in ,

Yuk Seger-segeran di Wisata Alam Serang Banten, Liburan Sebentar Sebelum Kembali Kerja

Liburan Dulu Yuk ke Wisata Alam Serang Banten, Sebelum Kembali Beraktivitas

Wisata Alam Serang Banten
Wisata Alam Serang Banten

Pernah jalan-jalan ke Banten? Salah satu daerahnya, yaitu Serang populer dengan kuliner pecak bandengnya. Berada di ujung barat laut Pulau Jawa, Kabupaten Serang ini juga menawarkan beragam destinasi wisata alam yang siap untuk disinggahi. Mulai dari pemandian alami sampai curug yang masih perawan. Cocok untuk destinasi akhir pekan bersama sahabat. Di mana saja? Catat ya daftar beberapa wisata alam Serang Banten.

Baca juga : Blangkon Sampai Yuki Kato, Potret Keseruan Pasar Kaki Langit Jogja yang Dikunjungi Menpar

Pemandian Cirahab

Pemandian Cirahab via Instagram @abee_aries
Pemandian Cirahab via Instagram @abee_aries

Pemandian Cirahab berada di Desa Cirahab, Kecamatan Padarincang, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama sekitar 30 menit dari pusat Kabupaten Serang. Teman Traveler cukup membayar menyiapkan budget untuk parkir kendaraan saja, Rp10 ribuan untuk motor sedangkan mobil Rp25 ribuan. Sudah bisa merasakan kesegaran sumber air alami dari pegunungan, tentu airnya jernih dan alami.

Begitu nyebur, juga bisa menyaksikan dengan mata telanjang adanya bebatuan serta ikan-ikan kecil dalam kolam pemandian. Terdapat tiga kolam di wisata alam Serang Banten ini. Kolam batu cinta karena adanya bebatuan disusun menyerupai bentuk love, lalu yang khusus anak. Satu lagi kolam umum berkapasitas besar.

Rawa Danau

Rawa Danau via Instagram @ihyauuu
Rawa Danau via Instagram @ihyauuu

Wisata alam Serang Banten satu ini termasuk dalam cagar alam, disebut Rawa Danau atau Rawa Dano yang terletak di tiga kecamatan yaitu Padarincang, Pabuaran, dan Mancak. Berjarak kurang lebih 50 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat Kabupaten Serang. Akses menuju Rawa Danau tidaklah mudah karena belum ada petunjuk arah. Untuk ke sini, Teman Traveler harus menggunakan sampan, karena destinasi wisata ini didominasi air.

Teman Traveler memerlukan panduan dari orang yang telah berpengalaman bisa dari BKSDA Kota Serang, agar tidak tersesat menuju kawasan ini. Sampai di Rawa Danau, akan disuguhi dengan pemandangan enceng gondok dan areanya masih asri.

Curug Cikotak

Curug Cikotak via Instagram @yu.trlstr
Curug Cikotak via Instagram @yu.trlstr

Wisata alam Serang Banten selanjutnya berupa curug yang berada di Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang. Tempat ini berjarak sekitar 1 jam dari pusat Kabupaten Serang. Teman Traveler akan menyaksikan sendiri keindahan curug plus kolam yang menampungnya. Air jernih sampai bisa melihat bebatuan di dalamnya. Serta kesegaran dari pepohonan yang mengelilinginya. Curug Cikotak biasanya ramai pada saat akhir pekan. Fasilitas di kawasan ini cukup lengkap diantaranya area parkir, kamar mandi, warung makan, mushola, dan tempat istirahat.

Curug Mini

Curug Mini via Instagram @ramsdhenuariv
Curug Mini via Instagram @ramsdhenuariv

Curug Mini berlokasi di Kampung Cibetik, Kecamatan Taktakan, berjarak tidak jauh dari pusat Kabupaten Serang. Wisata ini bisa ditempuh selama 20 menit dengan motor atau mobil. Teman Traveler cukup mengeluarkan modal Rp5 ribuan saja sudah bisa menikmati keindahan Curug Mini dengan air terjun di tebing batu yang datar. Menikmati kesegaran airnya dengan berenang di kolam yang menampung guyuran air, bisa dijadikan aktivitas menyenangkan.

Curug Leuwi Tomo

Curug Leuwi Tomo via Instagram @nindakcl
Curug Leuwi Tomo via Instagram @nindakcl

Wisata alam Serang Banten berjuluk Curug Leuwi Tomo ini berlokasi di Desa Cidahu, Kecamatan Padarincang. Curug Leuwi Tomo terletak di antara Gunung Karang dan Pulosari, sehingga pemandangan di kawasan ini begitu hijau menyejukkan mata. Belum lagi udaranya yang asri, sehingga tidak nanggung-nanggung untuk menghirup nafas dalam-dalam. Kalau menggunakan kendaraan menuju lokasi ini, harus diparkir di sekitar rumah penduduk lalu berjalan kaki sekitar 30 menit menuju lokasi guyuran air terjun dengan ketinggian kurang lebih 5 meter ini.

Itulah beberapa wisata di Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang bisa Teman Traveler kunjungi. Menikmati akhir pekan dengan mengunjungi destinasi wisata tersebut, semoga dapat mengembalikan kesegaran diri ya. Teman Traveler sudah pernah singgah di objek wisata yang mana? Next

ramadan

Bumi Pelangi Jalaksana Kuningan, Wisata Alam Baru di Kaki Gunung Ciremai yang Instagenic

Akomodasi di Ubud dekat dengan berbagai tempat wisata

Akomodasi di Ubud Dekat Tempat Wisata, Makin Mudah Berpetualang