in ,

Main-main Yuk ke Wisata Ciwidey, Destinasi Anti Bosan Di Kabupaten Bandung

Yuk Jelajahi Wisata Ciwidey Sekalian Merasakan Kesegaran Udara Kabupaten Bandung yang Adem Bener

Wisata Ciwidey Kabupaten Bandung
Wisata Ciwidey Kabupaten Bandung

Bandung, secara administratif terbagi menjadi kota dan kabupaten. Keduanya memiliki daya tarik tersendiri. Beragam destinasi wisata di Bandung dengan alam elok dan sejuk, tersebar di segala penjuru. Salah satunya di Kecamatan Ciwidey. Daerah ini dulunya sudah memiliki wilayah cukup luas, namun dimekarkan lagi menjadi Kecamatan Rancabali. Tenang saja, banyak wisata Ciwidey mudah dijangkau. Di mana saja ya?

Baca juga : Enjoying Sweet Cakes from Mamuju, West Sulawesi

Perkebunan Teh Sinumbra

Kebun Teh Sinumbra via Instagram @jelajahciwidey
Kebun Teh Sinumbra via Instagram @suhermansu_21

Kebun Teh Sinumbra berada di Desa Indragiri, Kecamatan Rancabali, bisa ditempuh dengan motor maupun mobil dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kecamatan Ciwidey. Teman Traveler bisa dengan nyaman mengakses kebun teh Sinumbra karena jalannya sudah aspal dengan kondisi cukup baik. Kalau sudah tiba di sini, akan disuguhkan hamparan pohon teh yang memanjakan mata. Teman Traveler bisa membuat teh dengan memetik dan mengeringkan daun teh sendiri. Selain menikmati hamparan hijaunya kebun teh Sinumbra, Teman Traveler bisa mengabadikan keindahan langit malam yang dipenuhi milky way kalau cuaca sedang cerah. Di tengah kebun teh pun ada danau kecil yang biasanya disebut Situ Sinumbra.

Bukit Jamur

Bukit Jamur via Instagram @jelajahciwidey
Bukit Jamur via Instagram @suhermansu_21

Bukit jamur berada di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, merupakan sebuah taman yang dipenuhi dengan pohon cemara pendek berbentuk serupa dengan jamur payung. Teman Traveler bisa puaskan diri foto-foto di wisata Ciwidey yang berada di dataran tinggi dengan bentuk setengah bola ini. Sekedar bersantai sembari mengobrol dengan teman juga boleh banget dilakukan di area yang memiliki udara sejuk ini. Di kawasan ini juga ada pabrik teh milik PTPN yang sudah ada semenjak zaman Belanda. Jangan lupa siapkan budget untuk tiket parkir kendaraan sekitar Rp5 ribu ya.

Teras Bintang Glamping Lake Side

Teras Bintang Glamping Lake Side via Instagram @jelajahciwidey
Teras Bintang Glamping Lake Side via Instagram @santiplestari.30

Wisata Ciwidey ini bernama Teras Bintang, berlokasi di Kecamatan Rancabali, bisa ditempuh selama kurang lebih 50 menit dari pusat kecamatan Ciwidey. Teman Traveler bisa memuaskan diri berfoto-foto karena tempat ini berada di ketinggian 10 meter terbuat dari kayu dan rangka besi berbentuk bintang, dengan background perkebunan teh dan Situ Patenggang. Teras Bintang ini dibangun di kawasan Glamping Lakeside alias resort dengan konsep alam terbuka. Cukup merogoh kocek Rp20 ribuan sudah bisa singgah di Teras Bintang sekalian Glamping Lakeside.

