in ,

Swike, Sup Paha Katak di Purwodadi yang Jadi Primadona

Swike Khas Purwodadi

Swike, Sup Paha Katak yang Terkenal di Purwodadi
Swike, Sup Paha Katak yang Terkenal di Purwodadi

Kuliner Indonesia tak hanya kaya akan rempah. Kamu bakalan menemukan menu unik bin ajaib. Seperti di Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Daging katak di sini diolah menjadi hidangan lezat bernama Swike. Lalu seperti apa bentuk dari kuliner khas Nusantara ini? Dan bagaimana juga cita rasanya? Yuk, simak ulasan Swike Khas Purwodadi berikut.

Baca juga : Bukit Merese, Sudut Alam Tiada Dua di Lombok Selatan

Kuliner Istimewa di Grobogan

Sajian istimewa di Grobogan
Sajian istimewa di Grobogan via instagram/@arjunabalagita

Siapa yang tak tahu Grobogan? Yap, kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan kecap udangnya. Tak hanya itu, Grobogan juga memiliki kuliner istimewa yang jarang ditemukan di tempat lain. Namanya Swike yang merupakan sup dari paha katak. Bahannya memang sedikit unik, tapi banyak yang mengidolakan menu ini loh. Bahkan, tidak sedikit wisatawan dari luar kota yang penasaran dan ketagihan.

Kuliner khas Purwodadi yang Terkenal
Kuliner khas Purwodadi yang Terkenal via instagram/@erikthanos

Pilihan Bahan yang Tak Asal

Potongan paha katak
Potongan paha katak via instagram/@hobikuliner77

Untuk membuat hidangan ekstrem ini tidak memilih bahan sembarangan. Penjual Swike menggunakan katak hijau yang berhabitat di persawahan. Daging katak tersebut kemudian dicuci bersih kemudian diramu dengan bumbu tradisional khas Grobogan. Pilihan bumbu tersebut dipercaya sudah dipengaruhi masakan Tionghoa. Soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Sup dari daging katak
Sup dari daging katak via instagram/@amazingindonesiafood

Tauco Istimewa yang Menggugah Selera

Kuah sedap yang menggunakan tauco
Kuah sedap yang menggunakan tauco via instagram/@wisatagrobogan

Jahe, bawang putih, garam, dan lada menjadi bahan yang utaman dalam pembuatan Swike. Tak hanya itu, kehadiran tauco juga wajib untuk membuat rasa makin istimewa. Bahan dasar pembuatan dari Swike ini merupakan hasil fermentasi kedelai hitam atau kuning dan larutan garam. Pemilihan kecap pun juga menjadi perhatian. Hingga saat ini, banyak penjual menu ini yang setia dengan kecap udang. Yap, kecap istimewa khas Purwodadi yang bertahan hingga saat ini.

Seporsi Sup Paha Katak
Seporsi Sup Paha Katak via instagram/@moncikoma

Swike Cik Ping yang Legendaris

Seporsi Swike dan sambal
Seporsi Swike dan sambal via instagram/@yantifebruariyanti

Penjual Swike memang tersebar di sudut Grobogan. Namun, kedai menu ini banyak di kawasan Purwodadi. Salah satunya Swike Cik Ping yang sangat terkenal di Grobogan. Kedai makan tersebut berada di Jalan Kolonel Sugiono yang sudah buka sejak tahun 1901. Meski sudah berusia lebih dari satu abad, cita rasanya masih difavoritkan. Hal ini karena racikan yang digunakan tak pernah berubah.

Swiket Khas Purwodadi
Swiket Khas Purwodadi via instagram/@ian14483

Nah, itulah ulasan tentang Swike khas Purwodadi, Grobogan. Beberapa orang juga menyebutnya dengan nama Swike Khas Purwodadi. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kuliner ekstrem satu ini? Next

ramadan
Via Instagram jogjabikinlaper

Warung Pojok Mbak Yuni Kotabaru, Kaki Lima Tapi Jadi Idola

Via Instagram lonny.sam

Pecel Rawon Rumah Makan Pecel Ayu, Kuliner Legendaris di Banyuwangi