in , ,

Museum Sepuluh November, Gudangnya Kisah Perjalanan Melawan Zaman Penjajahan

Banyak hal yang bisa kalian temukan di sini

Surabaya yang dijuluki Kota Pahlawan mempunyai banyak sekali gedung yang berhubungan dengan sejarah di dalamnya. Salah satunya adalah Museum Sepuluh Nopember. Sesuai namanya, museum ini berisi koleksi dan bukti sejarah peristiwa 10 Nopember 1945. Untuk lebih detailnya, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : Akomodasi Tepi Pantai Labuan Bajo, Nyaman dan Terjangkau

1. Lokasi Museum

museum sepuluh nopember
Bagian depan museum (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Museum ini berada di komplek Tugu Pahlawan yang berlokasi di Jl. Pahlawan yang merupakan pusat Kota Surabaya dan dekat dengan Kantor Gubernur Jawa Timur. Tepatnya di bawah tanah Tugu Pahlawan. Museum ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H Abdurrahman Wahid.

2. Berisi Penggambaran Perang 10 Nopember 1945

museum sepuluh nopember
Patung di tengah museum (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Seperti namanya, sudah jelas kalau museum ini berisi tentang semua hal yang berhubungan dengan kejadian perang 10 Nopember 1945. Dari awal masuk ke gedung utama museum, kita akan disambut sebuah patung besar di tengah bangunan. Patung ini menggambarkan kegigihan para pejuang yang berperang melawan penjajah dengan banyak korban yang berguguran, tetapi tetap berusaha bangkit.

3. Memajang Foto dan Lukisan Zaman Peperangan

museum sepuluh nopember
Foto proklamator (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Salah satu koleksi yang banyak ditampilkan di museum ini adalah foto-foto dan juga beberapa lukisan. Foto yang paling menyita perhatian adalah 2 orang proklamator, yakni Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Foto ini menempel di atap museum yang bisa dilihat dari lantai 1 ataupun 2.

museum sepuluh nopember
Foto zaman peperangan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di lantai 2 museu, kita bisa menemukan 4 buah papan berisi foto-foto perjalanan dan kejadian saat masa peperangan hingga Surabaya mulai bangkit. Kita bisa membaca kisah lengkapnya lewat foto-foto ini, karena dilengkapi keterangan yang cukup detail.

museum sepuluh nopember
Foto bangunan ikonik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sedangkan di bagian utara lantai 2 museum, terdapat foto beberapa bangunan ikonik dan bersejarah yang telah dibangun dari saat zaman penjajahan Belanda. Beberapa bangunan itu di antaranya adalah Hotel Yamato yang sekarang menjadi Hotel Majapahit, Gedung Siola, dan Gedung Grahadi yang merupakan Gedung Gubernur Jawa Timur.

Lukisan perang di Jembatan Merah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain foto, di lantai 2 museum ini terpasang sebuah lukisan yang menunjukkan peristiwa peperangan pada 31 Oktober 1945 yang terjadi di atas Jembatan Merah. Peristiwa ini menjadi peperangan pembuka sebelum peristiwa 10 Nopember 1945.

Info Rumah Sakit Simpang Surabaya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lalu, ada foto-foto tentang Rumah Sakit Simpang Surabaya. Rumah sakit ini didirikan tahun 1808 dan berfungsi sebagai tempat rujukan untuk para pejuang yang terluka saat perang. Kini, rumah sakit tersebut sudah menjadi Delta Plaza Surabaya yang megah.

4. Ada Benda-benda Bukti Perjuangan Bung Tomo

Radio kuno (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di museum ini juga dipamerkan benda-benda penting yang berhubungan dengan peristiwa 10 Nopember 1945. Salah satunya radio yang digunakan arek-arek Suroboyo untuk mendengarkan kata-kata yang membakar semangat dari Bung Tomo.

Catatan harian Bung Tomo (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain radio, di museum ini juga ditampilkan sebuah catatan harian Bung Tomo. Isi catatan harian ini adalah perjalanan keseharian Bung Tomo selama masa perang.

5. Ada Koleksi Peralatan Perang Arek-Arek Suroboyo

Perlengkapan arek-arek Suroboyo untuk berperang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Peperangan 10 Nopember 1945 mengadirkan tokoh sentral yaitu arek-arek Suroboyo yang menjadi pejuang lokal. Dalam masa peperangan itu arek-arek Suroboyo melengkapi dirinya dengan helm, pistol, dan juga beberapa senjata laras panjang. Sejumlah peralatan perang itu ditampilkan di museum ini.

Mata uang zaman dulu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain peralatan perang, mata uang yang digunakan negara kita saat itu juga ditampilkan. Walaupun sudah berusia hampir seratus tahun, beberapa uang kertas dan logam yang ditampilkan di museum ini masih sangat terjaga keadaannya.

6. Pojok Kisah Surabaya Saat Masa Proklamasi Kemerdekaan

Kisah perjalanan Surabaya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di lantai 1, kita bisa melihat perjalanan peristiwa di Kota Surabaya selama masa proklamasi kemerdekaan. Di sini, terdapat tulisan-tulisan dan juga beberapa gambar yang mendukung.

Penggambaran masa peperangan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu, kita juga bisa melihat beberapa ilustrasi patung dan juga diorama. Di sana terdapat patung penggambaran masa perang 10 Nopember 1945 yang terdiri dari tentara, perawat, sampai ibu rumah tangga.

Demikianlah sekelumit informasi mengenai Museum Sepuluh Nopember yang ada di Surabaya. Bagi kalian yang ingin tahu banyak tentang sejarah kota pahlawan ini, bisa mampir ke sini. Harga tiketnya adalah Rp5.000 per orang. Next

ramadan
The Ranch Cisarua

The Ranch Cisarua, Berkuda ala Eropa di Bogor

Trenggalek Agro Park, Serunya Liburan Sambil Belajar di Wisata Pertanian