in ,

Yuk Datang ke Teras Sunda Cibiru! Destinasi Wisata Baru di Bandung

Teras Sunda Cibiru, Pusat Kesenian dan Kebudayaan Sunda di Bandung

Teras Sunda Cibiru
Teras Sunda Cibiru

Kota Bandung merupakan salah satu jujugan bagi pelancong untuk berlibur atau sekedar melepas penat. Karenanya kota ini terus menambah destinasi wisata agar selalu ada tempat baru. Wisatawan pun tidak bosan. Baru-baru ini diresmikan Teras Sunda Cibiru, tempat wisata di Bandung ini mengusung konsep seni budaya terbaru di Kota Kembang. Seperti apa sih area satu ini? Yuk disimak pada ulasan berikut!

Baca juga : 4 Makanan Tradisional di Festival Kuliner Sleman, Enak dan Bikin Ketagihan

Dibuka secara Resmi Rabu 31 Oktober 2018

Suasana Peresmian Teras Sunda Cibiru via Instagram @kacapaesan
Suasana Peresmian Teras Sunda Cibiru via Instagram @kacapaesan

Satu lagi destinasi wisata di Kota Bandung, Teras Sunda Cibiru, berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Cibiru. Tempat ini merupakan tempat pusat kesenian dan kebudayaan Sunda yang baru diresmikan oleh Wali Kota Bandung pada 31 Oktober 2018 lalu. Bertujuan untuk memberi sarana bagi penduduk Kota Bandung khususnya seniman, dibawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Bagian Depan via Instagram @dannyswastikawati
Bagian Depan via Instagram @dannyswastikawati

Tempatnya Seni Budaya Kota Bandung

Seorang Seniman sedang Diskusi dengan Pengunjung via Instagram @kacapaesan
Seorang Seniman sedang Diskusi dengan Pengunjung via Instagram @kacapaesan

Ruang ekspresi ini ke depannya akan menjadi tempat di mana kegiatan kesenian dan kebudayaan Sunda berlangsung. Untuk rencana ke depan akan dicanangkan agenda residensi, artinya seniman luar Kota Bandung diberi wadah untuk bermalam selama waktu yang ditentukan. Agar lebih mengenal budaya Sunda, dengan beragam kegiatan yang telah dipersiapkan. Teman Traveler nantinya akan menyaksikan variasi event seni budaya di Teras Sunda Cibiru secara rutin. Diantaranya pencak silat, benjang, dan banyak lainnya.

6 Bangunan Khas Sunda Berbahan Bambu

Salah Satu Bangunan via Instagram @dannyswastikawati
Salah Satu Bangunan via Instagram @dannyswastikawati

Teras Sunda Cibiru memiliki konstruksi yang khas, terdiri dari 6 bangunan berbahan dasar material bambu, demi menunjukkan jati diri budaya Sunda. Bangunan utama difungsikan sebagai aula dan amphiteater, sedangkan ruang lain dimanfaatkan sebagai galeri, tempat pembuatan alat-alat kesenian, kios penjualan oleh-oleh, pendopo, dan lainnya.

Pelancong Bebas Mengakses Fasilitas yang Disediakan

Galeri Seni via Instagram @fan_fin
Galeri Seni via Instagram @fan_fin

Selain fasilitas yang telah disebutkan di atas, Teras Sunda Cibiru juga terdapat tugu setinggi kurang lebih 10 meter berbentuk serupa dengan bambu runcing. Teman Traveler juga akan menemukan kolam dangkal untuk sekedar bermain-main di halaman taman yang ada di kawasa terasnya. Pelancong bebas memanfaatkan fasilitas dan atraksi yang telah disediakan di destinasi wisata Bandung yang satu ini. Salah satu spot yang menjadi favorit adalah galeri dengan bermacam lukisan, bisa menjadi salah satu sudut instagenic juga.

Destinasi wisata seni budaya ini berjarak kurang lebih 40 menit dari pusat Kota Bandung, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Teman Traveler yang berada di Kota Kembang dan sekitarnya, apakah sudah singgah di Teras Sunda Cibiru? Boleh berbagi cerita di kolom komentar, ya. Next

ramadan

Jajanan Seafood Kekinian di Surabaya, Cemal-cemil Enak di Kota Pahlawan

Sego Resek Kasin Malang, Bermula dari Jualan Dekat Tempat Sampah Kini Digemari Banyak Lidah