in ,

Ini Cara Liburan Seharian di Sumba dengan Modal 150 Ribuan

Liburan sehari di Pulau Sumba tidak mahal

Pulau Sumba merupakan destinasi wisata yang akhir-akhir ini ramai didatangi para wisatawan. Pemandangan dengan hamparan rumput, perbukitan batu kapur, dan desa-desa di puncak bukit seakan berada di negeri lain. Hanya dengan Rp150.000 sehari di Pulau Sumba Teman Traveler bisa mendapatkan pemandangan dan konten yang seru. Yuk, simak perjalanan berikut ini.

Baca juga : SaigonSan Rooftop Malang, Cita Rasa Vietnam-Kamboja-Thailand yang Dibalut Romantisme

Hari 1 : Sewa Sepeda Motor Rp75.000

Ilustrasi mengendarai sepeda motor via Shutterstock

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyewa kendaraan bermotor atau mobil tetapi biar hemat lebih baik menyewa motor. Harga per hari berbeda-beda, rata-rata Rp75.000-Rp150.000. 

Pagi : Sarapan di Warung Ro’o Luwa Rp5000-Rp140.000

Ro’o Luwa via Instagram rooluwaresto

Sebelum memulai perjalanan Teman Traveler sempatkan sarapan agar ada tenaga saat menjelajah pulau. Sarapan dengan makanan khas sumba ro’o luwa atau bubur hijau, bisa jadi pilihan. 

Warna hijau pada ro’o luwa terbuat dari daun singkong yang ditumbuk dan direbus dengan beras tumbuk serta beragam bumbu. Ro’o luwa dinikmati sebagai pendamping makanan utama, biasanya ayam rebus khas sumba. 

Datang saja ke Warung Ro’o Luwa yang berada di Jalan Lukas Dairo Bili, Wee Londa, Sumba Barat. Harganya mulai dari Rp5000 sampai Rp140.000. Warung buka setiap senin-sabtu pukul 08.00-23.00 Wita.

Pantai Walakiri

Pantai Walakiri (c) Muhammad Najib/Travelingyuk

Setelah sarapan saatnya mengunjungi Pantai Walakiri, jarak dari Wangiapu sekitar 24 km dan dapat ditempuh 30 menit perjalanan. Pantai ini memiliki mangrove yang unik dengan pohon kerdil terdapat di bibir pantai menjadi spot foto terinstagenic. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp5000 saja, sangat murah bukan?

Siang : Makan Siang di Mr. Cafe Mulai Rp20.000

Ilustrasi berbagai makanan Mr.Cafe via Shutterstock

Perut sudah keroncongan waktunya makan siang di Rumah Makan Mr. Cafe yang berada di Jalan Umbu Tipuk Marisi No.1 Matawai, Kota Wangiapu. Jarak dari Pantai Walakiri sekitar 21,6 km dengan waktu tempuhnya 28 menit.

Menu di rumah makan ini sangat beragam mulai dari nasi goreng, ayam goreng, seafood, bakso, mie dan banyak pilihan minuman. Untuk harga cukup murah mulai Rp6.000 sampai Rp35.000. Rumah makan ini beroperasi mulai jam 07.00-22.00 Wita. 

Wisata Bukit Wairinding Rp5000

Bukit Wairinding via Shutterstock

Perjalanan selanjutnya menuju Bukit Wairinding, dari rumah makan kurang lebih berjarak 33,4 km dan dapat ditempuh 47 menit. Saat sudah sampai Teman Traveler wajib memarkirkan kendaraan di tempat yang disediakan, lalu masih harus berjalan sekitar 500 m untuk mendaki bukitnya. Untuk biaya masuknya sangat murah Rp5000 saja.

Bukit yang satu ini sangat ikonik sebagai spot instagenic saat senja. Nah, Teman Traveler juga bisa mencari konten di sini sambil menikmati pemandangan indah sekitar. Menariknya, kita bisa melihat aktivitas warga setempat seperti anak-anak yang sedang menggembala hewan ternaknya atau hanya sekedar bermain-main.

Makan Malam : Kakabro Coffee Mulai Rp20.000

Kakabro Coffee via Instagram kakabrocoffee

Sudah puas menikmati senja di Bukit Wairinding, Teman Traveler bisa menuju Kakabro Coffee untuk istirahat sejenak dan menikmati kopi sumba. Jarak dari Bukit Wairinding 20,2 km, kurang lebih memakan waktu 26 menit dari sana. Cafe ini berada di Jalan Kambajawa Kota Wangiapu buka hari senin-sabtu mulai pukul 16.00-00.00 Wita.

Menu di sini ada macam-macam pilihan kopi dan beberapa makanan ringan, tempatnya ada indoor dan outdoor cocok untuk mengobrol dengan teman, pasangan atau keluarga.

Itulah perjalanan seru sehari di Pulau Sumba, pulau indah di bagian timur indonesia. Jadi sudah siap melakukan perjalanan seru di Sumba?
Next

ramadan
Pulau Maitara dan Tidore

Maitara dan Tidore, Pesona Cantik di Laut Lepas Maluku

Cara Cara Inn

Rekomendasi Spot Instagenic di Bali Paling Populer