in , ,

Pulau Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon, Ada yang Mirip Amazon

Wah, tak sekedar ada badak saja dong?

Bencana tsunami Selat Sunda yang terjadi 22 Desember 2018 lalu, telah memporakporandakan wilayah di sekitarnya. Termasuk Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang merupakan habitat dari Badak Jawa. Akibatnya, bencana tersebut hanya menyisakan 68 ekor badak di tahun 2019.

Baca juga : Anggrek Executive Lounge, Menunggu Kereta Tak Lagi Menjemukan

Tapi, Teman Traveler jangan sedih, karena kini TNUK kondisinya sudah pulih seperti semula. Nah, bagi yang ingin menjelajah ke sini, di sekitar TNUK ada banyak sekali tempat yang juga menunggu untuk dikunjungi. Penasaran apa saja? Bisa simak ulasan di bawah ini, ya.

Pulau Peucang dengan Air Lautnya yang Jernih

taman nasional ujung kulon
Pasir putih bersih dan jernihnya air laut pulau Peucang via instagram/budakruyuk_adventure

Ketika berkunjung ke TNUK, kalian pasti akan disambut dengan yang namanya Pulau Peucang. Di sini merupakan dermaga kapal yang datang dari Desa Sumur. Kelebihan dari pulau satu ini adalah air lautnya yang berwarna hijau tosca, sehingga bisa dipastikan akan membuat semua orang yang melihatnya ingin berenang.

Ditambah lagi di tempat ini kita bisa melihat satwa liar dilindungi berkeliaran sekaligus dapat berinteraksi dengan mereka. Seperti rusa, monyet, beberapa biawak, babi hutan dan kicauan beberapa jenis burung. Hal tersebut menambah kesan eksotis pulau seluas +- 3 hektar ini.

Ada Padang Savana Mirip di Afrika

taman nasional ujung kulon
Plang Padang Penggembalaan Cidaon via instagram/budakruyuk_adventure

Tidak jauh dari Peucang, Teman Traveler bisa menikmati suasana padang savana ala Afrika. Satwa liar seperti Rusa, Kancil, Babi Hutan, Merak Hijau bahkan Banteng berkumpul di Padang Penggembalaan Cidaon ini. Tapi para pengunjung tidak diperkenankan terlalu lama dan jauh menelusuri tempat ini karena area tersebut juga habitat bagi predator. Seperti Macan Tutul, Anjing Hutan, Macan Dahan, Luwak dan Kucing Hutan. 

Menelusuri Pulau Handeleum yang Mirip Amazon

Amazon di Semenanjung Ujung Kulon via instagram/budakruyuk_adventure

Di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon terdapat pulau lain yang bisa Teman Traveler jelajahi. Namanya adalah Pulau Handeleum. Di sana kita bisa menyewa perahu untuk menelusuri Sungai Cigenter sambil menikmati hutan hujan tropis. Nah, saat melakukan aktivitas ini, dijamin kalian akan teringat dengan Hutan Amazon yang ada di Brazil.

Pulau Badul yang Ada Ikan Badut

Keindahan alam bawah laut Pulau Badul via instagram/budakruyuk_adventure

Terakhir, ada Pulau Badul yang populer dengan kekayaan biota lautnya. Di sana kalian akan menemukan banyak terumbu karang dan juga hewan-hewan laut yang cantik. Salah satunya adalah Ikan Badut yang ada di film Finding Nemo. Namun, untuk melihat keindahan bawah laut ini, Teman Traveler wajib untuk berenang sekitar 25 meter terlebih dulu. Alasannya karena kapal tidak bisa mendekati area terumbu karang.

Sungguh indah memang wisata alam yang berada di Banten ini. Tapi ingat ya Teman Traveler, Taman Nasional Ujung Kulon merupakan habitat asli satwa-satwa yang hidup di dalamnya, dan beberapa di antaranya sangat dilindungi bahkan terancam punah. Kita sebagai traveler wajib sadar akan kebersihan dan kemurnian alamnya. Jadi, jangan sampai membuat ulah di sana, seperti membuang sampah sembarangan atau mengganggu satwa ketika berkunjung ke sana.

   Next

ramadan

4 Wisata Pantai Tanjung Selor, Kalimantan Utara

Keindahan Pantai Sinden

Pantai Sinden, Keindahan Tersembunyi dengan Wahana Ekstrem