in ,

Sop Buntut Legendaris di Jakarta, Tak Perlu Ditanya Enaknya Bagaimana

Inilah Pilihan Sop Buntut Legendaris di Jakarta, Jadi Jujukan Saat Kelaparan

sop buntut
sop buntut

Buat kamu pecinta masakan Nusantara, pastinya sudah tidak asing lagi dengan sop buntut. Kuliner berkuah ini memang memiliki banyak penggemar. Tekstur daging buntut yang unik dan rasanya yang bikin ketagihan, tak pelak membuat masakan ini jadi idaman. Nah, di Jakarta, ada banyak tempat makan yang menyajikan menu ini sebagai andalan. Berikut deretan rekomendasi sop buntut legendaris di Jakata. Siap-siap lupa diet.

Baca juga : 4 Jajanan Khas Maluku, Cemal Cemil Tak Hanya Sagu

Sop Buntut Cut Meutia – 1970

Sop Buntut Cut Meutia, Via Instagram/dad_dish
Sop Buntut Cut Meutia, Via Instagram/dad_dish

Sop buntut legendaris di Jakarta pertama yang begitu kondang adalah Sop Buntut Cut Meutia. Nama warung ini sebenarnya adalah Sop Buntut Semoga (Hj. Nurjanah) namun lantaran lokasinya berdekatan dengan Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, jadilah disebut sebagai Sop Buntut Cut Meutia. Kenikmatannya sudah terasa sejak 1970-an.

Ciri khas sajian di warung ini adalah warna daging buntutnya yang agak kemerahan. Tapi tenang saja, ini bukan berarti tidak matang, karena memang warna aslinya seperti itu. Daging buntutnya lembut dan mudah lepas dari tulang. Ditambah lagi dengan racikan kuahnya yang segar dengan perasan jeruk nipis di dalamnya.

Alamat lengkapnya berda di Jl. Menteng Kecil RT 009/005, Kebun Sirih, Menteng, Kota, Jakarta Pusat. Buka setiap hari mulai pukul 09:00 sampai dengan 22:00. Harganya Rp55.000, untuk seporsi sop buntut bakar dan nasi putih, berlaku per November 2018.

Sop Buntut Borobudur – 1973

Sop Buntut Hotel Borobudur, Via Instagram/kakefoodie
Sop Buntut Hotel Borobudur, Via Instagram/kakefoodie

Selanjutnya ada Sop Buntut Borobudur yang tidak kalah legendaris dari Sop Buntut Cut Meutia. Singkat cerita, ternyata sop buntut di Hotel Borobudur ini dahulu bermula saat ada salah satu menteri yang jadi pelanggan Hotel Borobudur.

Mulai dari meeting sampai dengan bermalam, sang menteri memilih Hotel Borobudur, namun jarang sekali makan di sana. Bapak menteri tersebut malah lebih memilih makan di sop buntut kaki lima yang dahulunya berjualan di sekitaran Hotel Borobudur yang belokasi di Jl. Lapangan Banteng Selatan, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Karena itulah, pihak hotel mulai bekerja sama dengan sang pemilik warung kaki lima, dan mengadopsi makanan tersebut sebagai salah satu menu di restoran Hotel Borobudur.

Ternyata, salah satu keunggulan sop buntut legendaris di Jakarta satu ini adalah tekstur dagingnya yang begitu empuk, memakan waktu empat jam pemasakan dan disaring lemaknya setiap jam. Untuk harganya sendiri, sop buntut di sini harganya kurang lebih Rp148.000 untuk sop buntut regular medium.

Sop Buntut Ibu Samino Senayan – 1973

Sop Buntut Ibu Samino, Via Instagram/food.enthuias
Sop Buntut Ibu Samino, Via Instagram/food.enthuias

Ada pula Sop Buntut Ibu Samino yang menyediakan sop buntut khas Wonogiri. Nama asli tempat makan ini adalah Rumah Makan Sop Buntut Ibu Samino yang sudah berdiri sejak 1973. Salah satu menu andalan dan laris manis diburu para pengunjung adalah s. Keunggulan sop buntut di sini adalah memiliki daging dengan tekstur yang begitu empuk dan rasanya sangat pas.

Ada beberapa lokasi yang bisa kamu tuju jika ingin mencicipi Sop Buntut Ibu Samino ini. Pertama, – Jl. Tentara Pelajar No. 22, Arteri Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta. Telp. (021) 91272667. Kedua, berada di Jl. New Delhi Pintu 1, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 70729377.
Ketiga, berada di Bintaro 9 Walk, Jl. Bintaro Utama, Bintaro Sektor 9, Pondok Aren, Tangerang. Telp. (021) 49558896.

Sop Buntut Mangga Besar – 1999

Sop Buntut Mangga Besar, Via Instagram/mytastemylife
Sop Buntut Mangga Besar, Via Instagram/mytastemylife

Sop Buntut Mangga Besar sudah buka mulai tahun 1999. Lokasinya berada di Jl. Mangga Besar 1 No. 49, Jakarta Pusat. Ini merupakan salah satu tempat yang legendaris di Jakarta. Citarasa yang nikmat, tidak perlu untuk dipertanyakan lagi. Orang-orang kerap menyebut tempat sebagai Sop Buntut Mabes yang merupakan singkatan dari Mangga Besar.

Salah satu keunggulan sop buntut legendaris di Jakarta ini adalah dagingnya diimpor secara khusus dari New Zealand. Dan tipe ini adalah daging lebih besar dibandingkan dengan lemaknya. Citarasa di sini begitu kuat rempahnya. Buka mulai jam 10:00 pagi hingga 22:00, kamu perlu mencicipinya setidaknya sekali saat datang ke Jakarta.

Sop Buntut Ibu Henny

Sop Buntut Ibu Henny, Via Instagram/sopbuntuthenny
Sop Buntut Ibu Henny, Via Instagram/sopbuntuthenny

Sop buntut legendaris lainnya yang perlu dicicipi kenikmatannya adalah Sop Buntut Ibu Henny. Sop buntut yang telah berusia 20 tahunan lebih ini telah memiliki banyak cabang, bahkan di luar kota juga ada. Keunggulan sop buntut di sini adalah dagingnya empuk dan kuahnya sangat gurih.

Salah satu lokasi yang cukup terkenal berada di Jl. Boulevard Raya Blok WB 2 No. 12, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4531179. Sementara itu untuk menu lainnya yang bisa dicicpi sebut saja sop buntut goreng, sop buntut bakar, sop buntut rica-rica dan masih banyak lagi yang lainnya. Harganya, mulai dari Rp60.000-an.

Lima lokasi sop buntut legendaris di Jakarta tersebut bisa disambangi untuk menu makan siang yang sempurna. Lokasinya rata-rata berada di Jakarta Pusat, jadi kamu tidak perlu kebingungan mencarinya. Apakah ini salah satu makanan favoritmu? Next

ramadan
Air Terjun Pesawaran Lampung

Eksplor 5 Air Terjun di Kabupaten Pesawaran Lampung, Kesegarannya Bikin Lupa Pulang

Wisata Ciwidey Kabupaten Bandung

Main-main Yuk ke Wisata Ciwidey, Destinasi Anti Bosan Di Kabupaten Bandung