 Sunan Ibu, Kawah Putih

Sunan Ibu, Kawah Putih via Instagram @jelajahciwidey
Sunan Ibu, Kawah Putih via Instagram @why_ajie

Kawah putih merupakan wisata Ciwidey yang cukup tersohor, berupa kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Warna air putih kehijauan menjadi daya tarik bagi pelancong untuk datang. Namun bukan itu saja, Teman Traveler bisa mendaki gunung ini menuju salah satu tebing yaitu Sunan Ibu. Jalur untuk mencapai Sunan Ibu memang tidaklah mudah, karena harus melewati tanjakan dan aroma belerang pun begitu menyengat. Namun dari atas sini, bisa menyaksikan keindahan Kawah Putih secara menyeluruh. Ingin mencoba menaklukan kawasan ini? Langsung saja menuju Kawah Putih berlokasi di Jalan Soreang Ciwidey dapat ditempuh selama 30 menit dengan kendaraan bermotor, siapkan juga biaya untuk tiket masuk seharga Rp17 ribuan.

Curug Cipanji

Curug Cipanji via Instagram @haddi_fauzii
Curug Cipanji via Instagram @haddi_fauzii

Membahas wisata di daerah Bandung rasanya harus mencantumkan curug alias air terjun supaya lebih lengkap. Curug Cipanji berada di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Jalur masuk menuju Desa Tenjolaya terletak tidak jauh dari alun-alun Kecamatan Ciwidey, ditempuh dengan kendaraan bermotor selama sekitar 30 menit. Untuk mencapai curug ini tidak bisa sepenuhnya dilalui motor, harus berjalan kaki melewati perkebunan teh serta menyeberangi tiga aliran sungai yang tidak terlalu lebar dan tidak terlalu dalam.  Setelah melewati medan tersebut dalam waktu yang tidak singkat setidaknya satu jam, Teman Traveler akan dihadapkan pada keelokan Curug Cipanji yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Situ Patenggang

Situ Patenggang via Instagram @jelajahciwidey
Situ Patenggang via Instagram @katnis___

Wisata Ciwidey yang tersohor lainnya adalah Situ Patenggang, berada di bawah kaki Guung Patuha tepatnya Desa Patengan Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Bisa dilalui dengan kendaraan bermotor 40 menit dari pusat Ciwidey. Teman Traveler cukup menyiapkan budget Rp20 ribuan untuk dapat memasuki kawasan Situ Patenggang. Berada di ketinggian 1.628 mdpl, membuat tempat ini begitu sejuk. Cocok untuk bersantai melepas lelah. Biasanya pasangan akan menyempatkan untuk singgah juga di Batu Cinta yang berada di tengah danau, konon pasangan bisa langgeng kalau melewati batu ini. Menuju ke sana dengan perahu yang disewakan dengan ongkos Rp30 ribuan per orang.

Southland Camp, Ciwidey

Southland Camp via Instagram @jelajahciwidey
Southland Camp via Instagram @sohyunjae98

Wisata Ciwidey yang merupakan bumi perkemahan ini terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patengan kilometer 12, Desa Patengan Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Teman Traveler yang suka berkemah bisa menjadikan kawasan ini sebagai referensi, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama sekitar 30 menit dari pusat Kecamatan Ciwidey. Selain lokasinya datar sehingga nyaman untuk mendirikan tenda, Southland Camp menawarkan udara sejuk mengingat area ini berada di lebih dari 1000 mdpl. Sering dijadikan jujugan oleh penggiat alam untuk berlatih cara bertahan hidup di alam bebas, Southland Camp juga menyediakan pemandian air panas dan lodge sederhana untuk beristirahat atau bisa memasang hammock di antara pepohonan untuk bersantai.

Kalau sudah baca ulasan di atas, cukup tertarik untuk eksplor wisata Ciwidey? Atau sudah pernah singgah di salah satunya? Boleh dong bagi cerita pengalaman Teman Traveler di kolom komentar. Next

ramadan
sop buntut

Sop Buntut Legendaris di Jakarta, Tak Perlu Ditanya Enaknya Bagaimana

Pemandangan Monjali dari udara

Liburan Bareng Keluarga? 5 Tempat Wisata di Yogyakarta Ini Wajib Dikunjungi