in ,

Spot Sunset Terindah di Wakatobi, Sensasi Syahdu Siraman Sang Surya

Menjelajahi Pulau-pulau di Wakatobi Demi Berburu Sunset Terindah

FI Sunset di Wakatobi (c) Fersianto sf Travelingyuk
FI Sunset Wakatobi (c) Fersianto sf Travelingyuk

Wakatobi menjadi salah satu tujuan wisata favorit di daerah Sulawesi Tenggara. Bagaimana tidak? Panorama alam di sini begitu murni dan menenangkan. Rupanya bukan hanya keindahan bawah laut maupun air laut jernih, terdapat pula spot untuk menyaksikan sunset terindah di Wakatobi. Di mana saja?

Baca juga : Penganan Kaki Lima Cirebon, Nggak Bikin Kantong Bolong

Pelabuhan Wanci

Sunset di Wakatobi
Pelabuhan Wanci (c) Fersianto sf/Travelingyuk

Wakatobi mempunyai ibu kota yaitu Pulau Wangi-wangi, di situlah letak Pelabuhan Wanci. Berhubung kabupaten ini berada di jalur pelayaran internasional yaitu Laut Banda dan Laut Flores maka tidak heran bila terdapat lalu lalang kendaraan laut di Wanci. Nah, rupanya bukan sekadar pelabuhan biasa, tempat ini merupakan salah satu spot untuk menyaksikan sunset terindah di Wakatobi.

Desa Sombu

Sunset di Wakatobi
Desa Sombu (c) Fersianto sf/Travelingyuk

Teman Traveler juga dapat dapat meluncur ke spot sunset berikutnya yaitu Desa Sombu yang masih berada di Pulau Wangi-wangi. Jarak dari Pelabuhan Wanci menuju pulau ini sekitar 20 menitan dengan mengendarai motor. Desa Sombu mempunyai jalur yang mudah diakses, sehingga misi melihat matahari terbenam dijamin lancar.

Pulau Lentea

Pulau Lentea (c) Fersianto sf/Travelingyuk

Lentea adalah pulau kecil di seberang Kaledupa. Walaupun tidak sepopuler 4 pulau utama di Wakatobi, namun Teman Traveler dapat merasakan sensasi sunset terindah yang begitu syahdu.

Pulau Lentea sendiri tergolong jarang dieksplor, sehingga panorama alam di sini masih begitu murni dan elok. Teman Traveler dapat melihat langsung betapa mangrove tumbuh sehat di sini. Sedangkan di lautannya, terkadang muncul ikan pari yang tengah berenang dengan tenang.

Pantai Lakota (Pulau Tomia)

Sunset di Wakatobi
Pantai Lakota (c) Fersianto sf/Travelingyuk

Pulau Tomia terkenal memiliki pemandangan bawah laut indah tiada tara. Sehingga tidak heran, kawasan perairannya dijadikan sebagai lokasi snorkeling dan diving. Keelokan biota laut dan terumbu karang yang sehat membuat para penyelam betah berlama-lama.

Masih ada lagi keindahan Pulau Tamia yaitu adanya spot untuk menyaksikan sunset terindah yaitu Pantai Lakota. Area ini merupakan tempat berkumpulnya warga Pulau Tomia sebab letaknya dekat dengan permukiman dan mudah diakses. Fasilitas di sini pun cukup memadai mulai dari gazebo sampai warung makanan.

Pulau Binongko

Pulau Binongko (c) Fersianto sf/Travelingyuk

Satu lagi spot sunset di Wakatobi yaitu Pulau Binongko yang relatif lebih tenang daripada pulau besar lain di kabupaten ini. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh jaraknya yang cukup jauh dari Pulau Wangi-wangi, kira-kira 5-6 jam dengan menaiki kapal kayu. Namun, tentunya lamanya perjalanan akan terbayar dengan keindahan sunset dan kekayaan pesona alam serta budaya di Binongko.

Teman Traveler sudah pernah singgah ke spot sunset di Wakatobi yang mana? Bila belum, segera jadwalkan untuk traveling ke sini, ya. Next

ramadan

5 Tempat Romantis buat Secret Honeymoon, Nomor 5 Lagi Viral!

Pilot Dihukum

Kejadian Konyol Bikin Pilot Dihukum, Ada yang Bikin ‘Itu’ di Langit