in ,

Liburan Bareng Keluarga? 5 Tempat Wisata di Yogyakarta Ini Wajib Dikunjungi

Deretan Tempat Wisata di Yogyakarta Cocok untuk Liburan Keluarga

Pemandangan Monjali dari udara
Pemandangan Monjali dari udara via Shutterstock

2018 hanya tinggal tersisa beberapa pekan saja. Menjelang akhir tahun, banyak orang biasanya menghabiskan waktu dengan liburan keluarga. Bagi Teman Traveler yang belum tahu hendak ke mana, bisa coba berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Yogyakarta.

Baca juga : Bahaya! Taman Bermain Kini Rawan Mengandung Timbal

Ada banyak wisata Jogja yang menawarkan pengalaman dan aktivitas seru untuk semua anggota keluarga, baik tua maupun muda. Penasaran? Berikut Travelingyuk sajikan daftar tempat wisata di Yogyakarta yang cocok untuk liburan keluarga.

1. Kebun Binatang Gembira Loka

Burung di Gembira Loka
Burung di Gembira Loka via Instagram.com/glzoojogja

Selain pusat kerajinan batik dan sanggar budaya, tak banyak orang yang tahu bahwa Jogjakarta punya kebun binatang ikonik. Diberi nama Gembira Loka, tempat ini mulanya hanya diperuntukkan untuk keluarga keraton. Belakangan, kebun binatang dibuka untuk umum dan salah satu wisata Jogja hits.

Popularitas Gembira Loka membuat tempat ini kerap dimasukkan dalam beberapa paket wisata Jogja. Selama berada di sana, Teman Traveler bisa melakukan beragam kegiatan seru. Mulai dari memberi makan binatang, hingga berkeliling sambil menunggang gajah maupun unta.

2. Beringharjo

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo via Shutterstock

Liburan tentu tak lengkap jika tak membeli oleh-oleh. Bagi Teman Traveler yang mengajak keluarga dan ingin mendapatkan barang-barang khas Jogja, bisa langsung meluncur ke Pasar Beringharjo. Kalian bisa membeli kain batik, asesoris, hingga makanan tradisional di tempat wisata Jogja 2018 ini.

Sebaiknya Teman Traveler mengajak serta anggota keluarga yang fasih berbicara bahasa Jawa. Semua harga barang di Beringharjo bisa ditawar, namun proses negosiasi akan lebih lancar jika ada orang yang fasih bahasa lokal.

3. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum via Instagram.com/mh1986

Belakangan ini semakin banyak wisata yang menjadikan spot unik selfie sebagai jualan utama. Bagi Teman Traveler yang hobi selfie dan sedang berada di Kota Gudeg, bisa mengunjungi De Mata Trick Eye Museum. Di dalamnya, ada banyak spot foto dengan trik tipuan mata menarik yang bisa kalian coba.

Di salah satu wisata jogja terbaru 2018 ini, Teman Traveler bisa berfoto layaknya sedang berada di pinggir jurang, dikejar dinosaurus, menjadi bajak laut, dan masih banyak lagi. Dijamin seru dan menyenangkan, apalagi jika bersama keluarga tercinta.

4. Alun-alun Kidul

Deretan Becak Hias di Alun-alun Kidul
Deretan Becak Hias di Alun-alun Kidul via Instagram.com/jonas_hone

Alun-alun Kidul, populer dengan istilah Alkid, juga wajib dikunjungi jika sedang berwisata bersama keluarga. Ada banyak keseruan menanti yang bisa dijajal, mulai dari becak mini, hingga deretan kuliner lokal. Tak heran jika tempat wisata Jogja malam hari ini kerap dipadati wisatawan.

Teman Traveler juga bisa mencoba berjalan melewati dua pohon beringin di Alkid sembari menggunakan penutup mata. Mitosnya, siapapun yang berhasil melakukan hal tersebut segala permohonannya bakal terkabul. Bagaimana, tertarik?

5. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali via Instagram.com/vitrikistiw

Monumen Jogja Kembali atau Monjali juga pas untuk liburan keluarga. Selain tempatnya luas, fasilitas pendukung seperti toilet, warung makan, dan tempat duduk juga tersedia lengkap. Letaknya juga tak terlalu jauh dari pusat kota.

Selama di Monjali, Teman Traveler bisa menyaksikan diorama dan benda-benda peninggalan selama masa perang kemerdekaan. Jangan buru-buru pulang, karena di malam hari lokasi di sekitar museum bakal berubah menjadi taman lampion indah.

Itulah tadi sederet wisata di Yogyakarta yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Semoga bisa jadi inspirasi Teman Traveler yang berencana mengunjungi Kota Gudeg dalam waktu dekat. Next

ramadan
Wisata Ciwidey Kabupaten Bandung

Main-main Yuk ke Wisata Ciwidey, Destinasi Anti Bosan Di Kabupaten Bandung

Tahu Talaga Bandung

Tak Lekang Oleh Waktu, Tahu Talaga Bandung Masih Eksis Hingga Kini Walau Usianya Hampir 1 Abad