in ,

Liburan Akhir Tahun, Stasiun Jogja Dijaga oleh Agen ‘Khusus’ K9, Ada Apa, Ya?

Kamu Akan Bertemu dengan Agen ‘Khusus’ K9 Selama Nataru di Stasiun Jogja, Siapa Mereka?

Pengamanan Stasiun Jogja Selama Nataru
Pengamanan Stasiun Jogja Selama Nataru

Kereta api merupakan sarana transportasi yang semakin populer, terutama dengan tambahan fasilitas plus promo tiket. Kalau liburan ke Jogja, pakai transportasi satu ini biasanya bisa lebih menyenangkan. Teman Traveler yang liburan menggunakan kereta api dan berhenti di Stasiun Jogja, baik Tugu maupun Lempuyangan. Bersiap-siap saja bertemu dengan agen ‘khusus’ K9. Mereka akan bersiap siaga di kedua stasiun tersebut. Siapa sih agen ‘khusus’ K9? Simak yuk ulasan berikut.

Baca juga : Jakarta Sepi, Begini 10 Potret Kocak Masyarakat ‘Kuasai’ Jalan Raya Saat Lebaran

Mengerahkan 2 Agen ‘Khusus’ K9

Ilustrasi Agen Khusus K9 via Instagram @piper.malinois
Ilustrasi Agen Khusus K9 via Instagram @piper.malinois

Agen ‘khusus’ K9 adalah anjing jenis pelacak oleh Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Anjing dengan jenis belgian malinois dan labrador ini akan berjaga demi keamanan di Stasiun Tugu dan Lempuyangan. K9 belgian malinois memiliki keahlian melacak bahan peledak, sedangkan K9 labrador handal dalam mencari narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya. Mereka adalah agen terlatih, bisa mengendus barang yang telah disebutkan tadi walau jaraknya sejauh 1 kilometer.

Antisipasi Barang Berbahaya

Suasana Stasiun Jogja via Instagram @herry_tearjerky
Suasana Stasiun Jogja via Instagram @herry_tearjerky

Agen ‘khusus ‘K9 yang handal dalam melacak obat-obatan terlarang dan benda peledak. Mereka dikerahkan agar perjalanan para penumpang menjadi lebih aman. Bahkan sebagai antisipasi dipasang juga metal detektor di stasiun Jogja. Seperti dilansir dari laman travel.tempo.co, pihak PT KAI mengharapkan perjalanan pengguna jasa kereta api mendapatkan trip yang aman dan tidak ada musibah apapun.

Selama Operasi Nataru

Ilustrasi Penumpang Kereta Api via Instagram @henockyosua
Ilustrasi Penumpang Kereta Api via Instagram @henockyosua

Pengamanan ketat tersebut akan dilaksanakan selama operasi Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan periode 20 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019. Mengingat di hari libur panjang ini banyak pengguna jasa kereta api, umumnya hendak pulang kampung atau liburan akhir tahun. Penjagaan akan dilakukan di seluruh area stasiun Jogja, mulai dari lingkungan stasiun, kereta api, hingga jalurnya. Jadi Teman Traveler tidak perlu merasa khawatir.

Pengamanan Stasiun Jogja Diperketat

Ilustrasi Polisi Khusus Kereta Api Mengamankan Stasiun via Instagram @sonyarifin
Ilustrasi Polisi Khusus Kereta Api Mengamankan Stasiun via Instagram @sonyarifin

Pengamanan selama operasi Nataru, selain mengerahkan agen K9, juga melibatkan ratusan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), Kepolisian Sektor, Polisi Militer, sampai ratusan personel keamanan lainnya. Penjagaan akan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Tentunya baik pihak stasiun Jogja sampai penumpang pun berharap perjalanan penutup 2018 ini menjadi pengalaman berkesan dan aman.

Wah jadi merasa lebih aman dengan hadirnya agen ‘khusus’ K9 di Stasiun Jogja nih. Selamat liburan akhir tahun untuk Teman Traveler. Sampai ketemu tahun depan. Jangan lupa bagi cerita perjalanannya di kolom komentar ya? Next

ramadan

History of Java Museum di Jogja Gunakan Teknologi Kekinian, Liburan Akhir Pekan Makin Berkesan

Taman Bunga Celosia di Sekitar Jogja, Pilihan Tepat Liburan Tahun Baru yang Manis