesia! Next

ramadan
Nasi Timbungan di Warunk Cuci Mata

Warunk Cuci Mata, Kulineran Hemat dekat Pantai Kuta

Dante Pine Enrekang (c) Fagil Muhammad/Travelingyuk

Dante Pine, Wisata Unik dan Ekstrem di Enrekang