in , ,

Keliling Surabaya dengan Bus Keren, Cukup Bayar Pakai Sampah

Suroboyo Bus Telah Resmi Beroperasi, Bayarnya Pakai Botol Plastik

Suroboyo Bus

Pemerintah Kota Surabaya meresmikan Suroboyo Bus. Alat transportasi ini cukup unik karena bayarnya tidak pakai uang, melainkan sampah. Konsep yang ramah lingkungan tersebut menjadi yang pertama di Indonesia. Lalu bagaimana kamu bisa memanfaatkannya? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Baca juga : The Ultimate Cozy and Luxurious Stay at Villa the Cloud Bali

1. Solusi untuk Mengurangi Kepadatan Lalu Lintas

Walikota Surabaya meresmikan suroboyo bus
Walikota Surabaya meresmikan suroboyo bus via Instagram/@bicarasurabaya

Di Surabaya, jumlah pengguna kendaraan pribadi lebih tinggi dibanding penumpang angkutan umum. Akibatnya, terjadi kepadatan lalu lintas yang memicu kemacetan di beberapa titik. Untuk mengatasi ini, muncullah Suroboyo Bus. Dan mengubah perilaku masyarakat perkotaan untuk beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum diakui bukanlah hal yang mudah oleh walikota Surabaya. Maka untuk menarik penumpang, dibuatlah bus dengan fasilitas keren dan menarik.

Suroboyo Bus
Suroboyo Bus via Instagram/@surabayabusstation

2. Bayar Pakai Sampah

Penumpang Suroboyo Bus
Penumpang Suroboyo Bus via Instagram/@dishubsurabaya

Jika kamu ingin naik Suroboyo Bus yang melewati jalur Terminal Bungurasih – Jembatan Merah ini, jangan buang begitu saja sampah plastikmu. Kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti ongkos naik bus. Jika membawa botol ukuran 250 ml jumlahnya 5 buah. Untuk botol ukuran 500 ml sebanyak 3 buah. Kalau gelas plastik, cukup berikan 10 buah. Bisa juga membawa sampah plastik atau kresek, tapi tidak dibatasi jumlahnya. Sampah yang dibawa bisa langsung disetor di dalam bus dan petugas akan langsung memilah.

fasilitas yang ada di dalam
fasilitas yang ada di dalam via Instagram/@surabayabusstation

3. Teknologi Mirip dengan Bus di Jepang

10 Unit Suroboyo bus disiapkan
10 Unit Suroboyo bus disiapkan via Instagram/@abayudirgantara

Suroboyo Bus memiliki 40 kursi dengan kapasitas 68 Orang. Kursi warna oranye untuk penumpang pria, warna merah untuk lansia dan pink untuk perempuan. Kemudian dilengkapi dengan CCTV yang terhubung pada sistem pemantauan Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Bus memiliki sensor GPS yang terintegrasi dengan titik lampu merah di sepanjang jalur. Ketika akan melewati lampu merah, bus akan menampilkan informasi mengenai durasi lampu merah akan menyala. Sehingga memungkinkan supir bisa mengatur kecepatan dan menghindari lampu merah. Teknologi seperti itu mirip dengan yang ada di Jepang.

Bus ramah untuk penyandang cacat
Bus ramah untuk penyandang cacat via Instagram/@info_surabaya

4. Sampah Plastik Dikreasikan Sebagai Kerajinan

Jadwal dan Rute Bus
Jadwal dan Rute Bus via surabaya.go.id

Pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan 10 unit bus yang akan mengumpulkan sampah. Nantinya, sampah-sampah botol plastik hingga kresek akan diolah menjadi kerajinan keren yang memiliki nilai jual tinggi. Selain mengurangi angka kemacetan, juga bisa meningkatkan perekonomian. Keren sekali bukan?

Bus unik di Surabaya
Bus unik di Surabaya via Instagram/@karoserilaksana

Itulah beberapa hal yang bisa kamu rasakan saat menggunakan Suroboyo Bus. Bagaimana menurutmu mengenai transportasi ini. Apakah kamu tertarik untuk menaikinya? Next

ramadan

Restoran Sulaiman, Cita Rasa Kuliner Muslim Tiongkok di Ibu Kota

Bukit Alesano Bogor, Glamping Berpanorama Kota Seperti Hamparan Bintang