in ,

Bahaya! Taman Bermain Kini Rawan Mengandung Timbal

Efek timbal sangat membahayakan sekali nih

taman bermain mengandung timbal

Seperti yang kita ketahui selama ini, kalau taman bermain memang diciptakan dengan fasilitas yang aman. Alasannya tak lain dan tak bukan supaya anak-anak yang bermain di sana merasa nyaman. Namun sayangnya, beberapa waktu terakhir ini, ada berita yang mengabarkan kalau taman bermain rawan mengandung timbal pada alat permainannya. Mengapa bisa begitu ya? Simak terus yuk uraian di bawah ini. 

Baca juga : Serunya Nongkrong di St. Ali, Coffee Shop Asli Australia di Jakarta

Deretan Taman Bermain yang Mengandung Timbal 

taman bermain mengandung timbal
Ilustrasi taman bermain via shutterstock

Bagi yang ada di Jakarta sebaiknya berhati-hati ketika ingin membawa anak kecil ke taman bermain. Ini dikarenakan ada beberapa area bermain di Jakarta yang mengandung timbal. Dilansir dari laman Okezone, ada RPTRA Meruya Selatan, RPTRA Jeruk Manis dan Taman di Jalan Kepanduan II di Jakarta Barat. Lalu ada Taman di Jalan Poncol Lestari, Lebak Bulus dan Taman di sekitar Jalan Madrasah, dekat Miftahul Ulum Boarding School di wilayah Jakarta Selatan

Kemudian di Jakarta Pusat ada  Taman Menteng, Taman Guntur, RPTRA Amir Hamzah dan Taman Dekat Menteng Square, Jalan Pramuka Sari II. Selanjutnya di Jakarta Utara ada RPTRA Griya Pratama, Kelapa Gading dan Taman di Jalan Mawar Jingga. Sedangkan di Jakarta Timur ada Taman di Jalan Raya Pulogebang, Gang H. Walih dan Taman di Jalan Pulo Jawa. 

Bahaya Timbal Terhadap Kesehatan 

taman bermain mengandung timbal
Ilustrasi pendengaran terganggu via shutterstock

Efek dari timbal ini tidak bisa dianggap main-main, Teman Traveler. Ada banyak dampak yang bisa diterima apabila terkena paparan timbal secara konsisten. Seperti menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tulang, mengganggu sistem saraf dan pendengaran serta sistem reproduksi yang tidak berjalan dengan baik. 

Nah, untuk mengetahui apakah fasilitas dari taman bermain mengandung timbal kadar tinggi atau tidak, ada caranya. Menurut Agus Haryono selaku Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, apabila warna sangat cerah, berarti bisa dipastikan kandungan timbalnya cukup tinggi. Lalu, untuk warna yang memiliki timbal dengan kadar tinggi adalah kuning. 

Cara Kontaminasi Timbal 

Ilustrasi menelan timbal via shutterstock

Bahaya-bahaya di atas ternyata tak semata-mata langsung terpapar ke dalam tubuh anak. Tapi ada cara kontaminasi yang membuat anak-anak mengalami efek tersebut. Yakni anak-anak secara tidak sengaja menelan timbal yang menempel pada tubuhnya. Mungkin dari baju atau tangannya. 

Ada Cara Menghindari Kontaminasi Timbal 

Ilustrasi mencuci tangan setelah bermain via shutterstock

Kontaminasi timbal bisa diatasi dengan beberapa cara, Teman Traveler. Pertama, segera mengganti baju anak setelah bermain. Kemudian yang kedua yaitu mencuci tangan dan kaki ketika sudah bermain agar timbal tak terlalu lama menempel di tubuh. Selanjutnya yang ketiga jangan memberi makan atau minum anak di taman bermain, lantaran dikhawatirkan timbal bisa menempel di makanan dan minumannya. 

Melihat ulasan di atas, sebenarnya tidak semua taman bermain mengandung kadar timbal yang tinggi. Namun ada baiknya untuk selalu waspada ketika berkunjung ke area bermain. Caranya adalah dengan menerapkan cara menghindari kontaminasi timbal yang sudah dijelaskan di atas.  Next

ramadan
Perpustakaan Erasmus Huis (c) Nurull Huda Travelingyuk

Perpustakaan Erasmus Huis Jakarta, Keliling Dunia Lewat Buku

Deretan Upacara Adat di Bantul, Ada yang Sempat Dibubarkan!