in , ,

Trenggalek Agro Park, Serunya Liburan Sambil Belajar di Wisata Pertanian

Belajar pertanian menarik bisa di sini

Mulai 26 Desember 2018 yang lalu Trenggalek punya sebuah destinasi wisata baru di tengah pusat Kota Kabupaten Trenggalek. Bernama Trenggalek Agro Park, tempat ini adalah sebuah taman yang didesain sebagai taman edukasi yang bernuansa pertanian. Apabila kalian penasaran dengan tempat wisata ini, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : 4 Kuliner Favorit Isyana Sarasvati, Semuanya Indonesia Banget!

1. Taman dengan Desain Menarik

trenggalek agro park
Bagian depan taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tempat wisata ini merupakan taman yang berdesain menarik. Gerbang masuknya saja sudah sangat mencolok dengan hiasan menyerupai tangkai bunga. Desain seperti ini membuat banyak orang tertarik untuk mengabadikan momen di sana.

2. Ada Tempat Santai di Tengah Sawah

trenggalek agro park
Gazebo untuk bersantai (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Seperti taman-taman yang lain, Agro wisata ini selain memang bertemakan sawah juga menjadi tempat bersantai bagi pengunjungnya. Beberapa gazebo untuk kita bersantai dibangun di antara area persawahan dengan jalan setapak yang dipenuhi bunga di kanan-kirinya.

3. Ada Kolam Ikan Mas di Area Persawahan

trenggalek agropark
Kolam ikan mas (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tema pertanian pada taman ini memang sangat ditonjolkan di segala penjuru isi taman. Salah satunya adalah kita bisa menemui contoh teknik pertanian mina padi, yang merupakan penggabungan 2 usaha pertanian yaitu tanaman padi dan juga budidaya ikan pada lahan yang sama. Untuk tempat wisata ini, budidaya ikan yang dilakukan adalah ikan mas.

4. Ada Budidaya Tanaman Hidroponik

trenggalek agropark
Tanaman hidroponik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain budidaya ikan, di sini Teman Traveler juga bisa melihat tanaman hidroponik. Teknik ini memang sedang digalakkan di daerah setempat. Ini karena supaya masyarakat sekitar bisa belajar menghemat lahan.

5. Pengembangan Tanaman Herbal

Tanaman herbal (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Salah satu bentuk budidaya tanaman yang ditunjukkan di Trenggalek Agro Park ini adalah budidaya tanaman herbal. Ini akan sangat menarik perhatian kita sebagai pengunjung, mengingat seringkali kita sangat butuh tanaman herbal untuk penyembuhan beberapa penyakit. Dengan mengamati contoh budidaya tanaman herbal di taman ini kita bisa belajar menanamnya sendiri di rumah.

6. Ada Area Pembibitan Sayuran

Area pembibitan sayur (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika kita semakin masuk ke dalam area taman, menuju ujung barat kita akan menemukan contoh budidaya sayuran. Kalau sedang beruntung, kita juga bisa menemui para petani yang sedang mengurus area pertanian ini dan belajar langsung dari mereka.

7. Tanaman Buah yang Beraneka Ragam

Pohon buah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bukan hanya hasil pertanian padi dan sayuran. Di sisi utara taman kita bisa menemukan budidaya tanaman buah. Di sektor ini kalian bisa melihat bermacam-macam tanaman buah seperti mangga, jambu, alpukat, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kita juga bisa belajar berbagai teknik penanamannya.

8. Pengembangbiakan Ternak Kambing

Ternak kambing (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Terakhir, kalian juga bisa melihat berbagai kambing yang diternakkan di sini. Tak hanya sekadar melihat, Teman Traveler juga bisa belajar tentang ternak kambing. Seperti budidayanya, proses pembuatan pupuk dari kotoran kambing dan masih banyak lagi. Hal ini tentu cocok bagi kalian yang ingin mempunyai usaha ternak kambing.

Jadi, bagi kalian yang suka sekali wisata pertanian, bisa mampir ke Trenggalek Agro Park. Dijamin, kalian bisa mendapatkan banyak ilmu ketika berkunjung ke sini. Apabila Teman Traveler tertarik ke sini, bisa langsung datang ke Jl. Soekarno – Hatta, Trenggalek, Jawa Timur. Next

ramadan

Museum Sepuluh November, Gudangnya Kisah Perjalanan Melawan Zaman Penjajahan

Serunya Liburan Sehari di Pulau Reklamasi, Odaiba!