in ,

Soto Ayam Pak Dalbe, Sarapan Murah dan Enak di Jogja

Kuliner Soto Ayam Pak Dalbe Jogja

Soto Ayam Pak Dalbe di Jogja

Kekayaaan Indonesia memang tak diragukan lagi. Begitu pula dengan kuliner Nusantara yang tak terhitung jumlahnya. Berbicara mengenai makanan khas negeri, soto menjadi salah satu menu yang difavoritkan banyak orang. Tak hanya untuk makan siang, beberapa orang juga memburunya untuk dijadikan menu sarapan. Seperti Soto Ayam Pak Dalbe di Jogja berikut.

Baca juga : Bukit-Bukit dengan Tekstur Unik, Bukti Selera Seni Tinggi Sang Pencipta

Kuliner Kaki Lima yang Ludes di Jam Makan Siang

Soto enak di Jogja
Soto enak di Jogja via instagram/@jogjabikinlaper

Soto Ayam Pak Dalbe terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Lebih tepatnya berada di seberang Bank CIMB Niaga. Bukan rumah makan mewah, warung soto ini hanya menyediakan meja serta kursi terbatas untuk pengunjungnya. Pun demikian, pembeli yang datang ke sini cukup banyak. Saking ramainya, hampir setiap hari pembeli antre demi mendapatkan seporsi soto racikan Pak Dalbe Asari. Tak ingin kehabisan? Lebih baik jangan datang di jam makan siang, karena sudah habis.

Soto Jogja yang terkenal
Soto Jogja yang terkenal via instagram/@cathhalim

Soto Istimewa dengan Kuah Gurih

Seporsi Soto Ayam Pak Dalbe
Seporsi Soto Ayam Pak Dalbe via instagram/@jogjafood

Tak jauh beda dengan soto Jogja lainnya, hidangan yang ditawarkan oleh warung Pak Dalbe ini memiliki kuah bening. Namun, jika dilihat lebih dekat lagi hidangan sedap ini berwarna lebih gelap. Diracik dengan bumbu spesial, rasanya gurih dan sedikit manis. Jika ditambah perasan jeruk, cita rasanya lebih istimewa. Sementara isinya melimpah. Ada nasi, irisan kol, tauge, bihun, taburan daun seledri, bawang goreng, dan pastinya suwiran daging ayam kampung yang empuk.

Soto ayam kampung di Jogja
Soto ayam kampung di Jogja via instagram/@jogjaculinary

Lauk Pendamping Lentuk dan Sate Spesial

Lezatnya Soto Pak Delbi yang Fenomenal
Lezatnya Soto Pak Delbi yang Fenomenal via instagram/@eatventure.inc

Seporsi soto ayam Pak Dalbe ini tak hanya berisi suwiran daging. Di dalamnya juga terdapat tambahan lentuk yang merupakan perkedel dari ketela pohon. Cita rasanya unik, tapi sangat pas ketika disantap dengan sesendok kuah sotonya. Jika mau lauk lainnya, warung ini juga menyediakan menu tambahan lain seperti gorengan, sate-satean, kepala ayam, bahkan sayap ayam.

Sate-satean di Warung Soto Pak Dalbe
Sate-satean di Warung Soto Pak Dalbe via instagram/@nongkrongasikjogja

Difavoritkan Hingga Miliki Banyak Cabang

Soto ayam Pak Dalbe yang Miliki Banyak Cabang
Soto ayam Pak Dalbe yang Miliki Banyak Cabang via instagram/@kokokulineran

Sebelum sukses seperti saat ini, Pak Dalbe awalnya berjualan keliling di kawasan keraton sekitar tahun 80-an. Baru tahun 1995, pria ini membuka warung dengan menjual dagangannya. Kelezatan dari kuah sotonya ternyata bikin banyak orang ketagihan. Bahkan, semakin hari pelanggannya membludak. Hingga akhirnya Pak Dalbe membuka cabangnya di Jalan Magelang, Jalan Affandi Gejayan serta Jalan Babarsari. Seperti di pusatnya, cabang soto ini juga selalu ludes di jam makan siang.

Soto Pusat Pak Dalbe
Soto Pusat Pak Dalbe via instagram/@jogjaculinary

Berencana liburan ke Jogja? Jangan lupa untuk mencoba sarapan soto ayam Pak Dalbe. Selain harganya yang terjangkau yaitu mulai dari Rp10.000, kamu juga tak akan menyesal setelah menjajalnya. Next

ramadan

Mengasyikkan dan Seru, Wisata Edukasi Kampung Sapi di Kota Batu

Kuliner di Pasar Pundong

Kuliner Enak di Pasar Pundong Jogja, Ada Gethuk Berwarna Pink