in ,

Wisata Alam Blora, Kesegaran di Tengah Kawasan Penghasil Minyak

Keindahan Alam di Blora Kabupaten Penghasil Minyak, Ternyata Elok

Wisata Alam Blora
Wisata Alam Blora

Blora, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur. Kota ini terkenal dengan Cepu, sebuah kecamatan di Blora yang tersohor karena merupakan tempat penghasil minyak. Padahal juga ada sederetan wisata alam Blora dengan panorama elok yang patut dijelajahi. Di mana sajakah? Yuk dibaca ulasan berikut.

Baca juga : Potret Keseruan Anissa Aziza yang Jalan-jalan ke Bali, Happy Banget

Bukit Pencu

Bukit Pencu via Instagram @ziyyamufia
Bukit Pencu via Instagram @ziyyamufia

Wisata alam Blora ini berada di Dukuh Gendono, Desa Gandu dan dapat diakses dengan cukup mudah dari Blora Kota maupun Cepu. Bukit Pencu dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 45 menit dari Blora Kota. Sedangkan dari Cepu, berjarak sekitar 40 kilometer ditempuh dengan kendaraan bermotor selama sekitar 1 jam.

Akses menuju kawasan ini berupa perbukitan dengan jalan cukup menanjak. Ada yang sudah dibeton, sisanya  masih makadam. Teman Traveler harus memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan, kemudian berjalan kaki kurang lebih 500 meter menuju puncak bukit. Dari atas bukit, Teman Traveler akan disuguhi dengan pemandangan hamparan hutan jati dan pegunungan kapur.

Wisata Cahaya Goa Terawang

Gua Terawang via Instagram @kemanakitaliburan
Gua Terawang via Instagram @kemanakitaliburan

Wisata alam Blora berikut ini merupakan gua yang berlokasi di tengah-tengah hutan jati tepatnya di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan. Dari Blora Kota dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor memakan waktu sekitar 45 menit. Sesuai dengan namanya, ketika memasuki gua ini Teman Traveler akan disuguhi oleh cahaya yang masuk dari atas celah-celahnua. Tidak jarang destinasi wisata ini dijadikan tempat untuk photoshoot, berkat keindahan dinding kapurnya serta cahaya yang bagai malaikat turun dari langit tersebut.

Bukit Jonggrang

Bukit Jonggrang via Instagram @indryfrii
Bukit Jonggrang via Instagram @indryfrii

Wisata alam Blora berikutnya adalah sebuah perbukitan dengan ketinggian kurang lebih 300 mdpl, berlokasi di Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan. Bukit Jonggrang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari Blora Kota dalam waktu sekitar 90 menit. Untuk mencapai puncak bukit, Teman Traveler harus berjalan kaki menyusuri jalanan tanah dan bebatuan di lereng bukit.

Sesampainya di atas bukit Jonggrang, akan disuguhkan bentangan hutan hijau dengan suasana asri. Teman Traveler dapat menikmati panorama alam di area ini di atas berbagai tempat yang disediakan untuk berfoto. Dapat juga menjelajah bukit Jonggrang yang terdapat batu bertebing dan tumpukan batu karang.

Lumpur Kesongo

Lumpur Kesongo via Instagram @perumperhutani
Lumpur Kesongo via Instagram @perumperhutani

Walaupun bukan sengaja dibuka sebagai wisata alam Blora, namun Sumber Lumpur Kesongo ini banyak dikunjungi pelancong. Apalagi kalau bukan demi menyaksikan gundukan bekas semburan lumpur yang membentuk seperti bukit. Lumpur Kesongo ini berada di area perhutani Blora, berupa hamparan tanah kosong ditumbuhi rerumputan dan terdapat beberapa rawa-rawa.

Menjelajahi wisata alam kabupaten Blora bisa dimasukkan ke dalam itinerary liburan selanjutnya nih. Kalau sudah mengeksplorasi area ini jangan lupa cicipi kuliner khasnya ya. Teman Traveler berencana singgah di mana dulu nih? Next

ramadan
Hotel di Makassar yang dekat dengan tempat wisata

Hotel di Makassar Dekat Tempat Wisata, Hemat Waktu Sekaligus Bisa Liburan Seru

Via Instagram/foodbangid

Beer Ramen Pertama di Indonesia, Yuk Intip Bahan Pembuatannya