in , , ,

Tradisi Lebaran di Berbagai Negara, Ada yang Menghiasi Rumah Dengan Lampion

Tradisi saat lebaran di berbagai negara muslim

fi tradisi lebaran berbagai negara

Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, banyak persiapan dalam memeriahkan hari kemenangan ini. Seperti tradisi lebaran di berbagai negara berikut, salah satunya ada yang meghiasi rumah dengan lampion agar meriah. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Benarkah Kini Tak Boleh Bawa Peralatan Elektronik di dalam Pesawat ?

1. India

india
Ilustrasi via instagram hiijabtales

Pertama ada India yang memiliki tradisi lebaran saat malam terakhir Ramadan yaitu Chaand Raat, orang-orang akan pergi mengunjungi bazar dan berbelanja. Kemudian para wanita india memakai baju tradisional saree serta menghiasi tangan dengan henna. Selain India, negara Asia Selatan Bangladesh, Pakistan, Nepal dan Sri Langka juga merayakannya.

2. China

china
Ilustrasi via instagram antoniomanuelcunha

Selanjutnya di China memiliki tradisi Idul Fitri dengan mengunjungi makam Sayyid Ajjal Shams Al Din Omar, para muslim akan datang untuk membersihkan makam dan membaca Al-quran bersama.

Sayyid Ajjal adalah gubernur pertama Provinsi Yunan yang memperkenalkan Islam, sekaligus mempraktikkan toleransi beragama di daerah tersebut. Selain itu mereka akan berkumpul dengan keluarga sambil menikmati hidangan khas lebaran.

3. Afghanistan

afghanistan
Ilustrasi via instagram zkhoddi

Kemudian tradisi lebaran selanjutnya sangat unik yaitu tradisi tanding telur atau disebut Tokhm-Jangi di Afghanistan. Masyarakat berkumpul di taman dari segala usia untuk mencoba memecahkan telur pada Hari Raya Idul Fitri.

Telur-telur sebelumnya dimasak sampai matang lalu didekorasi berbagai warna serta desain. Permainan ini dilakukan oleh dua orang yang mempertahankan masing-masing telur kemudian saling menyerang jika telur pecah oleh lawan maka akan kalah dan sebaliknya.

4. Turki

turki
Ilustrasi via instagram sultan_mutfakta_06

Berikutnya ada Turki yang memeriahkan Idul Fitri atau Seker Bayram dengan Festival Gula. Setelah menunaikan sholat masyarakat berkumpul bersama keluarga, anak-anak akan mengunjungi rumah tetangga untuk mengucapkan hari raya. Lalu sebagai hadiah mereka akan mendapatkan permen, coklat atau baklava.

5. Arab Saudi

arab saudi
Ilustrasi via instagram Shanto Mazumder

Terakhir di Arab Saudi menyambut Hari Raya Idul Fitri sangat meriah, mengadakan pagelaran musik, parade, teater dan kesenian tradisional lainnya sambil menikmati makanan khasnya. Selain itu masyarakat Saudi akan menghiasi rumah mereka dengan lampion berwarna-warni agar terlihat cantik.

Demikian ulasan tradisi lebaran di berbagai negara, sama seperti Indonesia yang menyambut Idul Fitri dengan meriah. Next

ramadan
fi pantai di malang

4 Pantai di Malang, Vitamin Sea Libur Lebaran Bisa Surfing Juga Lho!

taman Safari

Libur Lebaran, Berkunjung ke Taman Safari Indonesia 2