in , ,

Toko Kopi Podjok, Warung Legendaris yang Sudah Ada dari Tahun 1947

Ada banyak pilihan kopi di sini

Kopi sudah menjadi minuman primadona bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Jika Teman Traveler salah satu penggila kopi, cobalah pergi ke Kota Solo. Di Kota Batik ini, ada sebuah toko kopi tradisonal yang menjajakan aneka jenis kopi. Namanya adalah Toko Kopi Podjok yang sudah sangat legendaris. Bagi kalian yang penasaran dengan tempat ini, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : Dear Lucy Cafe, Ketemu Santan dan Pangsit yang Ngegemesin

Lokasi Toko Kopi

toko kopi podjok
Beragam kopi yang dijual (c) Anggraini/Travelingyuk

Sesuai dengan namanya, Toko Kopi Podjok terletak persis di sudut utara Pasar Gedhe, tepatnya di Jalan Utara Pasar Besar, Sudiroprajan, Jebres.    Toko ini buka setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 07.30 hingga 15.00 WIB.

Untuk menuju ke lokasi, kalian bisa menaiki bus Batik Solo Trans yang menuju ke arah Pasar Gedhe atau menggunakan jasa ojek online. Untuk harga kopi yang dijual di tempat ini bervariasi. Namun, rata-rata kopi di toko ini hanya dijual dengan harga Rp14.000 hingga Rp46.000 per kilogram.

Kopi yang dijual di toko ini diberi label Kopi Tjap Angkring. Hampir seluruh angkringan dan wedangan di Kota Solo menggunakan kopi tersebut sebagai salah satu menu andalan.

Tak Hanya Menjual Kopi

toko kopi podjok
Menyediakan kopi langsung seduh (c) Anggraini/Travelingyuk

Toko kopi ini tak hanya menyediakan kopi dari seluruh penjuru daerah. Tapi juga menjual alat-alat kopi, seperti filter paper, grinder, french press, termometer dan sejenisnya. Selain itu, Teman Traveler juga bisa menikmati kopi yang sudah diseduh, baik dalam bentuk minuman panas atau dingin dengan harga Rp5.000 per cup.  

Merupakan Toko Legendaris

img_20200118_wa0001_1__Wf2.jpg
Mesin penggiling kopi di Toko Podjok (c) Anggraini/Travelingyuk

Toko kopi sederhana ini ternyata telah berdiri jauh sebelum kafe kekinian menjamur di Indonesia, yaitu sejak tahun 1947. Hadirnya toko ini menjadi saksi bahwa minum kopi sudah menjadi kegemaran warga Solo sejak dulu.

Tradisi minum kopi di Solo mudah ditemui di angkringan atau HIK yang banyak menjamur di Kota Solo. Di tempat itulah, orang-orang berkumpul sembari menyeruput kopi. Oleh karena itu, sebagian besar angkringan atau HIK di kota Solo menyediakan kopi Tjap Angkring dari Toko Podjok sebagai salah satu menunya.  

Manfaat dari Minum Kopi

img_20200118_wa0002_1__t4H.jpg
Kopi Tjap Angkring produksi Toko Podjok (c) Anggraini/Travelingyuk

Selain sebagai minuman pendamping ketika berkumpul bersama teman atau keluarga, kopi juga memiliki banyak manfaat. Kandungan kafein di dalam kopi mampu menstimulasi energi sehingga membantu kita untuk fokus dan menghilangkan kantuk.  Kemudian, kopi juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit karena efek radikal bebas dalam tubuh.

Jadi, itulah Toko Kopi Podjok yang sudah terkenal sejak dulu. Semua kopinya dijamin memiliki kualitas yang baik, sehingga rasanya pun tidak akan mengecewakan. Bagi kalian para pecinta kopi, sepertinya tidak boleh melewatkan toko satu ini.   Next

ramadan

Cagar Alam Mutis, Hutan Bonsai Yang Cantik

Omah Oma Hostel, Penginapan Vintage dan Instagrammable di Pusat Kota Malang