in ,

Eksplorasi Wisata Alam di Ogan Ilir, Indah di Kala Hujan Maupun Kemarau

Destinasi Ogan Ilir, Pesona Sumatera Selatan yang Tak Bisa Diabaikan

Wisata Alam di Ogan Ilir
Wisata Alam di Ogan Ilir

Ogan Ilir berada di provinsi Sumatera Selatan, berjarak sekitar 35 kilometer dari kota Palembang. Ternyata ada sejumlah tempat yang layak dijelajahi saat Teman Traveler liburan. Bahkan ada wisata berupa danau saat musim hujan, namun berubah menjadi padang rumput saat kemarau. Penasaran? Yuk simak wisata alam di Ogan Ilir berikut.

Baca juga : Pesona Curug Cikaso di Sukabumi, Indahnya Bak Lukisan Hidup

Tanjung Putus

Tanjung Putus via Instagram @rthmdnsftri
Tanjung Putus via Instagram @rthmdnsftri

Tanjung Putus merupakan wisata alam di Ogan Ilir tepatnya Kecamatan Indralaya. Area ini terbilang unik, karena dapat menjadi danau maupun padang rumput. Saat musim hujan turun, kawasan ini akan dipenuhi air sehingga menjadi danau dadakan karena berada di dataran rendah. Sedangkan saat musim kemarau, berubah menjadi padang rumput yang cukup luas. Sehingga area ini dapat disinggahi pada waktu apapun. Cukup menarik ya. Tanjung Putus biasa dijadikan lokasi untuk menikmati sore hari bersama keluarga.

Tanjung Senai

Tanjung Senai via Instagram @artamavioo
Tanjung Senai via Instagram @artamavioo

Wisata alam di Ogan Ilir ini merupakan lahan rawa yang berubah menjadi destinasi wisata dengan julukan Pesona Tanjung Senai, berlokasi di Indralaya. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat kabupaten Ogan Ilir, memakan waktu sekitar 1 jam. Transportasi umum pun tersedia menuju ke Pesona Tanjung Senai. Rawa ini mempunyai kedalaman kurang lebih 10 meter dengan luas sekitar 80 meter. Pada sore hari saat cuaca cerah, dapat menyaksikan panorama awan kemerahan yang siap membius Teman Traveler.

Danau Teluk Seruo

Teluk Seruo via Instagram @asep.l.k
Danau Teluk Seruo via Instagram @asep.l.k

Danau Teluk Seruo berada di Desa Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya, berjarak setidaknya 30 kilometer dari pusat kabupaten Ogan Ilir. Wisata alam di Ogan Ilir ini menawarkan pemandangan hamparan air danau kebiruan, dilengkapi dengan beragam fasilitas. Diantaranya jogging track, tempat bersantai di pinggir danau, pedestrian, dan lainnya. Berada di Ogan Ilir, terasa lebih lengkap kalau mengunjungi wisata ikonik ini.

Sungai Ogan Ilir

Sungai Ogan Ilir via Instagram @aisaahjr
Sungai Ogan via Instagram @aisaahjr

Nama kabupaten Ogan Ilir, konon dikarenakan daerah ini berada di bagian hilir Sungai Ogan. Teman Traveler bisa menyusuri Sungai Ogan dengan menyewa perahu motor milik warga. Bagi yang hobi memancing, juga bisa menyalurkannya di area ini. Namun, karena sudah mulai hujan sebaiknya tidak terlalu dekat dengan sungai ya.

Itulah sekian wisata alam di Ogan Ilir yang dapat dikunjungi Teman Traveler di kala liburan. Berhubung sedang musim hujan, sebaiknya selalu sedia payung atau jas hujan ya. Adakah yang sudah pernah singgah di destinasi tersebut? Next

ramadan
Pantai Madasari

Pantai Madasari, Eksotisnya Wisata Tersembunyi di Pangandaran

via Instagram/foodjogja

Soto Rejeki Bantul, Kuliner Legendaris 20 Puluhan Tahun dengan Citarasa Mantul!