in ,

Trubus Cake & Bakery di Jogja, Legendaris dengan Ciri Khas Mbok-mbok Tenongan dengan Seragam

Penjaja Panganan Legendaris dengan Mboh Tenongan, Trubus Cake & Bakery di Jogja

via Instagram/trubusjogja
via Instagram/trubusjogja

Jogja selalu berhasil membuat orang-orang terpikat. Ada saja hal unik yang ditawarkan dan membuat para wisatawan kembali berdatangan. Salah satu yang cukup unik namun legendaris adalah Trubus Cake & Bakery. Merupakan toko roti yang menawarkan beragam kue tradisional ataupun modern yang populer di Jogja. Buat Teman Traveler yang ingin mampir ke Toko Trubus, yuk ikuti ulasannya seperti berikut.

Baca juga : Hindari Menggunakan Ini Agar Penerbanganmu Semakin Nyaman

Trubus Cake & Bakery Berdiri Sejak 1960-an

Ragam pilihan menu di Toko Trubus, via Instagram/foodjogja
Ragam pilihan menu di Toko Trubus, via Instagram/foodjogja

Trubus Cake & Bakery sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Menjadi salah satu toko panganan tertua yang masih bertahan hingga detik ini. Tempat legendaris di Jogja ini sudah dikelola selama tiga generasi yang berbeda. Bahkan, sampai sekarang masih populer sebagai penjaja penganan modern dan tradisional yang enak, lezat, serta kualitas sajiannya terjamin. Benar-benar tak lekang oleh waktu.

Ciri Khas Mbok-mbok Tenongan dengan Seragam

Penjual tenongan, via Instagram/trubusjogja
Penjual tenongan, via Instagram/trubusjogja

Awal usahanya dahulu, sang pemilik Toko Trubus ini memaksimalkan penjualan dengan penjaja keliling yang disebut dengan tenongan. Penampilan penjaja tenongan ini di masa yang lampu seperti perawat dengan warna-warna yang segaram, ada kuning, pink, ungu dan juga putih. Seragam ini dimaksudkan untuk memberikan kesan mewah karena memang menyasar orang-orang kalangan atas.

Penjual tenongan, via Instagram/jogjabikinlaper
Penjual tenongan, via Instagram/jogjabikinlaper

Karena sekarang ini sudah semakin susah mencari penjual untuk tenongan, maka sang pemilik semakin memfokuskannya menjadi usaha toko. Namun, tenongan ini tetap dilestarikan sehingga malah menjadi ciri khas dari Trubus Cake & Bakery. Sayangnya, jangkauan penjaja keliling ini tidak seluas dahulu dan jumlanya pun tidak terlalu banyak.

Beragam Menu yang Ditawarkan di Toko Trubus

Pilihan camilan yang beragam, via Instagram/jogjabikinlaper
Pilihan camilan yang beragam, via Instagram/jogjabikinlaper

Kue-kue yang dijual di toko dan dibawa tenongan sangat beragam. Ada dimsum ataupun siomay yang menggugah selera. Mie dan juga bihun goreng dengan bumbu ebi yang tersohor. Camilannya beragam, ada kroket, lumpia, sosis solo, pastel, kue sus, dan banyak jenis lainnya. Pilihan jajanannya memang banyak sekali, namun yang paling banyak diburu adalah lumpia. Kenikmatan lumpia di Toko Trubus ini bahkan sering disamakan dengan daerah aslinya, Semarang.

Alamat Trubus Cake & Bakery yang Melegenda

Siapa yang tak tergiur, via Instagram/jogjaeatgrapher
Siapa yang tak tergiur, via Instagram/jogjaeatgrapher

Alamat Trubus Cake & Bakery adalalah Jl. Poncowinatan No. 67-71, Cokrodiningratan, Jetis, Jogja. Jam bukanya mulai dari jam 07:00 sampai dengan 17:00 WIB. Atau bisa juga jika kamu beruntung bisa menemukan ibu-ibu tenongan yang keliling di lokasi-lokasi strategis. Harga lumpia di sini dibandrol Rp6.000 per Desember 2018. Sepadan dengan cita rasa yang ditawarkan.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai Trubus Cake & Bakery di Jogja. Pastikan mampir saat Teman Traveler berkunjung ke Kota Gudeg. Jadi, kapan traveling lagi ke Jogja? Next

ramadan
via Instagram/jogjabikinlaper

Warung Makan Mbok Wig, Kuliner Blusukan Legendaris di Jogja

Bus wisata mirip bandros diluncurkan

Ridwan Kamil Hibahkan Bus Wisata Mirip Bandros, Makin Permudah Wisatawan Tuk Keliling Kota