in ,

Penting untuk Traveler, Tips Agar Handphone Tetap Normal di Suhu Dingin

Sederet Tips Agar Handphone Berfungsi Normal di Udara Dingin

Ilustrasi menggunakan ponsel di udara dingin
Ilustrasi menggunakan ponsel di udara dingin via Pixabay

Meski sudah dilengkapi beragam teknologi canggih, smartphone biasanya masih rentan terhadap perubahan suhu. Begitu dibawa ke tempat bersuhu ekstra dingin, bukan tak mungkin ponsel mengalami malfungsi. Namun untungnya ada beberapa tips agar handphone tetap normal di suhu dingin.

Baca juga : Hotel dengan Kolam Renang Air Hangat di Garut, Berendam Lama-lama Nggak Masalah!

Sederet trik tersebut bisa sobat traveler praktekkan jika sedang mengunjung tempat dengan suhu lumayan dingin, seperti pegunungan atau perbukitan. Jangan sampai alat komunikasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya ketika sedang berlibur. Tanpa banyak kata lagi, berikut adalah sederet tips agar handphone tetap normal di suhu dingin.

1. Disimpan dalam kantong

Ilustrasi smartphone di dalam kantong
Ilustrasi smartphone di dalam kantong via pixabay

Salah satu cara terbaik membuat ponsel bisa terus bekerja normal adalah menjaga ponsel tetap berada di suhu normal. Metode paling mudah adalah dengan menyimpan smartphone di dalam kantong. Hape akan tetap hangat karena berdekatan dengan panas tubuh.

Akan jauh lebih baik jika sobat traveler mengenakan celana berbahan tebal. Suhu ponsel kesayangan bakal tetap terjaga. Pasalnya smartphone dipastikan akan mengalami malfungsi jika terjadi perubahan suhu mendadak. Oleh karena itu sebaiknya jangan pernah tinggalkan handphone di dekat jendela mobil jika cuaca sedang panas.

2. Lindungi dengan casing khusus

Casing khusus untuk hape
Casing khusus untuk hape via Pixabay

Belakangan ini ada banyak gerai menawarkan beragam casing khusus untuk segala jenis smartphone. Masing-masing punya fungsi berbeda. Ada yang melindungi dari benturan, ada juga yang menjaga agar suhu ponsel tidak terlalu panas. Casing semacam itu biasanya dilengkapi teknologi khusus yang disebut thermal.

Jika sobat traveler berencana traveling ke tempat dengan suhu dingin, seperti gunung atau bukit, sebaiknya lakukan persiapan matang. Belilah salah satu casing dengan teknologi pengatur suhu agar ponsel tak sampai mengalami malfungsi ketika terpapar temperatur rendah.

3. Matikan handphone

Ilustrasi mematikan smartphone
Ilustrasi mematikan smartphone via Pixabay

Cara terakhir agar ponsel tetap bekerja normal meski diekspos udara dingin adalah dengan mematikannya. Mungkin terdengar konyol, namun ini adalah salah satu metode terbaik dan paling ampuh. Matikan perangkat jika memang sedang tak digunakan dan nyalakan kembali ketika ingin mengirim pesan atau menelepon seseorang.

Selain menjaga ponsel tetap berfungsi dengan baik, cara ini juga efektif untuk menghemat daya baterai. Apalagi di daerah gunung atau bukit tangkapan sinyal tidak terlalu bagus. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang menguras daya baterai ponsel.

Itulah tadi beberapa tips agar handphone tetap normal di suhu dingin. Jika sobat traveler kebetulan sedang merencanakan kunjungan ke daerah dengan temperatur ekstrem seperti pegunungan misalnya, tak ada salahnya mencoba mempraktekkan beberapa tips di atas. Next

ramadan

Merasakan Sejuknya Perkebunan Teh di Jawa Timur

Via Instagram jogjabikinlaper

Warung Pojok Mbak Yuni Kotabaru, Kaki Lima Tapi Jadi Idola