in ,

5 Kuliner Street Food Terlegendaris di Indonesia

Jika mengunjungi suatu daerah harus mencoba kuliner street food turun temurunnya

Indonesia memiliki berbagai macam jenis kuliner yang menggugah selera, untuk itu wajib hukumnya saat ke suatu daerah mencoba makanan khasnya. Apalagi, kuliner paling legendaris tentu sudah terjamin rasa warisan secara turun-temurunnya. Yuk simak 5 Kuliner Street Food Terlegendaris di Indonesia.

Baca juga : Makan Enak di 5 HIK Karanganyar

1. Bihun Bebek Asie Kumango sejak 1930, Medan

Bihun Bebek Asie Kumango via Instagram yukciakkk

Teman Traveler saat berkunjung ke Medan pastikan untuk mampir ke bihun Bebek Asie Kumango karena sangat lezat untuk dicicipi. Menu utama di sini adalah bihun bebek, satu porsi disajikan irisan daging bebek melimpah, sawi, daun bawang, dan bawang putih goreng. Ada juga lauk tambahan hati dan ampela.

Bihun Bebek Asie Kumango telah ada sejak tahun 1930, berada di Jl. Kumango No. 15, Medan, Sumatra Utara. Mereka beroperasi pada hari Senin hingga Sabtu, pukul 06.30-23.00 WIB.

Untuk harga satu porsi dibrandol Rp60.000 harganya memang agak mahal, namun saat kamu merasakan satu gigit saja daging bebeknya, dijamin bakal langsung tergila-gila.

2. Brongkos Handayani 1975, Jogja

Brongkos Handayani via Instagram jogjafoodhunter

Berawal dari berjualan es pada tahun 1960an sang pemilik membuka kedai tetap dan mulai berjualan brongkos. Rahasia kuliner brongkos ini adalah 16 bumbu yang digunakan, Seperti bawang merah dan putih, kemiri, merica, kemiri, cabai, lengkuas, kencur cunthi dan lain-lain. Bumbu-bumbu tersebut kemudian dicampur dengan rebusan kaldu sapi yang gurih.

Teman Traveler hanya perlu datang ke Alun-alun Kidul Jogjakarta, tepatnya di sekitar ruas jalan menuju Plengkung Gading atau Jln. Gading No. 2, Patehan, Kraton, Kota Jogja. Warung buka pukul 08.00-19.00 WIB, harga satu porsi brongkos Rp 20.000 saja.

3. Es Waneng 1938, Bali

Es Waneng via Instagram widyantarawayan

Es Waneng sudah ada di Tabanan sejak tahun 1938, awalnya kuliner ini dijajakan dengan berjalan kaki sejak dimulai sejak 1938. Berlokasi di Jl. Mawar No. 25, Delod Peken, Tabanan, Bali.

Buka setiap hari mulai jam 08.00-18:00 WITA. Es Waneng ini adalah es serut yang dipadukan dengan gula merah dan bahan-bahan rahasia lainnya. Cara menyantap paling enak adalah roti dicelupkan ke dalam es. Harganya hanya Rp 2.000 saja lho.

4. Konro Karebosi 1968, Makassar

Konro Karebosi via Instagram enaknyong

Warung yang berdiri di l. Gn. Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, ini menyediakan menu utama sop konro yang dimasak memakai resep rahasia turun temurun. Dagingnya empuk dan kuahnya kental serta segar. Dengan harga mulai Rp30.000-Rp40.000 bisa mendapatkan kenikmatan sop konro karebosi.

Memiliki cabang di Jakarta kawasan Kelapa Gading, jadi Teman Traveler tidak perlu jauh-jauh ke Makassar untuk mencoba sop konro karebosi yang berbumbu rempah nikmat. Buka setiap hari mulai pukul 10.30-22.30 WITA.

5. Rujak Natsepa, Ambon

Rujak Natsepa via Instagram wowpedasnya

Rujak khas Kota Ambon ini tak jauh beda dengan lainnya, terdiri dari irisan buah segar, seperti kedondong, mangga, belimbing, jambu air, pepaya, hingga nanas. Tentunya nikmat disantap saat siang hari. Hal menarik yang membuat rujak natsepa disukai banyak orang adalah tambahan ubi jalar di dalamnya.

Soal rasa, tentu saja manis, pedas, asam yang bikin ketagihan. Hanya dibanderol Rp15.000 tersebut bisa kamu temukan di Pantai Natsepa sejak 19 tahun lalu. Letaknya di kawasan Suli, Salahutu atau sekitar 18 km dari pusat kota. Buka mulai pukul 08.00-20.00 WIT.

Demikian kuliner street food terlegendaris di Indonesia, jika mengunjungi salah satu dari daerah tersebut jangan lupa incipi kuliner khasnya ya. Next

ramadan

Pantai Tablolong, Wisata Bahari di Kupang dengan Berbagai Keunikan di Dalamnya

Es Coklat Tambah Umur Surabaya

Es Coklat Tambah Umur Surabaya, Cokelat-Holic Yuk Merapat!